Kepemimpinan Strategis

Kepemimpinan Strategis

Kepemimpinan Strategis
Influencer opinion leader team leader CEO market leader and another business leading concepts.

mgt-logistik – Kepemimpinan Strategis – Kepemimpinan Strategis dapat didefinisikan sebagai kemampuan manajer atau eksekutif tingkat atas untuk menentukan tindakan dan arah masa depan perusahaan dan memotivasi anggota untuk melakukan upaya ke arah itu.

Hal ini dimungkinkan dengan merumuskan dan mengkomunikasikan visi perusahaan kepada anggota organisasi mengembangkan strategi – mengingat lingkungan internal dan eksternal organisasi, menyelaraskan strategi dengan lingkungan kerjanya, memulai perubahan yang diperlukan untuk implementasi strategi dan mempengaruhi karyawan untuk mengambil bagian dalam eksekusi strategi.

Kepemimpinan Strategis bertujuan untuk menginspirasi orang lain untuk membuat keputusan yang membawa peluang lebih baik untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan, tanpa mengorbankan stabilitas keuangan jangka pendeknya.

Kepemimpinan Strategis adalah bentuk kepemimpinan yang rumit, di mana para pemimpin strategis, yaitu manajer atau eksekutif tingkat atas merancang struktur organisasi, mengalokasikan sumber daya, menginspirasi karyawan untuk mengikuti ide-ide mereka.

Ini mencakup kemampuan untuk membayangkan, meramalkan dan menstimulasi orang lain untuk berkontribusi pada implementasi perubahan strategis dalam organisasi.

Pemimpin Strategis

Seorang pemimpin strategis adalah seseorang yang menentukan strategi dan tindakan organisasi dan melakukan segala upaya untuk mengimplementasikannya dengan cara yang diinginkan.

Secara umum manajer bertindak sebagai pemimpin strategis dalam organisasi, yang meramalkan dan menafsirkan, lingkungan bisnis yang dinamis dan bekerja pada isu-isu yang dapat mempengaruhi dan dapat dipengaruhi oleh peristiwa yang terjadi dengan organisasi.

Fungsi Pemimpin Strategis

  • Mengatur arah
  • Pengambilan keputusan strategis
  • Manajemen modal manusia
  • Menerjemahkan strategi menjadi tindakan
  • Manajemen Perubahan
  • Komunikasi yang efektif dalam organisasi
  • Memastikan upaya dilakukan ke arah yang benar.
  • Mengembangkan kompetensi strategis.
  • Membingkai kebijakan dan rencana untuk implementasi yang efektif dari keputusan strategis.
  • Mengembangkan dan memelihara budaya kerja yang konstruktif

Pemimpin strategis memiliki kualitas sebagai berikut – Keterbukaan pikiran, Pandangan ke depan, Akuntabilitas, Kemampuan mengambil risiko, Berpengaruh, Disiplin, Ketahanan, Up-to-date, Kontrol diri dan Kesadaran Diri.

Peran yang dimainkan oleh pemimpin strategis

  1. Navigator: Seorang pemimpin strategis mengidentifikasi isu-isu utama dan penyebabnya. Selanjutnya, dia selalu mencari peluang yang lebih baik untuk mempengaruhi tindakan.
  2. Strategist: Sebagai ahli strategi, dia mengembangkan strategi yang memiliki pandangan jangka panjang dan menetapkan tujuan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi.
  3. Entrepreneur: Seorang pemimpin strategis memiliki kemampuan mengambil risiko, yang mengambil risiko setelah benar-benar menganalisisnya. Untuk itu, ia selalu mencari peluang dan memanfaatkannya pada waktu yang tepat.
  4. Change Agent: Sebagai agen perubahan, dia memprakarsai perubahan dalam organisasi di mana pun diperlukan. Dan untuk melakukannya, pertama-tama ia memastikan bahwa anggota organisasi menyadari perlunya perubahan sehingga mereka dapat menerimanya secara positif dan perubahan tersebut berhasil diterapkan.
  5. Motivator: Seorang pemimpin strategis berperan sebagai motivator dengan menarik, mengembangkan, mendorong dan mempertahankan bakat dalam organisasi, untuk memastikan bahwa organisasi memiliki sumber daya manusia terbaik.
  6. Captivator: Pemimpin strategis bertujuan untuk mengembangkan semangat, dedikasi, ketekunan dan komitmen terhadap tujuan bersama, dengan mempengaruhi mereka dengan cara yang orang bersiap-siap untuk mengikuti visi.

Terlepas dari peran-peran ini, seorang pemimpin strategis juga memainkan peran sebagai visioner, pembuat kebijakan, manajer krisis, juru bicara, integrator proses, penggerak, penjaga perusahaan, dll.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Mengenal Pengertian Bisnis

Thu Jan 27 , 2022
Mengenal Pengertian Bisnis