Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

mgt-logistik – Perilaku Konsumen adalah studi tentang bagaimana seorang individu memutuskan untuk membeli produk tertentu di atas yang lain dan apa faktor-faktor yang mendasari yang membentuk perilaku tersebut.

Pemasar mencoba memahami tindakan konsumen di pasar dan motif yang mendasari tindakan tersebut. Motif-motif tersebut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu:

Faktor Psikologis: Psikologi manusia memainkan peran penting dalam merancang preferensi dan suka atau tidak suka konsumen untuk produk dan layanan tertentu. Beberapa faktor psikologis yang penting adalah motivasi, persepsi, pembelajaran, sikap dan keyakinan.

Faktor Sosial: Manusia hidup dalam lingkungan sosial yang kompleks dimana mereka dikelilingi oleh beberapa orang yang memiliki perilaku pembelian yang berbeda. Karena manusia adalah makhluk sosial yang suka diterima oleh semua orang, berusaha meniru perilaku yang dapat diterima secara sosial. Oleh karena itu, faktor-faktor sosial mempengaruhi perilaku pembelian seorang individu untuk sebagian besar. Beberapa faktor sosial tersebut adalah keluarga, grup referensi, peran dan status.

Faktor Budaya: Diyakini bahwa seorang individu mempelajari seperangkat nilai, persepsi, perilaku, dan preferensi pada tahap yang sangat awal dari masa kanak-kanaknya dari orang-orang terutama, keluarga dan lembaga-lembaga kunci lainnya yang ada di sekitar selama tahap perkembangannya. Dengan demikian, pola perilaku dikembangkan dari budaya di mana ia dibesarkan. Beberapa faktor budaya adalah budaya, cabang kebudayaan (sub culture) dan kelas sosial.

Faktor Pribadi: Ada beberapa faktor pribadi bagi individu yang mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Beberapa dari mereka adalah usia, penghasilan, pekerjaan dan gaya hidup.

Faktor Ekonomi: Yang terakhir adalah faktor ekonomi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian seseorang. Ini adalah penghasilan pribadi, pendapatan keluarga, ekspektasi pendapatan, kredit konsumen, aset likuid konsumen dan tabungan.

Ini adalah beberapa faktor mendasar yang mempengaruhi perilaku konsumen, dan pemasar harus mengingatnya, sehingga keputusan pemasaran strategis yang tepat dapat dibuat.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengertian Ekonomi Mikro

Mon Dec 13 , 2021
Pengertian Ekonomi Mikro