Menentukan Keputusan Investasi

Menentukan Keputusan Investasi

Menentukan Keputusan Investasi

mgt-logistik – Menentukan Keputusan Investasi – Keputusan Investasi berkaitan dengan keputusan yang dibuat oleh seorang investor atau manajemen tingkat atas terkait dengan sejumlah dana yang akan digunakan dalam peluang investasi.

Secara sederhana, memilih jenis aset di mana akan diinvestasikan dana perusahaan disebut sebagai sebuah keputusan investasi. Aset ini terbagi dalam dua kategori:

  1. Aset Jangka Panjang
  2. Aset Jangka Pendek

Keputusan menginvestasikan dana dalam aset jangka panjang dikenal sebagai Capital Budgeting. Dengan demikian, Penganggaran Modal adalah proses pemilihan aset atau proposal investasi yang akan menghasilkan pengembalian dalam jangka waktu yang lama.

Langkah pertama yang terlibat dalam Penganggaran Modal adalah memilih aset, apakah ada atau baru berdasarkan manfaat yang akan diperoleh darinya di masa depan.

Langkah selanjutnya adalah menganalisis ketidakpastian dan risiko proposal yang terlibat di dalamnya. Karena manfaat akan diperoleh di masa depan, ketidakpastian tinggi sehubungan dengan pengembaliannya.

Akhirnya, tingkat pengembalian minimum harus ditetapkan untuk mengevaluasi kinerja proyek jangka panjang.

Investasi yang dilakukan dalam aset lancar atau aset jangka pendek disebut sebagai Manajemen Modal Kerja. Manajemen modal kerja berkaitan dengan pengelolaan aset lancar yang sifatnya sangat likuid.

Keputusan investasi dalam aset jangka pendek sangat penting bagi organisasi karena kelangsungan hidup jangka pendek diperlukan untuk kesuksesan jangka panjang. Melalui manajemen modal kerja, perusahaan mencoba untuk mempertahankan trade-off antara profitabilitas dan likuiditas.

Jika suatu perusahaan memiliki modal kerja yang tidak memadai yaitu lebih sedikit dana yang diinvestasikan dalam aset jangka pendek, maka perusahaan mungkin tidak dapat melunasi kewajiban lancarnya dan dapat mengakibatkan kebangkrutan. Atau jika perusahaan memiliki lebih banyak aset lancar daripada yang dibutuhkan, hal itu dapat berdampak buruk pada profitabilitas perusahaan

Dengan demikian, perusahaan harus memiliki modal kerja yang optimal yang diperlukan untuk kelancaran fungsi operasi sehari-hari.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Manajemen Material

Mon Apr 25 , 2022
Manajemen Material