Melakukan Komunikasi yang Efektif

Melakukan Komunikasi yang Efektif

mgt-logistik.com – Melakukan komunikasi yang efektif – Komunikasi adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari dalam setiap peran yang kita dilakukan di lingkungan masyarakat. Begitu juga dalam lingkungan bisnis,membangun komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan agar bisnis berjalan dengan baik. Sesuai dengan pengertian yang tertulis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Sehari-hari (KBBI), pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Jenis Komunikasi

Terdapat berbagai pengelompokan tentang jenis komunikasi, namun berdasarkan bentuk penyampaiannya dapat diabagi dalam tiga jenis yaitu komunikasi verbal, komunikasi non-verbal dan komunikasi tertulis. Berikut adalah pembahasan singkatnya dari ketiga jenis komunikasi tersebut.

Komunikasi verbal

Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi lisan yang disampaikan melalui kata-kata secara langsung oleh pemberi pesan kepada penerima pesan seperti pembicaraan tatap muka, diskusi, presentasi dan lainnya. Pemberi pesan menyampaikan ide pemikirannya melalui kata-kata. Pemilihan kata yang tepat untuk digunakan dan nada bicara sangat menentukan pesan tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan oleh pemberi pesan. Kelebihan komunikasi ini adalah, pemberi pesan dapat memeriksa kembali pesan yang disampaikan sudah benar secara langsung melalui umpan balik yang diberikan oleh pendengarnya.

Komunikasi non-verbal

Komunikasi non-verbal adalah penyampaian informasi melalui penggunaaan bahasa tubuh, termasuk kontak mata, ekspresi wajah, sentuhan, penampilan hingga gerakan tubuh. Jenis komunikasi ini seringkali berkaitan langsung dengan komunikasi verbal yang dilakukan, dimana kita bisa melihat respon langsung dari pendengar penerima pesan terhadap pesan yang disampaikan. Kadangkala bahasa tubuh atau ekspresi wajah tersebut terjadi secara tidak sengaja. Maka dari itu, penguasaan komunikasi non-verbal ini perlu dilatih dengan baik. Pengendalian diri dalam memberi respon setiap pesan yang disampaikan atau diidengar agar pesan tersampaikan dengan baik dan benar.

Komunikasi tertulis

Komunikasi tertulis adalah penyampaian pesan dengan menggunakan berbagai tanda, simbol, gambar, dan tulisan. Informasi yang disampaikan dapat melalui tulisan tangan atau dicetak. Komunikasi ini sering digunakan untuk menjelaskan suatu data atau informasi penting dengan lebih detail. Informasi yang disampaikan secara tertulis ini dapat dijadikan referensi dikemudian hari dan jadi bahan pembahasan lagi dikemudian hari.

Komunikasi yang Efektif

Untuk melakukan komunikasi yang efektif terdapat 7 hal yang haruds diperhatikan dalam menyampaikan pesan yang dimaksud agar dapat dimengerti dengan benar. Ketujuh hal ini dalam ilmu komunikasi dikenal dengan  istilah 7C of Communication, yang terdiri dari:

  1. Clear (jelas) : saat menyampaikan pesan secara langsung maupun tertulis, pastikan informasinya tersampaikan dengan jelas dan dapat dimengerti oleh penerima pesan.
  2. Concise (ringkas) : menyampaikan pesan dengan  ringkas, atau  tidak bertele-tele. Tetap fokus pada poin pesan yang ingin disampaikan.
  3. Concrete (konkret) : pesan yang disampaikan adalah suatu informasi yang konkret atau nyata, bukan abstrak. Sehingga penerima pesan dapat mengerti dengan baik informasi yang diterimanya. Tidak sampai salah dalam menafsirkan pesan yang diterimanya.
  4. Correct (benar) : pesan atau informasi yang disampaikan harus benar, tidak ada kesalahan dalam tata bahasa.
  5. Coherent (masuk akal) : pesan atau informasi yang baik adalah pesan yang logis atau masuk akal, sesuai dengan topik pembicaraan utama.
  6. Complete (lengkap) : sampaikan pesan dengan lengkap, supaya informasinya diterima sesuai dengan yang diinginkan oleh pemberi pesan.
  7. Courteous (sopan) : sampaikan informasi dengan cara yang sopan, dengan siapapun komunikasi ini dilakukan.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Karoseri Kendaraan Adi Putro

Wed Jul 7 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal karoseri kendaraan Adi Putro – Karoseri Adi Putro adalah salah satu karoseri ternama Indonesia, yang dimiliki oleh PT. Adiputro Wirasejati. Perusahaan ini dirintis sejak tahun1973. Perusahaan ini telah mengalami perkembangan bisnis secara besar-besaran pada tahun 1994 dengan menjalin kerjasama dengan salah satu pabrikan bus terbesar dan terkemuka […]