Laporan Keuangan Bagi Pemula

Laporan Keuangan Bagi Pemula

mgt-logistik.com – Laporan Keuangan Bagi Pemula – Laporan keuangan adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban yang harus diberikan oleh seorang pebisnis kepada para stakeholdernya. Secara teorinya, laporan keuangan adalah penyampaian secara terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas (PSAK No.1 tahun 2015). Merupakan ringkasan dari suatau proses pencatatan, ringkasan dari transaksi keuangan yang telah terjadi selama satu tahun yang telah berjalan. Dengan diketahuinya kondisi keuangan perusahaan yang dipimpinnya, maka sebagai pebisnis akan sangat terbantu dalam membuat kebijakan-kebijakan strategis untuk kemajuan perusahaan.

Lalu bagaimana cara membuat laporan keuangan secara sederhana, berikut beberapa tahapan persiapan yang dapat dilakukan.

1. Membuat buku pencatatan pengeluaran

Pencatatan transaksi yang dimaksudkan disini  adalah pencataan yang terpisah khusus untuk pengeluaran, mulai dari pembelian barang, penyewaan, atau transaksi lainnya. Adanya transaksi ini harus disertakan dengan bukti yang sah yang dapat dipertanggungjawabkan seperti kuitansi, faktur, nota dan sebagainya. Perlu ketelitian dalam proses pencatatan ini, karena harus ditulis dengan terperinci.

2. Membuat buku pencatatan pemasukan

Buku ini berisi dengan catatan pemasukan seperti hasil penjualan, pituang yang sudah terbayar dan lainnya. Pencatatannya dapat dilakukan harian, agar memudahkan dalam pembuatan laporan bulanan.

3. Membuat buku kas utama

Buku ini adalah buku gabungan antara buku catatan pengeluaran dan pemasukan. Dari pencatatan ini akan diketahui lebih detail seberapa besar keuntungan ataupun kerugian yang dimiliki perusahaan.

4. Membuat buku stok barang

Buku stok barang ini harus dilakukan dengan baik pencatatannya, dan dilakukan setiap saat secara berkelanjutan.Dengan pencatatan stok barang ini,akan termonitor stok barang yang dimiliki perusahaan. Misalnya akan diketahui kalau penjualan tinggi jika jumlah barang yang keluar dan masuk juga tinggi

5. Buku inventaris barang

Dalam buku ini berisi catatan tantang semua barang yang dimiliki perusahaan. Berfungsi agar aset perusahaan tetap terjaga

Laporan Keuangan

Setelah semua data-data diatas disiapkan, maka bisa dilakukan pembuatan laporan keuangan sederhana. Terdapat empat jenis laporan keuangan yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan neraca dan laporan arus kas. Apa saja pengertian sederhananya, berikut penjelasannya.

Laporan laba rugi. Laporan yang mencantumkan transaksi individu dan total uang yang diperoleh (pemasukan) dan uang yang dikeluarkan (pengeluaran).

Laporan perubahan modal. Laporan yang menyampaikan informasi perubahan yang terjadi dalam kepemilikan dalam entitas tertentu pada suatu periode.

Laporan neraca. Laporan yang menyajikan informasi tentang posisi keuangan dari perusahaan pada suatu periode, umumnya dalam periode satu tahun.

Laporan arus kas. Laporan yang memberikan informasi perihal perputaran kas keuangan perusahaan. Jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam periode tertentu.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal 8 Teori Kepemimpinan

Fri Sep 24 , 2021
mgt-logistik.com– Mengenal 8 Teori Kepemimpinan – Hal apa saja yang dapat dianggap seorang pemimpin dinilai memiliki kualitas kepemimpinan yang hebat?  Hal yang mungkin saja dapat kita lihat pada tokoh tokoh penting atau orang terdekat dalam lingkup pekerjaan atau lingkungan sekitar kita. Terdapat beberapa teori yang menyebutkan kepemimpinan seseorang tersebut, yaitu […]