Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

mgt-logistik.com – Etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan. – Etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah hal yang penting untuk dilakukan pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Sebagai bentuk tanggungjawab terhadap sosial dan masyarakat. bagaiamana pelaksanaannya, berikut beberapa poin yang dapat dijadikan informasi.

Etika Bisnis

Etika bisnis adalah suatu kode etik perilaku pebisnis berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntunan berperilaku dalam menjalankan kegiatan bisnis yang dilakukan. Etika bisnis penting untuk dilakukan karena akan mempertahankan loyalitas stakeholder dalam membuat keputusan-keputusan perusahaan dan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada dalam perusahaan. Atau dengan kata lain, etika bisnis adalah panduan bagaimana sebuah perusahaan sebaiknya dalam menjalankan usahanya.

Terdapat tiga pendekatan dalam merumuskan etika bisnis menurut Von der Embse dan R.A.Wagley (1988), yaitu:

1. Utilitarian Approach

Pendekatan utilitarian berpendapat bahwa setiap tindakana harus didasarkan pada konsekuensinya. Oleh karena itu, seseorang harus mengikuti cara yang dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat. Tidak membahayakan dan dengan biaya yang serendah-rendahnya.

2. Individual Rights Approach

Pendekatan Individual Rights ini berpendapat bahwa setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki dasar yang harus dihormati. Tetapi tindakan dan tingkah laku yang dilakukan tersebut harus dihindari jika diperkirakan akan menyebabkan terjadinya benturan dengan hak orang lain.

3. Justice Approach

Pendekatan ini mengatakan bahawa para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama dan bertindak adil dalam memberikan layanan kepada pelanggannya baik secara perseorangan maupun kelompok.

Sasaran dan Lingkup Etika Bisnis

Etika bisnis bertujuan untuk pelaku bisnis agar menjalankan bisnisnya dengan baik dan etis. Dimana dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat secara luas akan hak dan kepentingan mereka yang tidak boleh dilanggar oleh praktek bisnis siapapun.

Prinsip Etika Bisnis

Otonomi adalah sikap dan kemampuan manusia untuk mengambil keputusan serta bertindak berdasarkan kesadarannya sendiri tentang apa yang dianggapnya baik untuk dilakukan.

Prinsip Kejujuran yang terdiri dari tiga hal yaitu kejujuran dalam memenuhi syarat perjanjian dan kontrak. Kedua, kejujuran dalam penawaran barang atau jasa dengan kualitas dan harga yang sebanding/sesuai. Ketiga adalah kejujuran dalam hubungan kerja internal dalam suatu perusahaan.

Keadilan adalah meminta agar setiap orang uang diperlakukan sama sesuai dengan aturan yang adil dan sesuai kriteria yang rasional obyektif serta dapat dipertanggungjawabkan.

Saling Menguntungkan, yaitu meminta agar bisnis dijalankan sedemikian rupa sehingga memberikan keuntungan bagi semua pihak.

Prinsip Integritas Moral, yaitu dihayati sebagai tuntunan internal dalam diiri pelaku bisnis atau perusahaan agar menjalankan bisnis dengan tetap menjaga nama baik orang-orangnya atau perusahaannya.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sering disebutkan dengan CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep bahwa suatu organisasi/ perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap beragam pemangku kepentingannya, yang diantaranya adalah konsumen, pemegang saham, karyawan, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. Aspek tersebut dapat mencakup aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Sehingga tanggung jawab sosial perusahaan merupakan bagian dari etika bisnis perusahaan.

Beragam bentuk kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam memberikan kontibusi positif bagi masyarakat atau lingkungan sosial. Kegiatan sosial tersebut dapat dilakukan dalam bidang kesehatan, pendidikan, kepedulian lingkungan dan lain sebagainya. Kegiatan yang berdampak baik tidak hanya bangi masyarakat, namun juga bagi nama baik perusahaan.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pentingnya Kemasan Produk terhadap Merek

Fri Jun 25 , 2021
mgt-logistik.com – Pentingnya Kemasan Produk terhadap Merek – Pernahkah Anda membeli produk karena kemasannya menarik? Anda tidak sendirian, karena memang cukup banyak konsumen membeli suatu produk pertama kali karena tampilan kemasan yang menarik. Dari kemasan yang menarik, dapat membuat persepsi positif konsumen terhadap produk tersebut. Secara umum, yang dimaksud dengan […]