6
Apr

Benarkan Green Supply Chain Management Adalah Solusi Terbaik Untuk Meminimalisir Dampak Pemanasan Global Dari Rumah Kaca?

Pengertian Green Supply Chain Management adalah Sebagai Berikut:

Menurut Agus Purnomo, 2010, Green Supply Chain Management adalah manajemen yang bertugas untuk mengintegrasikan proses bisnis dengan cara mengkolaborasikan antara mitra Rantai Pasok dan pemangku kepentingan lainnya.

Sementara itu menurut Handfield dan Nichols, 2002, Rantai Pasok atau Supply Chain sendiri memiliki arti sebagai jejaring seluruh organisasi dan aktivitas yang berhubungan dengan aliran dan transformasi dari barang serta informasi dan uang.

Sayangnya dalam Rantai Pasok ini dapat menimbulkan efek yang sangat berbahaya yang meliputi polusi, limbah dan bahaya lingkungan lainnya.

Setiap perusahaan di tuntut untuk memperbaiki kinerja produksi perusahaan dalam memenuhi peraturan lingkungan dengan mengaplikasikan Green supply chain management.

Ada beberapa alasan perusahaan untuk menerapkan Green supply chain management yaitu, sekedar peraturan yang bersifat reaktif hingga pendekatan yang bersifat proaktif.

Untuk menemukan keunggulan kompetitif  yaitu meningkatkan daya saing perusahaan melalui peningkatan kinerja lingkungan mereka.

 

Tujuan dan Manfaat Green Supply Chain Management

green supply chain management adalah

Tidak bisa dipungkiri jika efek rumah kaca berdampak sangat besar dan buruk terhadap kelangsungan hidup manusia di atas bumi ini.

Bagaimana tidak, dari efek buruk rumah kaca akan berimbas pada mencairnya es di Antartika dan Greenland.

Apabila es di kedua wilayah ini sampai mencair, maka sudah bisa dipastikan jika bumi akan digenangi air dan tenggelam. Dengan begitu bagaimana nasib manusia dan para penghuni lainnya?

Salah satu yang paling berpengaruh terhadap mencairnya es di Greenland dan Antartika adalah adanya emisi.

Dari enam macam gas rumah kaca, yaitu metan, nitrous oxide, karbon dioksida, HFC, PFC dan sulfur heksaflurida.

Atas kesadaran manusia tersebut, baru-baru ini telah ditemukan inovasi yang berkaitan dengan teknologi ramah lingkungan, yaitu green supply chain management.

Adapun tujuan dan manfaat paling utama dari Green Supply Chain Management ini adalah untuk mengatasi terjadinya polusi, limbah dan bahaya lain.

Yang  akan berdampak buruk pada lingkungan, terutama memicu mencairnya es di Grerenland dan Antartika.

Dengan menerapkan sistem Green Supply Chain Management, maka manusia, terutama pelaku industri dapat  menghemat biaya dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Peduli terhadap lingkungan adalah hal yang mutlak dan wajib dimiliki oleh setiap manusia. Terutama bagi pelaku industry yang dapat memicu semakin tingginya efek emisi rumah kaca, sangat perlu menerapkan Green Supply Chain Management.

Salah satu manfaat besarnya adalah untuk meminimalisir timbulnya pasokan emisi gas yang akan berdampak pada buruknya kondisi lingkungan bumi.

Terutama punahnya manusia karena bumi menjadi tergenang oleh air lautan hasil mencairnya es di Greenland dan Antartika.

Green Supply Chain Management adalah cara terbaik untuk menghindarkan manusia dari kepunahan akibat dari pemanasan global yang dihasilkan dari rumah kaca.

 

Baca Juga: Pengertian Supply Chain, Manajemen Rantai Pasok, dan Contoh Proses

Tags:

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *