Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan

mgt-logistik.com – Digital Marketing untuk Peningkatan Penjualan – Apakah Anda pemilik bisnis yang ingin membangun brand awareness untuk bisnis Anda melalui digital marketing atau digital marketer yang ingin meningkatkan konversi penjualan? Apapun bidang yang Anda tekuni saat ini, tidak ada salahnya juga untuk mempelajari pentingnya digital marketing untuk peningkatan penjualan. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan, berikut 11 hal yang penting yang bisa dijadikan pembelajarannya.

1.Mulailah dengan menciptakan nilai

Apa pun yang dilakukan, ciptakan nilai (value) bagi pelanggan Anda. Ada beberapa cara untuk menawarkan kepada konsumen sesuatu yang berharga melalui pemasaran digital. Anda mungkin pernah mendengar tentang tren pemasaran modern seperti Content Marketing dan Inbound Marketing.  Tidak hanya harus berkonsentrasi pada produk atau layanan berkualitas tinggi tetapi juga konten yang berharga. Strategi ini akan membuat merek yang dibangun menjadi berharga dan membantu meningkatkan penjualan.

Menawarkan insentif kepada pelanggan Anda seperti flash sale, penjualan musiman, dan kampanye penawaran dengan waktu terbatas juga terbukti efektif untuk dilakukan.

2. Tunjukkan merek yang dimiliki dengan “gaya dan bahasa sendiri

Untuk menciptakan keutuhan dalam merek yang dimiliki, harus menyelaraskan pesan dan gaya mereknya dengan konten pemasaran digital yang lain. Menurut bisnisnya, harus menciptakan reputasi dengan bahasa dan desain sendiri. Ini akan membantu mereknya menjadi kuat dan membuat orang mempercayai keberadaannya. Dengan demikian, tingkat konversi dan penjualan akan meningkat

3. Tentukan konsumen Anda & identifikasi kriteria pencarian yang tepat

Kenali konsumen Anda lebih baik dengan menanyakan beberapa hal seperti usia, minat, tingkat pendidikan, lokasi, tingkat pendapatan dll. Jika dapat mengajukan pertanyaan spesifik ini, akan dapat memenuhinya dengan benar dan mencegah kemungkinan layanan yang diberikan menjadi sia-sia.

Jika sudah memiliki basis pelanggan, dapat juga ditanyakan apa minat mereka. Ini akan memungkinkan membangun struktur yang kuat dalam kampanye pemasaran digital dan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam hal konversi penjualan.

Dapat menggunakan Facebook Ads untuk menemukan data yang dibutuhkan dan menargetkan audiens dengan minat yang sama. Coba Facebook Ads Manager untuk menjelajahi lebih banyak tentang audiens target yang diinginkan.

4. Segmentasikan kampanye email Anda

Kelompokkan kampanye email yang dimiliki, menyesuaikan email pengguna layanan/produk Anda.

Menurut survei yang dilakukan oleh MailChimp:

  • Email tersegmentasi akan dibuka 14,31% lebih sering
  • Memiliki rasio klik-tayang 100,95% lebih tinggi
  • Menawarkan penurunan hampir 4% dalam laporan penyalahgunaan.

Anda dapat membuat beberapa daftar berdasarkan lokasi, bisnis, pengalaman, dll. Dengan melakukan itu, akan mencegah penargetan yang tidak akurat dan setelah beberapa saat, akan melihat hasil yang sebenarnya.

5. Beri konsumen motivasi untuk membeli

Tempatkan diri pada posisi pelanggan Anda, mengapa membeli produk itu? Sebagaian kita tidak akan pernah berpikir untuk membeli produk tanpa promosi yang bagus atau penawaran khusus.

Untuk memastikan bahwa Anda dapat menggunakan pesan ajakan bertindak yang kuat, seperti halnya kupon diskon. Berikan sesuatu yang diinginkan konsumen. Bangun kepercayaan pada layanan yang diberikan.

Dalam hal ini, harus disampaikan pentingnya kampanye pemasaran email yang efektif. Sebagai salah satu cara menguntungkan untuk meningkatkan penjualan. Gunakan karakteristik unik dengan konten yang berharga.

Jangan lupa bahwa pemasaran email adalah metrik yang sangat penting dalam hal lalu lintas ke situs web Anda. Gunakan salah satu layanan email berperingkat terbaik untuk;

  • atur daftar pelanggan Anda
  • rencanakan email pemasaran
  • membuat desain email yang menarik.

Perhatikan baris subjek dan rencanakan jadwal email kampanye secara strategis.

6. Ukur konten Anda

Setelah membuat konten terbaik untuk konsumen yang dituju, lacak data yang didapatkan untuk memahami konten paling populer di situs web Anda. Ini adalah cara yang efektif untuk melihat apa yang dicari orang di situs web yang dimiliki.

Selanjutnya, lihat jumlah waktu yang dihabiskan orang di halaman tertentu di situs web Anda. Hasil ini akan berguna untuk posting Anda selanjutnya dan akan meningkatkan penjualan.

Dalam hal ini, dapat disarankan untuk menggunakan Google Analytics untuk melacak data dan mendapatkan wawasan tentang cara mengembangkan bisnis Anda.

7. Miliki pesan ajakan bertindak yang kuat (Call to Action/ CTA)

Ajakan bertindak atau CTA adalah sesuatu yang harus dimanfaatkan untuk memicu respons langsung di audiens Anda. Mereka umumnya terdiri dari frasa pendek seperti “Hubungi Sekarang”. Sederhananya, CTA yang tepat akan membantu meningkatkan penjualan dengan memberi audiens Anda tindakan sederhana untuk dilakukan.

8. Pilih platform terbaik untuk beriklan

Anda dapat menjangkau audiens yang ditargetkan melalui iklan berbayar. Ini adalah cara cepat untuk meningkatkan konversi dan penjualan. Dalam hal ini, jika telah mengidentifikasi audiens dengan benar, akan dapat beriklan dengan lebih presisi yang mungkin akan menurunkan biaya. Salah satunya dapat menggunakan Google AdWords sebagai platform pembelian media. Jika ingin menjangkau audiens tertentu yang mencari layanan atau produk terkait dapat menggunakan SEM (Search Engine Marketing). Karena iklan Anda hanya akan tersedia saat seseorang menelusuri kata kunci tertentu, harus memilih kata kunci tersebut secara strategis untuk bisnis yang dimiliki.

Jika ingin mencapai posisi terbaik di browser dan pencarian, harus berusaha di SEO (Search Engine Optimization). Dalam hal ini, harus menggunakan kata kunci yang relevan dalam konten situs web yang dimiliki. SEO membutuhkan waktu.Harus bersabar untuk melihat hasilnya dan percaya bahwa pada akhirnya akan meningkatkan penjualan dengan bantuan metode ini.

Terakhir, dapat juga menggunakan kampanye Bayar Per Klik (Pay per Click) untuk mengarahkan lalu lintas ke halaman arahan di mana akan mendapatkan alamat email pelanggan Anda. Anda dapat melakukannya dengan membayar situs web untuk membagikan iklan Anda. Anda membayar jika seseorang mengklik iklannya atau untuk jumlah tayangan yang diterima iklan yang Anda pasang.

9. Gunakan riset kata kunci untuk ide konten

Untuk menggunakannya untuk keuntungan Anda, harus memperhatikan penelitian kata kunci sehubungan dengan konten, dengan cara yang lebih cerdas. Untuk melakukannya dengan benar, harus memperhatikan minat konsumen dan apa yang mereka cari.

Jika mengidentifikasi istilah populer yang sesuai dengan target konsumen, dapat membuat konten yang menarik minat mereka. Juga, dengan menggunakan kata kunci dengan volume tinggi dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web yang dimiliki.

10. Gunakan Jejaring Sosial

Jejaring sosial sangat membantu untuk mempertahankan ketenaran merek yang dimiliki. Konsumen suka merasa bahwa mereka memiliki pengalaman unik dengan merek Anda di saluran media sosial yang berbeda. Harus memilih saluran yang tepat dalam hal bisnis Anda.

Semua saluran media sosial memiliki dinamika yang berbeda. Jadi, tidak harus menggunakan semuanya. Gunakan secara efektif. Misalnya, Facebook adalah saluran media sosial yang bagus untuk terlibat dengan pelanggan melalui FanPage . Selain itu, Anda dapat berinvestasi dalam iklan bersponsor, serta memperluas jangkauan tindakan dengan menjangkau pemirsa tertentu. Dapat juga menggunakan Tik Tok, Twitter, Youtube atau lainnya.

11. Memasukkan Video Ke Situs Anda

Di dunia digital saat ini, video memiliki efek luar biasa pada upaya pemasaran digital. Ini adalah konten yang berharga, jadi sebaiknya dapat menggunakannya juga. Dengan menggunakan konten video di dalam konten teks yang digunakan, akan dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas dan meningkatkan keterlibatan dengan pengunjung di situs web yang dimiliki.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Sido Muncul - Jamu Indonesia yang Mendunia

Wed Nov 24 , 2021
mgt-logistik.com – Ny Rakhmat Sulistio adalah sosok dibalik lahirnya Tolak Angin dari Sido Muncul. Wanita kelahiran 13 Agustus 1897 ini telah memulai bisnis jamunya sejak tahun 1940. Namun demikian, sebelum memulai bisnis jamu, ia terpaksa menutup bisnisnya dan pindah akibat berbagai perang yang terjadi di tahun 1900an. Beberapa bisnis yang […]