Membuka Warung Kopi Bagi Pemula

mgt-logistik.com – Membuka Warung Kopi Bagi Pemula – Ingin membuka warung kopi sebagai bisnis saat ini? Warung kopi adalah satu bisnis yang menarik banyak minat orang saat ini. Lihat saja bagaimana menjamurnya warung kopi yang ada disekitar kita. Hampir disetiap daerah mulai perkampungan hingga daerah perkotaan pasti ada lokasi yang dapat ditemukan warung kopi.

Warung kopi adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan dengan syarat Anda mempelajari dan mempersiapkan dengan baik strateginya. Saat ini cukup banyak pelatihan-pelatihan yang memberikan topik membuat warung kopi bagi pemula. Apa saja yang perlu dipersiapkan agar dapat menjalani usaha warung kopi ini, berikut diantaranya yang dapat dijadikan panduan:

Tentukan dengan jelas dari awal konsumen yang dituju.

Konsumen seperti apa yang akan dijadikan pembeli produk yang dibuat perlu ditentukan. Misalnya ingin membuat warung kopi yang akan menjadi tempat nongkrong anak-anak milenial. Diperlukan menu kopi kekinian yang beragam dan menarik dengan makanan ringan atau camilannya. Bisa juga membuat menu kopi yang sederhana, yang mungkin jadi justru berbeda dan diminati konsumen disekitar lokasi yang dipilih, misalnya saja kopi susu atau kopi hitam saja seperti menjadi ciri khas dibeberapa daerah, mis: Kopi Johny yang ada di Jakarta,

Membuat konsep warung kopi yang menarik dan unik dari warung kopi sekitarnya.

Konsep disini dapat berupa pemilihan tema warung kopi, misalnya tema sederhana dengan pernak-pernik rumahan, atau tema-tema popular lainnya misalnya tema industrial, tema warung kopi Jepang yang terlihat ‘simple’ atau tema lainnya. Tentunya ini harus selaras dengan target konsumen yang dipilih dan anggaran yang dimiliki.

Pastikan lokasi yang dipilih cocok untuk berjualan kopi.

Lokasi yang strategis adalah salah satu penentu yang penting dalam berhasilnya usaha kopi yang dijalankan. Dapat mencari tempat yang ramai dilalui oleh konsumen yang dituju, misalnya kawasan perumahan, perkantoran atau pertokoan. Faktor keamanan, kebersihan dan kenyamanan sangat penting. Jangan lupa juga mengurus izin warung kopi yang dimiliki, agar usaha berjalan dengan baik dan tidak ada kerugian dikemudian hari.

Lokasi strategis juga dapat berupa lokasi yang khas, yang dapat ditawarkan suasana pemandangan yang indah berupa hamparan persawahan, keunikan bangunan lama atau suasana unik lainnya. Tentunya tetap mengutamakan menu enak dan sesuai ya…

Mengetahui dan menghitung modal awal yang diperlukan untuk membeli peralatan dasar dan bahan yang dibutuhkan.

Tentukan sejak awal modal yang dimiliki untuk memulai usaha warung kopi tersebut. Karena nanti akan membantu dalam membeli perlengkapan yang sesuai. Saat ini tersedia beragam peralatan kopi dari yang paling sederhana sampai yang sangat modern. Jadi ada baiknya Anda dapat menyesuaikan pembelian alat-alat ini diawal memulai usaha kopi. Lebih baik memulai dari yang paling sederhana, dan nanti secara perlahan dilengkapi lagi seiring dengan berkembangnya bisnis tersebut.

Mencari supplier kopi yang berkualitas sesuai dengan citarasa yang ingin dibuat.

Untuk membuat minuman kopi yang berkualitas, perlu mencari supplier yang terpercaya dan memang mampu mensuplai biji kopi dengan teratur dan kualitas yang baik. Sebelum menentukan supplier utama, perlu melakukan uji coba ke beberapa supplier sampai menemukan yang tepat secara kualitas, harga, bahkan lokasi supplier agar biaya pengiriman tidak terlalu mahal.

Membuat strategi promosi yang tepat

Penting untuk mengenalkan warung kopi yang dibuat agar diketahui konsumen yang dituju. Promosi dapat dilakukan dari yang paling sederhana atau konvensional seperti mencetak spanduk, brosur atau leaflet. Dapat juga melalui promosi dengan menggunakan media digital atau sosial media. Perlu kreatifitas dalam membuat promosi warung kopi yang dimiliki. Bisa saja salah satu strategi awal untuk mendapatkan pelanggan dengan memberikan potongan harga atau minuman gratis kepada pembeli yang memposting pengalaman mereka menikmati menu-menu yang ada di warung kopi yang Anda miliki.

Memiliki komitmen memberikan layanan yang terbaik

Memberikan layanan terbaik kepada konsumen tentu tidak terlepas dari sumberdaya manusia atau karyawan yang ada di warung kopi tersebut. Dibutuhkan karyawan yang mumpuni, sesuai dengan konsep dan target pembeli warung kopi yang dituju. Misalnya barista yang berinteraksi langsung dengan konsumen, perlu pengetahuan yang cukup dalam menceritakan asal-usul kopi atau cara penyajiannya atau cerita menariknya agar konsumen akan terkesan tidak hanya dari rasa namun juga pengalaman.

Demikian beberapa hal penting yang dapat dijadikan panduan dalam memulai usaha warung kopi bagi pemula.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips Mudah Memasarkan Produk Baru

Mon Jun 21 , 2021
mgt-logistik.com – Tips Memasarkan Produk Baru – Sudah memulai bisnis tapi bingung bagaimana memulai untuk memasarkannya? Saat ini persaingan ketat dalam mengenalkan produk, dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif dan mudah dijalankan. Karena suksesnya bisnis tersebut salah satunya nya terletak pada strategi pemasaran yang tepat. Berikut beberapa hal yang dapat dijadikan […]