Keputusan Pembiayaan

Keputusan Pembiayaan

Keputusan Pembiayaan
Co working conference Business team meeting present investor colleagues discussing new plan financial graph data on office table with laptop and digital tablet Finance accounting investment.

mgt-logistik – Keputusan Pembiayaan – Keputusan Pembiayaan adalah keputusan penting lain yang dibuat oleh manajer keuangan terkait dengan bauran pembiayaan suatu organisasi. Hal ini berkaitan dengan peminjaman dan alokasi dana yang diperlukan untuk keputusan investasi.

Keputusan pembiayaan melibatkan dua sumber dari mana dana dapat diperoleh: menggunakan uang perusahaan sendiri, seperti modal saham, laba ditahan atau meminjam dana dari luar dalam bentuk surat utang, pinjaman, obligasi, dll. Tujuan keputusan keuangan adalah untuk mempertahankan struktur permodalan yang optimal, yaitu perpaduan yang tepat antara utang dan ekuitas, untuk memastikan keseimbangan antara risiko dan hasil bagi pemegang saham.

Rasio Hutang-Ekuitas membantu dalam menentukan efektivitas keputusan pembiayaan yang dibuat oleh perusahaan. Saat mengambil keputusan keuangan, manajer keuangan harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Risiko yang terlibat dalam penggalangan dana. Risiko lebih tinggi dalam kasus hutang dibandingkan dengan ekuitas.
  • Biaya yang terlibat dalam penggalangan dana. Manajer memilih sumber dengan biaya minimum.
  • Tingkat Kontrol yang diinginkan pemegang saham dalam organisasi juga menentukan komposisi struktur modal. Mereka biasanya lebih memilih dana pinjaman karena tidak mencairkan kepemilikan.
  • Arus Kas dari operasi bisnis juga menentukan sumber dari mana dana akan dikumpulkan. Arus kas yang tinggi memungkinkan untuk meminjam utang karena bunga dapat dengan mudah dibayar.
  • Biaya Floatasi (floatation cost) seperti komisi broker, biaya penjamin emisi, yang terlibat dalam meningkatkan sekuritas juga menentukan sumber dana. Dengan demikian, sekuritas dengan biaya minimum harus dipilih.

Dengan demikian, perusahaan harus membuat keputusan yang bijaksana mengenai dari mana, kapan, bagaimana dana akan dikumpulkan, karena penggunaan ekuitas yang lebih banyak akan mengakibatkan dilusi kepemilikan dan sebaliknya, utang yang lebih tinggi menghasilkan risiko yang lebih tinggi, seperti biaya tetap dalam perusahaan. bentuk bunga yang harus dibayar atas dana yang dipinjam.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Rentang Manajemen

Thu Mar 17 , 2022
Rentang Manajemen