Mengenal Affiliate Marketing

Mengenal Affiliate Marketing

mgt-logistik.com– Mengenal Affiliate Marketing – Salah satu strategi pemasaran yang popular dalam bisnis online adalah affiliate marketing. Affiliate Marketing adalah proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau layanan perusahaan lain. Anda menemukan produk, mempromosikannya kepada orang lain, dan mendapatkan sebagian dari keuntungan untuk setiap penjualan yang Anda lakukan.

Kelebihan dari affiliate marketing diantaranya adalah modal yang tidak besar saat memulainya, kemudahan untuk memulai bisnis, pilihan industri dengan keuntungan yang besar, dapat dikerjakan dari mana saja, serta ragam produk yang bisa diawarkan.

Sedangkan yang menjadi kekurangan dari affiliate marketing adalah pemasukan yang tidak tetap (karena penghasilan berdasarkan komisi), perlu kesabaran dan kerja keras agar sukses, persaingan dengan affiliate marketing lainnya serta kemampuan memilih produk yang tepat dan sesuai untuk dijalankan.

Bagaimana agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis di bidang affiliate marketing? Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Pelajari dengan sebaik-baiknya produk atau layanan yang ditawarkan sebelum menjadi affiliate marketing dari suatu produk atau layanan tersebut.
  2. Agar dapat dijalani dengan baik, pilihlah produk atau layanan yang Anda sukai dan diminati juga oleh pasar.
  3. Buatlah website atau blog yang khusus untuk bisnis affiliate marketing tersebut. Dengan isi yang bermanfaat. Tidak hanya sebagai tempat iklan dari produk atau layanan yang dijual.
  4. Cobalah terlebih dahulu produk yang akan Anda jual. Dengan demikian Anda dapat memberikan testmoni sendiri tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan tersebut.
  5. Atur keuangan dengan baik. Hal ini agar dapat meningkatkan bisnis dengan baik  misalnya mampu menyediakan stok produk yang dijual sehingga bisa lebih cepat memberikan layanan kepada konsumen.

Terdapat juga beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam menjalankan bisnis affiliate marketing, yaitu:

  1. Berjualan dengan terlalu hard selling. Misalnya pada website yang dibuat sebaiknya menekankan kepada edukasi konsumen mengapa perlu menggunakan produk yang dipasarkan dibandingkan dengan ‘memaksa’ mereka membeli dengan menempatkan link ‘beli sekarang’ atau ‘segera membeli’. Ini akan memberikan kesan untuk membeli dengan terpaksa
  2. Mengikuti beberapa program affiliate marketing. Hal ini akan membuat Anda tidak fokus dalam menjalankan bisnis affiliate marketing. Perlu fokus dan kerja keras agar bisnis yang dijalankan dapat berhasil dengan baik.
  3. Memilih program affiliate marketing yang tidak tepat. Tidak hanya memilih karena kompensasi komisi yang besar, namun juga karena produknya memang Anda minati dan memiliki basis konsumen yang besar.
  4. Kurangnya pengetahuan terhadap produk atau layanan yang dijual. Pelajari dengan baik produk atau layanan yang dijual.
  5. Tidak melakukan pelacakan terhadap link affiliate. Hal ini membuat Anda tidak mengetahui penjualannya dengan baik. Kalau tahu produk mana saja yang laku, akan jauh lebih mudah untuk melakukan scale-up terhadap produk-produk yang laku.
  6. Tidak memiliki website sendiri atau memiliki website khusus, namun kurang menarik kontennya.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengertian Diskriminasi Harga

Wed Sep 15 , 2021
mgt-logistik.com – Pengertian Diskriminasi Harga – Diskriminasi harga (price discrimination) adalah strategi penjualan yang membebankan harga yang berbeda kepada pelanggan untuk produk atau layanan yang sama. Hal ini berdasarkan apa yang diketahui penjual bahwa pelanggan setuju akan penetapan harga tersebut. Secara umum, penetapan ini bisa terjadi jika: Kekuatan monopoli atau […]