Cara Meningkatkan Loyalitas Konsumen

mgt-logistik.com – Cara meningkatkan loyalitas konsumen. – Sebagai pemilik usaha, memiliki konsumen yang loyal merupakan hal yang sangat diharapkan untuk didapatkan. Idealnya para konsumen yang loyal inilah yang akan membeli produk Anda berulang kali. Tidak selalu dalam jumlah banyak disetiap pembeliannya, namun karena sering dilakukan maka jumlah pembelian yang dilakukan tersebut menjadi pemasukan yang cukup besar bagi usaha Anda.

Loyalitas konsumen tidak terjadi dengan sendirinya. Mengandalkan produk yang berkualitas saja tidak cukup. Perlu dibuatkan aktivitas lain yang harus dilkukan untuk mendapatkan konsumen yang loyal tersebut.

Berikut beberapa cara meningkatkan loyalitas konsumen yang dapat dilakukan, diantaranya:

Kenali konsumen Anda

Konsumen akan loyal jika mereka dikenali dan dihargai dengan baik. Dalam aktivitas ini yang dapat dilakukan adalah mendapatkan database konsumen yang dapat berisi beberapa info penting. Misalnya data diri berupa nama, no telepon, alamat email, hingga transaksi pembelian yang sudah pernah dilakukan. Dengan mengenali konsumen yang dimilki, maka Anda dapat membuat program promosi yang menarik agar konsumen Anda loyal. Salah satu cara dalam mendapatkan database tersebut adalah dengan meminta secara langsung kepada konsumen. Menjelaskan tujuan penggunaan datanya untuk menginformasikan produk dan kegiatan promosinya. Sehingga konsumen tidak akan merasa datanya akan dipakai untuk keperluan lain.

Mendengar konsumen Anda

Respon dari konsumen akan pengalamannya menggunakan produk yang dimiliki perlu Anda dengarkan dengan baik. Respon tersebut dapat berupa testimoni pengalaman yang menyenangkan dari produk dan layanan yang didapatkan ataupun kritikan yang sifatnya untuk perbaikan. Cara mendapatkan respon dari konsumen misalnya dengan memberikan kuesioner, atau survei online yang dilakukan melalui email atau telepon. Melalui survei yang diakukan, Anda dapat juga memberikan hadiah sebagai bentuk ucapan terimakasih atas partisipasi mengisi survei. Dengan demikian diharapkan konsumen merasa didengar dan mendapatkan perhatian khusus dengan menyampaikan testimoni tersebut

Memberikan penghargaan

Hal terpenting dalam mendapatkan loyalitas konsumen adalah dengan membangun dan menjaga hubungan yang baik, salah satunya dengan memberikan penghargaan. Beragam hal yang dapat dilakukan dalam memberikan penghargaan kepada konsumen Misalnya membuat kartu keanggotaan khusus yang memberikan kemudahan kepada konsumen saat bertransaksi. Bisa juga mengikutsertakan konsumen dalam program undian yang dilakukan dengan kriteria tertentu. Mendapatkan penawaran atau diskon khusus saat konsumen berulangtahun atau kegiatan lainnya yang khusus diberikan bagai konsumen yang loyal dan terdaftar dalam database konsumen Anda.

Memberikan layanan terbaik

Pemberian layanan terbaik disemua bagian adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Pengalaman konsumen sejak mengenal produk, membeli, menggunakan dan mereferensikan produk kepada orang lain tentunya tidak bisa terlepas dari pengalaman akan kualitas pelayanan yang Anda berikan. Sangat baik jika ada suatu standar yang dibuat sebagai kesepakatan bersama untuk dilakukan oleh semua pihak yang terlibat terhadap layanan kepada konsumen. Misalnya standar waktu dalam merespon keluhan konsumen dengan cepat, memberikan informasi produk terbaru kepada konsumen prioritas, atau aktivitas lainnya yang memberikan pengalaman baik kepada konsumen.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Merintis Bisnis Startup Digital

Fri Jul 9 , 2021
mgt-logistik.com – Merintis Bisnis Startup Digital – Bagaimana caranya merintis bisnis startup digital dari awal saat ini? Ditengah banyaknya bermunculan startup digital saat ini yang menggarap berbagai bidang, tentu menjadi pertanyaan bagaimana persaingan untuk masuk ke industri ini. Sebut saja seperti bidang pendidikan, jasa keuangan, transportasi, perdagangan, logistik dan lain-lain. […]