17
May

Ingin Coba Bisnis Rental Kapal? Kenali Peluangnya!

Ingin Coba Bisnis Rental Kapal? Kenali Peluangnya!

Pernahkah terpikirkan di benak Anda untuk membuka bisnis rental kapal? Memang terdengar kurang umum ya di telinga kita. Biasanya alat transportasi yang sering dijadikan bisnis rental itu motor, mobil, travel, bus, truk dan lain-lain. Tapi, apa salahnya mencoba bisnis menyewakan kapal? Baca juga: galangan kapal terbesar di dunia.

Memang sih yang bisa melakukan bisnis ini hanya orang yang berdomisili di daerah pantai atau laut saja. Dan pastinya harus memiliki kapal. Bisa kapal dengan jenis perahu untuk nelayan, speed boat, atau perahu untuk penumpang. Mengingat Indonesia adalah negara maritim, maka bisnis jenis rental kapal ini merupakan bisnis yang cukup menjanjikan.

Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangannya. Agar Anda dapat membaca seberapa besar peluang yang dimiliki saat memutuskan untuk terjun dalam bisnis ini. Nah, mari kita cari tahu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Bisnis Rental Kapal

  1. Merupakan Bisnis Yang Mudah Dijalankan

Menjalankan bisnis rental atau persewaan dapat dikatakan mudah untuk dijalankan. Karena Anda hanya perlu membeli alat yang akan disewakan tersebut. Dalam hal ini adalah kapal. Anda hanya perlu membeli kapal, lalu tinggal disewakan. Bahkan Anda tidak perlu memiliki kemampuan dan pendidikan tinggi untuk menjalankan bisnis ini.

  1. Tidak Memerlukan Karyawan Banyak

Usaha ini tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak. Anda hanya membutuhkan orang yang dapat mengoperasikan kapal. Tapi akan lebih mudah lagi jiwa penyewa kapal tersebut sudah mahir mengemudikannya.

  1. Biaya Operasional Kecil

Dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya, usaha rental seperti rental kapal tidak membutuhkan biaya operasi yang tinggi. Biaya yang paling pokok adalah biaya pemeliharaan kapal agar tetap bisa beroperasi dengan baik.

Kekurangan Dari Usaha Rental Kapal

  1. Membutuhkan Modal Awal Cukup Besar

Untuk memulai usaha ini Anda memang membutuhkan modal yang besar. Harga kapal tidaklah murah. Sedangkan untuk membangun usaha ini Anda membutuhkan lebih dari satu kapal. Siapkan tabungan Anda ya.

  1. Resiko Kerusakan Dan Kehilangan

Jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis persewaan, siap-siap saja dengan resiko kerusakan dan kehilangan. Kita tidak tahu apa saja yang terjadi selama pihak penyewa memakai kapal. Namun resiko ini bisa diatasi dengan surat pernyataan bahwa pihak    penyewa akan mengganti biaya kerusakan maupun kehilangan.

  1. Pemeliharaan Aset Cukup Rumit

Anda harus rajin melakukan service terhadap kapal milik Anda. Hal ini bertujuan agar kapal dapat tetap beroperasi dengan baik. Lain halnya dengan motor atau mobil, kapal pasti memiliki perawatan khusus. Karenanya Anda harus teliti memeriksa setiap bagian kapal.

Melakukan bisnis rental kapal memang salah satu bisnis yang menjanjikan. Akan tetapi, ada baiknya Anda melihat peluang ketika ingin menjalankan sebuah bisnis. Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga tentang: Kapal Roro