15
May

Macam-Macam Event Organizer

Inilah Macam-Macam Event Organizer yang Bisa Anda Coba! Tahukah kamu tugas event organizer? Di jaman sekarang, semakin banyak orang tertarik menekuni bisnis event organizer. Event organizer ialah sebuah jasa untuk membuat acara sesuai dengan keinginan pihak klien.

Misalnya saja acara ulang tahun, pernikahan, seminar, konser dan lain sebagainya. Kesibukan seseorang membuat mereka lebih memilih menggunakan jasa EO karena dirasa lebih praktis.

Mereka yang akan merencanakan acara kita sehingga kita bisa terima beres. Ada banyak ide bisnis event planner atau macam-macam event organizer yang bisa jumpai. Apa sajakah itu?

Macam-macam event organizer

1. MICE (Meeting, incentive, convention, exhibition)

MICE sudah ada sejak dulu. Event organizer ini bisa menangani baik acara formal maupun non formal. Ide bisnis kreatif sangat dibutuhkan. EO akan merencanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan acara klien. Mulai dari waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, jumlah peserta dan lain sebagainya. Bahkan, EO akan memberikan beberapa masukan terkait dengan acara yang akan dilaksanakan ini.

2. Pesta pernikahan

Pesta pernikahan menjadi acara yang amat penting bagi seseorang. Dalam bidang ini, Event Organizer sering disebut sebagai Wedding Organizer. Tugas WO ialah merencanakan segala aspek tentang suksesnya acara pesta tersebut, mulai dari keperluan pengantin, hingga fasilitas untuk tamu undangan.

3. Pesta ulang tahun

Jika ingin mengadakan pesta ulang tahun dalam skala lumayan besar, tidak ada salahnya menggunakan jasa event organizer. Biasanya, orang mengadakan pesta spesial di usia 17 tahun. Ada tema tertentu yang ingin diusung untuk memeriahkan pesta tersebut, nah peran EO sangat penting supaya acara bisa berjalan dengan lancar.

4. Musik dan hiburan

Macam-macam event organizer selanjutnya ialah untuk acara musik dan hiburan. EO akan bertugas dalam menyusun acara mulai dari tanggal konser, tempat, bahkan sampai meminta artis tertentu untuk mengisi acara tersebut.

5. Acara pertemuan keluarga

Acara pertemuan keluarga bisa menjadi moment membahagiakan di mana semua anggota keluarga bisa bertemu. Bahkan, ada beberapa acara yang turut mengundang anggota komunitas atau perusahaan agar hubungan makin erat.

Event Organizer akan bertugas merencanakan dan menyiapkan segala keperluan untuk acara ini, mulai dari MC, waktu, keperluan peralatan, dan lain sebagainya.

Macam-macam event organizer tersebut biasa digunakan oleh kebanyakan orang. Jika Anda berencana membuat suatu acara tertentu, tidak ada salahnya meminta bantuan jasa event organizer. Sehingga acara Anda bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

 

Baca juga: keripik kemasan