5 Kegiatan Promosi Produk untuk Meningkatkan Penjualan

5 Kegiatan Promosi Produk untuk Meningkatkan Penjualan

mgt-logistik.com – 5 Kegiatan Promosi produk untuk Meningkatkan Penjualan – Promosi adalah alat pemasaran yang digunakan dalam mengenalkan dan menawarkan produk atau jasa kepada calon konsumen untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan bagi pemilik produk.

Sebagai bagian dari dari Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yang dikenal dengan 4P yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat) dan Promotion (promosi), promosi jadi salah satu strategi penting yang harus dijalankan.

5 Kegiatan Promosi Produk untuk Meningkatkan Penjualan

Berikut beberapa jenis promosi yang biasa atau umum dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya yaitu:

1. Iklan (advertising)

Promosi periklananan membantu dalam menyebarkan informasi produk yang dipasarkan kepada pelanggan. Penggunaan iklan sebagai alat promosi karena mampu menjangkau banyak orang dalam waktu yang relatif cepat. Berdasarkan tipe media yang digunakan, dapat dibedakan menjadi :

  • Advertising Cetak : koran, majalah, tabloid, dll
  • Advertising Elektronik : website, radio, televisi dll
  • Transit Advertising seperti bulletin, spanduk/poster, sticker, dll
  • Advertising khusus yaitu segala macam barang yang bentuknya berupa hadiah kepada konsumen

2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)

Kegiatan promosi penjualan adalah insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan dari suatu produk maupun jasa. Promosi penjualan dapat dilakukan dengan cara seperti pemberian harga khusus atau potongan harga (diskon), pemberian kupon undian kepada pelanggan, pemberian percobaan produk secara gratis.

Tidak hanya ditujukan kepada konsumennya secara langsung, promosi penjualan juga dapat diberikan kepada perantara. Misalnya kepada toko dengan memberikan hadiah bila toko menampilkan produk dengan semenarik mungkin. Dengan demikian dapat mendorong penjual untuk melakukan pembelian lebih awal dengan jumlah yang lebih banyak untuk persediaan dan kegiatan promosinya.

3. Publisitas

Kegiatan publisitas adalah segala bentuk komunikasi non personal yang tidak berbayar mengenai suatu gagasan, barang atau jasa. Publisitas dapat dilakukan untuk menarik perhatian konsumen melalui kegiatan seperti melalui bakti sosial, pameran, atau kegiatan lainnya. Membangun citra yang positif dimata konsumen sangta perlu dilakukan dengan baik dan terencana. Hal ini tentu akan menguatkan merek produk yang dimiliki dimata konsumen.

4. Personal Selling

Penjualan pribadi adalah proses membantu dan membujuk satu atau lebih konsumen untuk membeli barang atau jasa melalui penggunaan presentasi lisan, atau interaksi dengan calon konsumen. Contohnya presentasi penjualan, rapat penjualan, pelatihan penjualan dan program insentif untuk tenaga penjual perantara.

Kegiatan personal selling memiliki banyak manfaat bagi perusahaan dan calon konsumen. Melalui cara ini, perusahaan penjual dapat secara langsung mengenalkan produknya, menjelaskan berbagai keunggulan produk, dan memberikan petunjuk secara langsung.

5. Pemasaran Langsung (direct marketing)

Pemasaran Langsung adalah kegiatan pemasaran yang memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi langsung kepada pelanggan, dengan metode seperti pesan seluler, email, situs web konsumen interaktif, iklan bergambar online, selebaran, distribusi katalog, surat promosi, dan iklan luar ruang.

Karakter umum dari pemasaran langsung menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong adalah sebagai berikut:

  1. Non publik, pesan yang disampaikan umumnya disampaikan kepada orang tertentu
  2. Disesuaikan, pesan yang disampaikan dapat ditujukan kepada calon konsumen tertentu
  3. Terbaru, pesan dapat disiapkan dengan cara yang cepat dan sesuai dengan kondisi
  4. Interaktif, pesan yang disampaikan daopat diubah terghantung dengan tanggapan orang yang bersangkutan.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Sistem Penjualan Konsinyasi

Wed Jun 23 , 2021
Mengenal Sistem Penjualan Konsinyasi mgt-logistik.com – Mengenal Sistem Penjualan Konsinyasi – Saat ini, terdapat beberapa pilihan kerjasama yang dapat dilakukan orang yang ingin berjualan suatu produk. Apakah pernah menjumpai satu gambar produk yang sama dalam beberapa toko online? Bisa jadi mereka trelah melakukan kerjasama dalam bentuk sistem penjualan konsinyasi. Sistem […]