Mengenal Empat Fungsi Manajemen

Mengenal 4 Fungsi Manajeme

mgt-logistik.com – Mengenal Empat Fungsi Manajemen – Bagaimana sebuah organisasi menggerakkan seluruh karyawannya untuk mencapai tujuannya? Siapa yang bertanggung jawab untuk mengarahkan karyawan ke arah yang benar saat mereka mengejar tujuan tersebut?

Jawabannya adalah : Manajemen

Pemimpin atau leader di organisasi adalah mereka yang tidak hanya menentukan garis akhir tetapi juga yang mendukung timnya untuk mampu mencapainya. Untuk melaksanakannya, pemimpin perlu memenuhi tanggung jawab inti yang dikenal sebagai empat fungsi manajemen. Keempat fungsi tersebut dikenal dengan POAC atau Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pengarahan) dan Controlling (pengendalian)

Mengenal Empat Fungsi Manajemen

Planning. Perencanaaan

Pertama-tama seorang pemimpin perlu mengembangkan rencana tindakan yang terperinci. Manajemen melakukan identifikasi terhadap tujuan dan membuat tindakan yang masuk akal untuk mencapainya. Akan ada beberapa cara dalam mencapai tujuan, tetapi manajemen bertanggung jawab untuk menentukan tindakan yang terbaik.

Penyusunan rencana yang berhasil mencakup penyamaan tujuan dengan visi organisasi, dengan mempertimbangkan beragam faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan-kegiatan secara internal dan eksternal, dan menetapkan garis waktu yang realistis sambil memperhatikan kendala sumber daya dan anggaran.

Tiga jenis perencanaan dalam manajemen meliputi:

Strategis: Jenis perencanaan dasar jangka panjang dan tingkat tinggi yang menekankan misi, nilai, dan visi organisasi. Manajemen atas menyusun rencana strategisnya, dan semua manajer harus merujuk kembali ke rencana strategis untuk memandu keputusan mereka.

Taktis: Jenis perencanaan jangka pendek (satu tahun atau kurang), berfokus pada tujuan, sering dilakukan oleh manajemen menengah.

Operasional: Sebuah rencana yang menggambarkan peta kegiatan harian dalam perusahaan. Dalam beberapa hal, manajer dan penyelia tingkat rendah merancang strategi operasional.

Organizing. Pengorganisasian

Fungsi pengorganisasian terdiri dari mengambil rencana yang telah dibuat sebelumnya dan menerapkannya ke dalam tindakan. Kegiatan utama dalam fungsi ini meliputi:

  • Mengidentifikasi semua langkah yang diperlukan dari suatu kegiatan
  • Menentukan siapa yang akan menyelesaikan tindakan dan menggunakan sumber daya tersebut untuk bekerja
  • Menetapkan tingkat wewenang dan tanggung jawab untuk setiap individu yang terlibat

Pengorganisasian memfasilitasi pengembangan struktur organisasi yang jelas untuk melaksanakan rencana, tetapi juga mendorong kolaborasi di antara anggota tim yang tersebar di antara berbagai tim dan departemen. Kolaborasi yang efektif di antara anggota tim memainkan peran yang berpengaruh dalam mendorong keberhasilan tugas yang diberikan.

Actuating. Pengarahan

Dengan berjalannya dua fungsi pertama manajemen, manajer kemudian harus mengalihkan perhatian mereka kepada orang-orang.

Tahap memimpin terdiri dari memotivasi dan mempengaruhi karyawan untuk melakukan pekerjaan dan memenuhi standar kinerja. Ingatlah bahwa kepemimpinan yang efektif lebih dari sekadar mendelegasikan dan mengarahkan karyawan tentang apa yang harus dilakukan.

Contoh keterampilan kepemimpinan yang efektif yang dapat difokuskan oleh manajer mencakup komunikasi yang sering dan jelas, mengungkapkan empati, menjadi pendengar yang aktif, menjaga transparansi, dan memberdayakan tim untuk melakukan yang terbaik dari kemampuan mereka. Memanfaatkan keterampilan interpersonal dan gaya kepemimpinan yang berbeda untuk situasi yang berbeda sangat penting bagi manajer untuk memanfaatkan saat memimpin karyawan mereka.

Controlling. Pengendalian.

Fungsi pengendalian terdiri dari pemantauan kinerja dan kemajuan melalui pelaksanaan proyek dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Manajer harus memastikan bahwa karyawan memenuhi tenggat waktu sekaligus menyeimbangkan antara sumber daya kegiatan dan anggaran keseluruhan. Manajer mungkin perlu mengambil tindakan korektif dan proaktif dalam pendekatan mereka untuk memastikan bahwa anggota tim memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan.

Dua bidang utama di mana manajer mungkin perlu melakukan penyesuaian termasuk kepegawaian dan anggaran. Misalnya, katakanlah seorang pemimpin yang ditugaskan yang mengerjakan sebuah kegiatan meninggalkan perusahaan. Manajer perlu mengidentifikasi pengganti sesegera mungkin, melatih mereka secara efisien, dan, semoga, kegiatan tersebut tetap berjalan lancar.

Dari perspektif anggaran, manajer harus memantau pengeluaran dengan cermat. Misalkan sebuah kegiatan mulai melebihi anggaran — dalam hal ini, manajer harus mengidentifikasi apa yang menyebabkan pengeluaran berlebih. Jika pengeluaran itu dibenarkan, mereka harus secara proaktif meminta dana tambahan atau mengekang pengeluaran untuk lebih memperhatikan anggaran di bidang lain.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi

Wed Aug 18 , 2021
mgt-logistik.com – Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi – Di dalam menjalankan kepemimpinan dalam suatu organisasi, akan dapat kita temui ragam tipe gaya kepemimpinan yang dibawakan pemimpin di organisasi tersebut. Ada pemimpin yang cakap dalam memimipin timnya dengan dengan baik seperti mampu memberikan pengarahan yang terarah, mengimplementasikan dengan baik rencana yang sudah […]