Mengenal Analisis SWOT

Mengenal Analisa SWOT

mgt-logistik.com – Mengenal Analisis SWOT – SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats. Ini adalah metode analisis lingkungan dan posisi perusahaan di dalamnya.

SWOT terdiri dari dua bagian: kekuatan dan kelemahan mengacu pada internal perusahaan sedangkan peluang dan ancaman adalah eksternal perusahaan dan ada di lingkungan.

Kekuatan sebuah perusahaan bisa dalam mengelola proses branding secara cepat dan komprehensif. Kelemahannya bisa terletak pada distribusi produk, atau keterlambatan pembayaran. Ini adalah masalah internal dan harus dipahami dan ditangani secara berkelanjutan. Seringkali konsultan dipanggil untuk menilai kedua aspek ini dengan keyakinan bahwa orang luar dapat memberikan lebih banyak wawasan tentang perusahaan.

Dua faktor eksternal yang tidak berada dalam kendali perusahaan adalah peluang dan ancaman,. Lingkungan, yang terdiri dari peristiwa sosial, ekonomi, hukum, peraturan, nasional dan bahkan internasional, harus terus dipindai untuk melacaknya.

Misalnya, peluang untuk perusahaan lemari es dapat berupa lemari es untuk es krim; ancaman bisa berupa impor atau masuknya pemain baru dengan uang dan keahlian. Dalam dunia yang mengglobal, peluang dapat muncul di mana saja, kapan saja, seperti halnya ancaman dapat datang dari bagian atau segmen industri global mana pun.

Strategi dengan menggunakaan kombinasi komponen SWOT

Terdapat beberapa kombinasi elemen yang dapat dijadikan bagian dalam perencanaan bisnis yaitu:

1.Strategi S-O. Fokus pada kekuatan dan peluang. Pada strategi ini perusahaan memanfaatkan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang eksternal.

2.Strategi S-T. Fokus pada kekuatan dan ancaman, Memanfaatkan kekuatan internal perusahaan untuk menghindari ancaman eksternal.

3.Strategi W-O. Fokus pada kelemahan dan peluang. Dimana setelah menyadari peluang ekternal yang muncul, perusahaaan memanfaatkan peluang tersebut untuk mengatasi kelemahan internal.

4.Strategi W-T.Fokus pada kelemahan dan ancaman. Merupakan kombinasi dimana perusahaan meminimalisir kelemahan internal dan menghindari ancaman eketernal.

Dengan menggunakan analisa SWOT ini dapat membantu menganalisis suatu konsisi yang sedang dihadapi organisasi atau perusahaan. Dengan menggunakan metode ini, perusahaan dapat mengurai persoalan-persoalan yang dihadapi lebih detail dan berusaha mencarai jawaban yang tepat melalui keputusan yang akan dilakukan perusahaan.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Definisi Niche Marketing

Tue Oct 12 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Definisi Niche Marketing – Niche marketing (pemasaran ceruk) didefinisikan sebagai penyaluran semua upaya pemasaran menuju satu segmen populasi yang terdefinisi dengan baik. Ada satu hal penting untuk dipahami bahwa ‘niche’ tidak ada, tetapi diciptakan dengan teknik pemasaran yang cerdas dan mengidentifikasi apa yang diinginkan pelanggan. Niche marketing […]