Faktor yang Mempengaruhi Bauran Promosi

Faktor yang Mempengaruhi Bauran Promosi

mgt-logistik – Faktor yang Mempengaruhi Bauran Promosi – Bauran Promosi adalah perpaduan dari beberapa kegiatan promosi (periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung) yang digunakan oleh bisnis untuk menciptakan, mempertahankan, dan meningkatkan permintaan akan suatu produk.

Manajemen harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut dalam menentukan bauran promosi, yaitu:

  1. Sifat Produk: Jenis produk yang berbeda memerlukan alat promosi yang berbeda. Misalnya mesin, peralatan, atau penjualan pribadi tanah lebih tepat karena banyak layanan pra-penjualan dan purna jual diperlukan untuk menjual dan memasang produk semacam itu. Di sisi lain, iklan dan publisitas lebih cocok untuk barang-barang konsumsi, terutama barang-barang kenyamanan.
  2. Sifat Pasar: Jumlah dan lokasi pelanggan sangat mempengaruhi bauran promosi. Jika kelompok pelanggan potensial kecil dan terkonsentrasi di lokasi tertentu, maka penjualan pribadi lebih mungkin efektif. Sedangkan jika basis pelanggannya besar dan tersebar luas, maka diperlukan perpaduan antara advertising, personal selling, dan sales promotion untuk menjual produk tersebut. Jenis pelanggan juga mempengaruhi keputusan manajerial dari bauran promosi. Jenis promosi untuk pelanggan perkotaan, terdidik dan institusional akan berbeda dibandingkan dengan pelanggan pedesaan, buta huruf dan rumah tangga.
  3. Tahap Kehidupan Produk: Bauran promosi berubah saat produk bergerak sepanjang siklus hidupnya. Selama tahap pengenalan, tujuan utama dari promosi adalah untuk menciptakan permintaan utama dengan menekankan fitur produk, utilitas, dan lain-lain. Oleh karena itu, perpaduan antara iklan dan publisitas diperlukan. Ketika produk mencapai tahap kedewasaannya, periklanan dan penjualan pribadi diperlukan untuk mempertahankan permintaan pelanggan. Dan akhirnya, selama tahap penurunan pengeluaran untuk kegiatan promosi lainnya dipotong, dan lebih menekankan pada promosi penjualan dengan maksud untuk mendongkrak penjualan yang menurun.
  4. Ketersediaan Dana: Anggaran pemasaran juga menentukan bauran promosi. Jika dana yang tersedia untuk promosi besar, maka campuran alat promosi dapat digunakan, sedangkan dalam hal dana terbatas maka manajemen harus memilih alat promosi dengan bijak.
  5. Sifat Teknik: Setiap elemen dari bauran promosi memiliki fitur unik yang secara signifikan mempengaruhi tujuan promosi. Seperti, iklan adalah cara komunikasi impersonal yang menjangkau sekelompok besar pelanggan. Ekspresinya dapat diperkuat dengan penggunaan warna dan suara yang membantu dalam mengembangkan citra merek yang tahan lama di benak pelanggan. Penjualan Pribadi melibatkan interaksi tatap muka yang membantu dalam mengembangkan hubungan yang ramah dan pribadi dengan pelanggan. Demikian pula, promosi penjualan adalah insentif jangka pendek yang diberikan kepada pelanggan dengan maksud untuk meningkatkan penjualan untuk jangka waktu yang lebih singkat.
  6. Strategi Promosi: Bauran promosi sangat tergantung pada strategi promosi perusahaan, yaitu apakah menerima Strategi Dorong (push strategy) atau Strategi Tarik (pull strategy). Dalam strategi Dorong, produsen memaksa dealer untuk membawa produk dan mempromosikannya kepada pelanggan, yaitu meyakinkan pembeli potensial untuk membelinya. Di sini, penjualan pribadi dan promosi perdagangan cenderung lebih efektif. Dalam kasus Strategi Tarik, konsumen meminta dealer untuk membawa produk, yaitu pelanggan sendiri yang membeli produk. Di sini, iklan dan promosi konsumen lebih tepat.
  7. Kesiapan Pembeli: Alat promosi yang berbeda diperlukan pada tahap kesiapan pembeli yang berbeda. Seperti, pada tahap pemahaman, perpaduan antara periklanan dan penjualan pribadi memainkan peran penting. Sedangkan pada tahap keyakinan, personal selling lebih efektif. Pada saat penutupan penjualan, perpaduan antara promosi penjualan dan penjualan pribadi kemungkinan akan lebih efektif.

Oleh karena itu, iklan dan publisitas lebih efektif pada tahap awal proses keputusan pembelian sedangkan promosi penjualan dan penjualan pribadi lebih efektif pada tahap selanjutnya.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Memahami Proses Kewirausahaan

Mon Dec 20 , 2021
Memahami Proses Kewirausahaan