Mengenal Istilah Bisnis Franchise

Mengenal Franchise

mgt-logistik.com – Mengenal Istilah Bisnis Franchise – Ketika membicarakan ingin memiliki bisnis retail, terdapat beragam jenis usaha yang dapat dipilih. Anda dapat membuka bisnis sendiri baik berupa toko retail online atau toko fisik dengan semua modal dari milik sendiri. Pilihan lainnya adalah dengan seperti memiliki bisnis franchise yang memberikan beberapa keuntungan dan kemudahan.

Franchise atau waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha. Dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Dalam franchise sendiri, dikenal juga istilah franchisor atau pemberi waralaba atau bisa diartikan orang perseorangan atau badan usaha yang memberikan hak untuk memanfaatkan dan/ atau menggunakan waralaba yang dimilikinya kepada penerima waralaba.

Salah satu keuntungan dalam franchise adalah akses ke nama merek perusahaan yang sudah mapan. Pembeli franchise tidak perlu menghabiskan sumberdaya yang besar dalam memasarkan produk yang sudah dibeli, karena umumnya merek-merek yang dijual franchise-nya sudah dikenal baik oleh masyarakat.

Terdapat dua bentuk bisnis franchise, yang pertama adalah produk dan merek dagang dimana pemilik franchise menjual atau melisensikan hak untuk menggunakan merek dagang tertentu. Jenis kedua, franchise dengan format bisnis yaitu pemilik bisnis menyediakan layanan dan dukungan kepada pemegang franchise. Akan tetapi, saat ini ada juga bisnis franchise yang merupakan gabungan keduanya.

Apa saja keuntungan membuka bisnis retail franchise? Berikut 3 hal keuntungan utamanya :

Mengawali bisnis lebih cepat

Membuka bisnis franchise lebih cepat dibandingkan membuka bisnis sendiri / perseorangan. Kelebihan ini karena franchise sudah memiliki model bisnis dan pemilik franchise sudah memiliki panduan agar pembeli franchise bisa mengikuti sukses yang sudah dibangun. Tidak perlu repot dalam membuat macam produk (menu), proses dan model bisnis, sehingga periode perencanaan bisnis menjadi lebih mudah.

Dukungan dari Franchisor

Franchisor bisnis yang ingin bisnisnya terus berkembang pasti memberikan dukungan yang lengkap bagi pembeli franchise-nya. Untuk itu, pemegang bisnis franchise dan karyawan akan mendapatkan pelatihan dan dapat mengandalkan dukungan yang diberikan. Termasuk di dalamnya tentang operasional perusahaan, hal teknis, pengelolaan keuangan , cara mempekerjakan karyawan dengan standar kerjanya. Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan juga diberikan panduannya. Tidak hanya itu, bahkan diawal kepemilikan biasanya sudah diberikan syarat penting lain agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Seperti pemilihan lokasi, luas tempat, fasilitas yang dimiliki dan lain sebagainya.

Dukungan lainnya juga dilakukan pemilik franchise dengan membantu mengembangkan program pemasaran secara korporasi sehingga dapat memajukan bisnis yang telah dimiliki pembeli franchise-nya.

Dukungan dari Pemilik Franchise Lainnya

Salah satu keuntungan dari bisnis franchise adalah adanya kerjasama dalam menjalankan bisnis dengan baik dari para pemegang franchise. Tentunya dengan semakin banyak yang memiliki franchise ini, akan banyak referensi yang bisa dikembangkan bersama-sama dalam memajukan bisnis yang dimiliki. Biasanya juga ada ketentuan yang berlaku yang disepakati oleh pemilik franchise dengan franchisor. Misalnya mengenai jarak minimal antar cabang agar tidak terjadi persaingan yang saling merugikan.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menggunakan Media Promosi Online dalam Bisnis UMKM

Wed Jun 30 , 2021
mgt-logistik.com – Menggunakan media promosi online adalah salah satu cara dalam mengenalkan dan memasarkan produk yang dimiliki kepada konsumen dengan menggunakan kemajuan teknologi dan internet. Tujuannya agar informasi yang disampaikan dapat menjangkau konsumen lebih luas, efisien dan efektif dari segi waktu, biaya dan tenaga. Hal ini penting bagi UMKM (usaha […]