Dasar kepemimpinan dalam Organisasi

Dasar kepemimpinan dalam Organisasi

mgt-logistik.com – Dasar kepemimpinan dalam Organisasi – Kepemimpinan adalah bagian penting dalam manajemen suatu organisasi. Dengan kepemimpinan yang baik, akan memberikan peluang lebih besar manajemen untuk mencapai tujuannya. Kepemimpinan mencakup setiap wewenang yang dimiliki seorang pemimpin dalam memberikan pengaruh kepada orang lain atau kelompok tertentu. Seorang pemimpin diharapkan kemampuannya dalam aktif untuk membuat perencanaan, melakukan koordinasi, mengadakan uji coba dan memimpin pekerjaannya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Dalam pelaksanaannya, kepemimpinan akan memberikan pengaruh kepada orang-orang yang dipimpinnya agar mau melaksanakan sebagaimana yang diharapkan atau diarahkan pemimpinnya. Lantas apa saja hal-hal yang menjadi dasar kepemimpinan dalam organisasi? Berikut diantaranya.

1.Menetapkan Tujuan

Tujuan suatu organisasisejak awal harus dapat dimengerti oleh setiap anggota organisasi.  Visi dan misi dalam organisasi dapat menjadi pegangan setiap anggota organisasinya. Ini akan mengarahkan setiap anggota organisasi memiliki semangat dan tujuan yang sama dengan organisasi. Penentuan tujuan ini merupakan fase awal dalam organisasi dan pemimpin yang efektif akan selalu melaksanakan hal ini. Anggota tim akan memiliki arah yang sama dalam menggerakkan organisasi tersebut.

2.Kemampuan Komunikasi

Komunikasi terhadap anggota organisasi atau tim harus bejalan dengan baik dalam setiap keputusan, informasi penting atau kebijakan yang dibuat oleh pemimpin level. Pemimpin dapat menggunakan beragam media dalam organisasi untuk menyampaikan informasi tersebut seperti email, memo internal atau media komunikasi efektif lainnya yang biasa dilakukan dalam organisasi. Dapat juga informasi tersebut disampaikan secara langsung oleh pemimpin kepada anggota timnya agar pesan yang disampaikan dapat terkomunikasikan dengan baik.

3.Kepercayaan

Kepercayaan yang terbangun dengan baik antara pemimpin dengan anggota tim sangat dibutuhkan agar setiap keputusan yang dibuat dalam organisasi dapat berjalan dengan baik dan efektif. Kepecayaan antara pemimpin dan anggota tersebut harus dibangun dengan baik dan terus menerus. Saling percaya antara bawahan kepada atasan maupun sebaliknya.

4.Pertangungjawaban (akuntabilitas)

Pertanggungjawaban atau akuntabilitas perlu dimiliki pemimpin dalam organisaasi. Hal ini berfungsi untuk pengawasan dalam setiap keputusan yang telah dibuat dapat dijalankan dengan baik. Dan bila ada yang tidak sesuai dari perencanaan semula, maka dapat dilakukan perbaikan. Bukan mencari siapa yang bersalah namun lebih kepada sikap mau bertanggungjawab terhadap setiap tindakan yang dibuat. Hal ini akan dapat memberikan kesempatan kepada stiap anggota tim untuk menunjukkan kinerjanya yang terbaik untuk kemajuan organisasi.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Aplikasi GudangAda

Wed Sep 1 , 2021
Di era digital saat ini, tantangan juga dihadapi para pemilik toko tradisiona. Salah satunya dalam penyuplaian produk yang diperdagangkan secara efisien. Aplikasi GudangAda menjadi tempat jual beli online atau layanan marketplace B2B untuk pedagang grosir dan eceran barang kebutuhan sehari-hari atau Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Hadir sebagai solusi bagi […]