Mengenal DMAIC

Mengenal DMAIC

Mengenal DMAIC

mgt-logistik.com – Mengenal DMAIC – DMAIC adalah pendekatan pemecahan masalah yang mendorong Lean Six Sigma. Ini adalah metode lima fase – Define (Tentukan), Measure (Ukur), Analyze (Analisis), Improve (Tingkatkan), dan Control (Kontrol) – untuk memperbaiki masalah proses yang ada dengan penyebab yang tidak diketahui.

Sebelum Memulai DMAIC: Pilih Proyek yang Tepat

Fokus dari setiap upaya perbaikan proses adalah memilih proyek yang tepat. Kandidat yang baik untuk peningkatan akan menyiapkan Anda untuk sukses dengan DMAIC. Berikut adalah 4 pedoman utama:

  • Pilih masalah yang jelas dalam proses yang ada
  • Pilih sesuatu yang akan membuat perbedaan tetapi tidak terlalu rumit untuk ditangani—Bermakna tetapi Dapat Dikelola
  • Pastikan ada potensi untuk mengurangi waktu tunggu atau cacat sekaligus menghasilkan penghematan biaya atau peningkatan produktivitas
  • Periksa apakah Anda dapat mengumpulkan data tentang proses yang dipilih—Anda ingin mencapai Peningkatan yang terukur

Setelah Anda memilih proyek yang bagus, Anda dan tim peningkatan Anda dapat menerapkan DMAIC untuk menggali masalah proses dan memberikan hasil yang terukur dan berkelanjutan.

Define (Tentukan)

Masalah apa yang ingin Anda perbaiki? Define adalah fase pertama dari proses peningkatan Lean Six Sigma. Selama fase ini tim proyek menyusun Piagam Proyek, membuat peta proses tingkat tinggi dan mengklarifikasi kebutuhan pelanggan proses. Sebelum beralih ke Fase Pengukuran, tim menyempurnakan fokus proyek mereka dan memastikan mereka selaras dengan tujuan kepemimpinan organisasi. Suara pelanggan untuk memahami umpan balik dari pelanggan saat ini dan masa depan yang menunjukkan penawaran yang memuaskan, menyenangkan, dan tidak memuaskan mereka. Peta aliran nilai untuk memberikan gambaran umum tentang keseluruhan proses, mulai dan selesai pada pelanggan, dan menganalisis apa yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan

Measure (Ukur)

Bagaimana kinerja proses ini saat ini? Apa besarnya masalah? Pengukuran sangat penting sepanjang umur proyek karena memberikan indikator kunci kesehatan proses dan petunjuk di mana masalah proses terjadi. Saat tim mengumpulkan data, mereka fokus pada waktu tunggu proses atau kualitas yang diterima pelanggan dari proses tersebut. Sebelum melanjutkan ke Fase Analisis, tim mendefinisikan ukuran mereka dan menentukan kinerja saat ini atau dasar proses. Analisis kemampuan untuk menilai kemampuan suatu proses untuk memenuhi spesifikasi. Bagan pareto untuk menganalisis frekuensi masalah atau penyebab

Analyze (Analisis)

Apa yang menyebabkan masalah? Salah satu tantangan terbesar bagi tim adalah menahan keinginan untuk melompat ke solusi sebelum memahami akar penyebab sebenarnya dari masalah proses. Tanpa analisis yang tepat, tim dapat menerapkan solusi yang tidak menyelesaikan masalah—ini membuang waktu, menghabiskan sumber daya, meningkatkan variasi, dan risiko yang menyebabkan masalah baru. Pernahkah Anda melihat tim melakukan ini? Ya, itu terjadi setiap saat! Alih-alih menerapkan solusi yang tidak menyelesaikan masalah, yang ideal adalah tim belajar dari proses berjalan mereka, mempelajari bagan dan grafik mereka, dan menggunakan pengamatan mereka untuk mengembangkan dan mengonfirmasi teori tentang penyebab masalah yang mereka coba perbaiki. Inti dari fase ini adalah untuk memverifikasi hipotesis sebelum menerapkan solusi. Baru setelah itu tim harus pindah ke Fase Peningkatan!

Improve (Tingkatkan)

Bagaimana tim akan memperbaiki akar penyebab masalah? Setelah mereka menentukan apa yang menyebabkan masalah, saatnya bagi tim untuk menerapkan rencana untuk menyelesaikan akar penyebab. Fase Peningkatan adalah di mana tim menyempurnakan ide penanggulangan mereka, perubahan proses percontohan, mengimplementasikan solusi dan terakhir, mengumpulkan data untuk mengkonfirmasi ada peningkatan terukur. Upaya peningkatan terstruktur dapat mengarah pada perubahan inovatif dan elegan yang meningkatkan ukuran dasar dan, pada akhirnya, pengalaman pelanggan.

Control (Kontrol)

Bagaimana Anda mempertahankan peningkatan? Dengan perbaikan di tempat dan masalah proses diperbaiki, tim harus bekerja untuk mempertahankan keuntungan dan membuatnya mudah untuk memperbarui praktik terbaik. Dalam Fase Kontrol, tim mengembangkan Rencana Pemantauan untuk melacak keberhasilan proses yang diperbarui dan menyusun Rencana Tanggapan jika ada penurunan kinerja. Setelah di tempat, Pemilik Proses memantau dan terus memperbarui metode terbaik saat ini.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

QC Seven Tools

Thu Nov 18 , 2021
mgt-logistik.com – QC Seven Tools – Terdapat tujuh cara atau alat kualitas dasar yang dapat membantu organisasi dalam pemecahan masalah dan perbaikan proses. Tokoh pertama yang mengenalkan tujuh alat dasar tersebut adalah Dr. Kaoru Ishikawa pada tahun 1968, dengan menerbitkan buku berjudul “Gemba no QC Shuho” yang berkaitan dengan pengelolaan […]