21
May

Fungsi Manajemen Logistik

Fungsi Manajemen Logistik

Berbicara tentang logistik tak lepas dari bagaiamana mengatur arus aliran barang, sehingga lahirlah keilmuan tentang manajemen logistik.

Definisi dari Manajemen logistik adalah

Suatu bentuk kegiatan yang merupakan bagian dari supply chain management yang bertujuan untuk menyesuaikan permintaan konsumen dengan beberapa tahapan.

Diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengendalian aliran barang secara efektif dan efisien mulai dari transprotasi, penyimpanan, distribusi, jasa layanan dan informasi yang lengkap mulai dari asal barang hingga ke tujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca juga: aplikasi tarif JNE

Fungsi Manajemen Logistik

Penerapan manajemen logistik mempunyai 7 fungsi, fungsi-fungsi tersebut diantaranya :

1. Fungsi perencanaan dan penentuan kebutuhan
Fungsi Manajemen Logistik yang pertama adalah melakukan perencanaan dan penentuan kebutuhan pada sebuah kegiatan. Dimana fungsi ini harus disesuaikan dengan biaya yang tersedia.

2. Fungsi penganggaran
Fungsi Manajemen Logistik yang kedua adalah soal anggaran. Jika sudah menentukan suatu barang untuk perencanaan kebutuhan maka hal tersebut dapat dibuat anggarannya.

Dalam hal ini perusahaan harus membuat anggaran yang sesuai dengan kebutuhan yang ada. Anggaran bukanlah hal yang gampang, butuh ketelitian dalam hal ini.

3. Fungsi pengadaan

Fungsi Manajemen Logistik yang ketiga adalah Fungsi Pengadaan. Dalam penyusunan sebuah anggaran, tak jarang terdapat beberapa kebutuhan yang tidak dapat tercukupi.

Fungsi pengadaan memiliki peran penting dalam hal ini. Jika kamu menggunakan fungsi ini dalam menyelesaikan masalah, kamu harus memiliki pemikirian yang kreatif untuk melangsungkan acara walaupun dana yang disediakan tidak sesuai.

4. Fungsi penyimpanan dan penyaluran
Setelah mendapatkan barang yang diinginkan, maka barang tersebut harus disimpan dan kemudian disalurkan kepada para panitia yang bersangkutan. Dalam fungsi ini, kamu harus menyesuaikan barang tersebut untuk orang-orang yang memiliki kepentingan dengan barang.

5. Fungsi pemeliharaan
Agar tidak rusak, barang yang sudah tersedia harus dijaga dan dipelihara.

Hal ini berlaku untuk semua barang, baik yang terpakai maupun yang belum terpakai. Sangat penting untuk barang yang merupakan pinjaman.

Karena itu manajemen logistik sangat diperlukan dalam fungsi pemeliharaan. Dan itulah bahasan tentang mengenal logistik lebih jauh. Semoga bermanfaat.

6. Fungsi penghapusan
Dalam manajemen logistik juga terdapat fungsi penghapusan, dimana yang dimaksud dari penghapusan adalah ketika terjadi kerusakan pada barang, maka kerusakan itu harus mampu dihapuskan.

Baik dengan memperbaikinya dengan membeli bahan serupa ataupun menggantinya dengan barang lain.

7. Fungsi pengendalian
Fungsi yang memiliki peran penting adalah fungsi pengendalian, dimana seorang manajer logistik harus dapat mengendalikan semua fungsi diatas dengan baik.

Penerapan manajemen logistik yang baik adalah ketika merencakan sebuah kegiatan dapat mencakup semua ketujuh fungsi tersebut.