25
Apr

Cari Tahu Apa Itu Rekening Bersama Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Cari Tahu Apa Itu Rekening Bersama Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa itu rekening bersama? Pastinya istilah ini familiar bagi Anda yang kerap bertransaksi secara online.Mungkin masih ada juga diantara Anda yang asing dengan istilah ini. Untuk itu, mari simak ulasan ini yang akan membahas tentang rekening bersama dan bagaimana cara kerjanya.

Rekening bersama merupakan sebuah layanan rekening untuk menampung terlebih dahulu dana dalam transaksi online. Dengan kata lain, rekening bersama merupakan sebuah perantara bagi pihak penjual dan pembeli.

Bagaimanakah cara kerja dengan menggunakan rekening bersama? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Rekening Bersama? Begini Cara Kerjanya

apa itu rekening bersama

Rekening bersama bukanlah hal yang baru dalam dunia transaksi jual beli online.Mekanisme ini juga sudah diterapkan di negeri lain dan lebih dikenal dengan istilah yang disebut Escrow Service.Akan tetapi, di Indonesia sendiri memang lebih dikenal dengan istilah rekening bersama.

Sejatinya, bisnis rekening bersama merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang jasa.Siapa pun bisa melakukan bisnis seperti ini.Anda tidak memerlukan banyak modal, asalkan Anda memiliki rekening di bank. Dan hal ini akan lebih baik jika Anda menyediakan beberapa rekening dengan bank berbeda.

Menggunakan jasa rekening bersama tentu ada biayanya. Biaya ini akan dibebankan kepada pihak pembeli. Lalu bagaimana mekanisme kerjanya? Berikut adalah uraian-uraiannya :

  1. Pihak pembeli yang sudah memilih barang yang akan dibelinya, bersama dengan pihak penjual menunjuk jasa rekening bersama.
  2. Pembeli akan mentransfer sejumlah uang yaitu harga barang yang dibeli ditambah dengan biaya rekening bersama.
  3. Pembeli memberi informasi kepada pihak layanan rekening bersama bahwa ia telah mentransfer sejumlah uang.
  4. Jika penyedia rekening bersama telah menerima uang dari pihak pembeli, maka penyedia rekening bersama harus segera menginformasikan kepada pihak penjual, agar segera mengirim barang yang dipesan pembeli.
  5. Jika pembeli sudah menerima barang yang dikirimkan, maka harus menginformasikan kepada pihak penyedia rekening bersama.
  6. Selanjutnya, penyedia rekening bersama akan mentransfer sejumlah uang dari pembeli kepada pihak penjual.
  7. Langkah yang terakhir adalah pihak penjual harus mengkonfirmasi kepada pihak penyedia rekening bersama bahwa telah menerima uangnya.

Sebenarnya penggunaan rekening bersama dapat dijamin keamanannya. Karena pihak pembeli akan segera mendapatkan barang yang dibeli dan penjual baru akan menerima uang setelah mengirimkan barang. Jadi, kecil kemungkinan para penjual membawa kabur uang pembeli sebelum barang dikirimkan.

Demikianlah ulasan ini membahas tentang apa itu rekening bersama beserta cara kerjanya. Walaupun mekanisme rekening bersama ini memang memiliki cukup banyak tahapan, namun semuanya kembali lagi pada Anda yang ingin mendapatkan transaksi yang lebih aman dan nyaman.