Memulai Usaha Katering

Memulai Usaha Katering

mgt-logistik.com – Memulai Usaha Katering – Usaha katering saat ini adalah salah satu usaha yang terus bertumbuh dan banyak peminatnya. Ada yang memulainya dalam skala yang sederhana sebagai usaha tambahan penghasilan dari rumah sampai menjadikan ini bisnis besar yang utama, dengan memiliki banyak karyawan untuk mendukung jalannnya usaha. Salah satu alasan masih banyak yang mencoba usaha katering adalah karena makanan adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Pertanyaaannya sekarang adalah bagaimana memulai usaha katering agar dapat berjalan dengan sukses? Kali ini, kami merangkumkan beberapa tips yang bisa dijadikan panduan dalam memulai usaha katering.

1. Tentukan Jenis Katering yang akan Anda Buat

Ada beberapa jenis katering yang dapat dijadikan pilihan untuk Anda dapat fokus dalam menjalaninya dengan menyesuaikan kemampuan dan modal yang Anda miliki.

Katering rumahan

Katering ini untuk melayani kebutuhan makanan rumahan. Bisa menjadi alternatif bagi rumah tangga yang selama ini memasak makanan sendiri, beralih dengan katering khusus rumahan yang biasanya memiliki variasi menu lebih banyak. Ada juga jenis katering khusus, menyiapkan makanan untuk bayi dan balita. Atau dapat menyiapkan makanan khusus untuk orang yang sedang menjalani pola diet makanan tertentu. Tidak sedikit yang membutuhkan katering ini, seiring bertumbuhnya kesadaran akan kesehatan di masyarakat saat ini.

Katering anak sekolah

Katering ini perlu memperhatikan gizi dan nutrisi yang baik, karena khusus untuk membantu tumbuh kembang anak agar dapat tumbuh sehat. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam menghidangkan jenis masakan yang suka dimakan oleh anak-anak. Katering ini dapat dijalankan sendiri dengan berlangganan kepada anak2 di sekolah atau bisa bekerja sama dengan pihak sekolah yang memang menyediakan menu makan siang bagi siswa-siswinya.

Katering kantoran/perusahaan

Untuk usaha katering ini perlu dipersiapkan dengan baik lagi karena targetnya adalah suatu perusahaan dengan karyawan dalam jumlah yang besar. Biasanya perusahaan membutuhkan katering yang disajikan prasmanan untuk disajikan di kantor. Dalam jumlah besar juga katering ini dapat melayani karyawan-karyawan pabrik.

Katering pesta / acara besar

Jenis katering yang lebih besar lagi adalah katering pesta dimana Anda memutuhkan sumberdaya yang lebih banyak dan kemampuan untuk menyiapkan menu lebih beragam. Biasanya kategori ini dapat memenuhi kebutuhan acara seperti pernikahan,perayaan ulangtahun, gathering perusahaan, workshop dan lain sebaginya. Diperlukan kemampuan mengolala yang baik dalam menjalankan usaha ini karena lebih kompleks dari kategori sebelumnya yang sudah disebutkan diatas.

2. Persiapkan Modal

Modal yang perlu disiapkan disini tidak hanya modal dalam bentuk uang sabagai modal usaha, namun juga modal lainnya yang mendukung keberlangsungan usaha katering. Modal lain yang perlu diperhatikan diantaranya modal kemampuan dalam bidang kuliner/makanan, kemampuan dalam merekrut karyawan yang terampil dan sesuai dengan tugasnya, lokasi usaha dan sebagainya.

3. Tentukan Nama Katering (Brand)

Setelah menenetukan jenis katering yang ingin dilakukan, bisa menentukan nama aktering yang sesuai. Penentuan nama ini peru dilakukan survei juga terlebih dahulu, jangan sampai nama yang ingin digunakan ternyata sudah ada yang menggunakan. Usahakan dari nama itu bisa diingat dengan mudah dan dapat dibayangkan jenis katering yang dilayani, misanya untuk katering makanan sehat, katering makanan pesta dan lain sebagainya. Bersamaan dengan pemilihan nama, tentukan juga logo dan slogan, agar ebih baik dalam memasarkan usha kateringnya.

4. Supplier yang Tepat

Menjadi bagian penting dari keberlangsungan usaha katering ini adalah memiliki supplier yang mampu mensuplai kebutuhan bahan-bahan makanan yang akan disajikan. Bahan baku dari setiap menu makanan/minuman yang segar dan berkualitas baik. Harga bahan baku juga sangat mempengaruhi harga jual produk makanan nantinya. Jadi perlu diperhatikan keseluruhan aspek ini dari supplier yang dipilih

5. Melakukan Promosi

Promosi usaha katering dapat dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling efektif untuk usaha katering diawal memulainya adalah kekuatan komunikasi melalui testimoni dari pengguna layanan yang sudah pernah. Promosi dari mulut ke mulut ini salah satu yang penting untuk dapat tersampaikan pengalaman yang baik, misalnya dari rasa makanan, variasi makanan, kecepatan layanan dan lain sebagainya. Promosi lainnnya yang dapat dipakai adalah melalui media sosial, website, flyer atau media lain yang dirasa mendukung dari jenis katering yang dijalani.

6. Kualitas Makanan

Ini merupakan kunci utama dalam menjalani usaha katering agar dapat berhasil dan bertumbuh semakin besar dan maju. Kualitas rasa makanan harus bisa dijaga dari waktu ke waktu. Tentunya ini tidak mudah karena butuh dukungan dari semua bagian yang melayani dan juga bahan baku yang berkualitas. Jangan sampai ada pengalaman yang kurang baik dirasakan konsumen saaat menggunakan layanan katering Anda. Demikian beberapa tips penting yang harus diperhatikan ketika ingin memulai usaha katering dengan dengan baik.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Time Management Metode Matriks Eisenhower

Mon Jul 5 , 2021
mgt-logistik.com – Time Management Metode Matriks Eisenhower – Kadangkala kita diperhadapkan pada beberapa kegiatan sekaligus dalam kurun waktu yang bersamaan. Hal ini membuat kita kebingungan dalam menentukan kegiatan mana yang harus di prioritaskan terlebih dahulu atau mana yang tidak perlu dilakukan dalam waktu segera. Untuk menghadapi hal ini, dibutuhkan satu […]