Mengenal Definisi Niche Marketing

Mengenal Definisi Niche Marketing

mgt-logistik.com – Mengenal Definisi Niche Marketing – Niche marketing (pemasaran ceruk) didefinisikan sebagai penyaluran semua upaya pemasaran menuju satu segmen populasi yang terdefinisi dengan baik. Ada satu hal penting untuk dipahami bahwa ‘niche’ tidak ada, tetapi diciptakan dengan teknik pemasaran yang cerdas dan mengidentifikasi apa yang diinginkan pelanggan.

Niche marketing adalah taktik pemasaran yang digunakan untuk menargetkan segmen pasar tertentu yang unik. Pasar ceruk sering dibuat dengan mengidentifikasi apa yang diinginkan pelanggan dan ini dapat dilakukan jika perusahaan mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan dan kemudian mencoba memberikan solusi yang lebih baik untuk masalah yang tidak disajikan oleh perusahaan lain. Sebuah ceruk pasar tidak berarti pasar kecil, tetapi melibatkan target audiens yang spesifik dengan penawaran khusus. Dengan demikian, perusahaan menjadi pemimpin pasar dan memungkinkan perusahaan lain untuk memasuki segmen tertentu. Misalnya, ada berbagai gedung bioskop di seluruh Jakarta, tetapi hanya sedikit yang menawarkan dengan tempat tidur. Tidak semua orang mau menonton film dengan membayar beberapa kali lipat dari harga tiket normal. Oleh karena itu, target audiens sangat berbeda dan aula juga hanya terbuka di tempat-tempat di mana perusahaan merasa dapat menjangkau audiens target terutama di area mewah.

Ada berbagai keuntungan dari pemasaran niche. Salah satu keuntungan dari ceruk pasar adalah tidak ada atau sedikit persaingan di bawah segmen tersebut. Perusahaan sebenarnya adalah pemimpin pasar dan menikmati monopoli harga. Manfaat lainnya adalah hubungan yang kuat dengan pelanggan karena fakta bahwa perusahaan beroperasi di segmen kecil, hubungan antara perusahaan dan merek menjadi lebih kuat yang juga merupakan kunci loyalitas pelanggan. Bisnis niche sering kali merupakan bisnis dengan margin tinggi. Pelanggan tidak keberatan membayar sedikit lebih karena, mereka hanya bisa mendapatkan layanan itu di perusahaan itu atau di bawah mereknya.

Kekurangan dari niche marketing diantaranya perluang pertumbuhan terbatas. Hal ini karena ceruk pasar sangat kecil dengan cakupan yang terbatas. Untuk kesuksesan dalam menjalani niche marketing ini juga tidak ada jaminan apapun. Tidak ada pesaing berarti tidak ada peningkatan. Hal ini tentunya menggambarkan tantangan yang besar bagi perusahaan yang ingin benar-benar terjun menggarap niche marketing.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *