Bagaimana Membangun Citra Merek

Bagaimana Membangun Citra Merek
brand architecture là gì

mgt-logistik.com – Bagaimana Membangun Citra Merek – Citra dari sebuah merek atau dikenal juga dengan istilah brand image adalah kesan yang dirasakan konsumen terhadap sebuah merek. Merek adalah bagian yang penting untuk keberhasilan pemasaran karena dapat membedakan produk perusahaan dengan produk kompetitor melalui penggunaan desain, logo, simbol atau fitur lainnya. Perusahaan harus mengembangkan merek sehingga dapat memberikan kesan yang positif dalam benak konsumen. Kesan positif yang berhasil dibentuk ini akan membuat konsumen loyal dan bersedia membeli kembali produk tersebut di kemudian hari.

Bagian yang terlihat dari sebuah merek disebut identitas merek. Dapat mencakup logo, kemasan, warna atau tulisan. Hal tersebut seharusnya mewakili kepribadian merek, kesan atau citra apa yang diinginkan perusahaan ciptakan melalui merek yang mereka bangun tersebut. Sedangkan citra merek adalah tentang persepsi konsumen terhadap merek tersebut.

Citra merek menjadi sangat penting dalam keberhasilan pemasaran dan penjualan produk dan sumber keunggulan kompetitif. Bila perusahaan memiliki citra merek yang postif dan kuat, maka konsumen akan loyal terhadap berbagai produk perusahaan. Dengan demikian, uang dari belanja yang dilakukan oleh konsumen dapat terus mengalir ke perusahaan.

Secara umum, citra merek yang kuat akan memberikan keuntungan terhadap perusahaan karena alasan berikut :

  1. Citra merek yang teruji dan sukses akan menciptakan konsumen yang loyal.
  2. Memberikan kesempatan untuk perusahaan menawarkan harga yang premium.
  3. Reputasi yang kuat dan citra merek yang baik akan membantu memudahkan perusahaan dalam mendapatkan konsumen yang baru.
  4. Citra merek yang kuat mampu mengurangi biaya pemasaran dalam lini produk yang baru.
  5. Citra merek mampu menjadi penghalang masuk untuk merek lain (kompetitor) yang dapat digunakan konsumen.

Membangun citra merek yang kuat

Perusahaan dapat melakukan beberapa usaha berikut dalam membangun citra merek yang kuat seperti:

  • Membuat kepribadian merek, yaitu kesan apa yang ingin disampaikan perusahaan melalui merek yang dibuat. Kepribadian tersebut akan menentukan ikatan yang kuat antara konsumen dengan merek
  • Membuat merek yang mudah untuk diingat (memorable brand). Hal ini adalah cara terbaik untuk membuat merek tersebut ada dalam ingatan konsumen dan dapat mengasosiasikan merek tersebut dengan produk yang ditawarkan perusahaan.
  • Membuat proposisi nilai yang unik (unique selling proposition). Hal tersebut memberikan perbedaan antara merek perusahaan dengan merek kompetitor dan menjadi alasan mengapa konsumen bersedia membeli.
  • Membangun kesan yang kuat terhadap merek melalui kegiatan kampanye iklan atau bauran promosi lainnya. Pesan yang disampaikan dapat konsisten antara saluran promosi dengan citra merek. Biaya juga biasanya menjadi salah satu pertimbangan.
  • Mampu mempertahankan proposisi nilai unik yang kompetitif dari waktu ke waktu. Hal ini menjadi tidak mudah karena pasar dan persaingan yang terus bergerak dinamis.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Metode SCAMPER

Fri Sep 10 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Metode SCAMPER – Metode SCAMPER membantu Anda menghasilkan ide untuk produk dan layanan baru dengan mengajukan tujuh jenis pertanyaan yang berbeda, yang akan membantu memahami bagaimana dapat berinovasi dan meningkatkan produk, layanan, dan ide yang ada. SCAMPER mudah untuk digunakan dan sangat efisien dalam sesi inovasi dan […]