Mengenal Istilah Pasar Sasaran

Mengenal Istilah Pasar Sasaran

mgt-logistik.com – Mengenal Istilah Pasar Sasaran – Pasar sasaran (target market) adalah konsumen akhir dimana perusahaan ingin menjual produknya. Pemasaran sasaran (target marketing) membagi pasar menjadi berbagai segmen dan merencanakan strategi pemasaran yang sesuai di setiap segmennya untuk meningkatkan pangsa pasar.

Secara sederhana, tidak semua produk dapat dikonsumsi oleh semua pelanggan dan setiap produk memiliki kelompok konsumen yang berbeda-beda yang ingin membeli produk tersebut. Untuk menarik segmen pasar tertentu, perusahaan terkadang memodifikasi produknya. Menciptakan pasar sasaran melibatkan konseptualisasi produk, memahami kebutuhan produk di pasar, mempelajari sasarannya, dan lain-lain. Pemasaran sasaran akan berkisar pada penerapan teknik pemasaran untuk segmen pasar tertentu yang dapat menjadi kunci untuk menarik pelanggan baru, memperluas bisnis peluang lintas geografi dan memperluas jaringan distribusi untuk memperluas jangkauan.

Sebelum menentukan pasar sasaran, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan diantaranya:

  1. Ukuran segmen pasar. Sesuaikan dengan kemampuan perusahaan dalam memenuhi pasar sasaran yang dituju.
  2. Pertumbuhan segmen. Hal ini untuk melihat bahwa ada potensi pertumbuhan dari segmen yang dipilih.
  3. Analisis situasi. Analisa dapat dilakukan dengan mengguunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).
  4. Sumberdaya perusahaan.
  5. Dana yang tersedia.
  6. Tujuan yang sesuai dengan perencanaan perusahaan.

Ada berbagai langkah yang terlibat dalam menentukan pasar sasaran. Yang pertama adalah memahami masalah pelanggan yang Anda tangani. Setelah selesai, pelanggan dapat diidentifikasi siapa yang tertarik dengan produk itu. Misalnya, perusahaan Anda adalah usaha dibidang pakaian pria, maka contoh pasar sasaran yang bisa ditentukan adalah sebagai berikut:

  • Produk yang dijual : pakaian pria yang dijual secara online
  • Target lokasi : kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan lainnya yang dapat dijangkau kurir maksimal 2 hari.
  • Target demografi : pria dengan rentang usia 17 – 30 tahun yang memiliki penghasilan diatas 3 juta per bulan
  • Karakteristik psikologis : terbiasa dengan sosial media dan internet dan mengikuti fashion terkini.

Selalu pikirkan pasar, ketahui pesaing Anda, dan harga produk. Ini akan membantu Anda dalam membuat perbandingan.

Ada dua fitur penting yang harus selalu dipertimbangkan perusahaan sebelum memutuskan untuk meraih segmen pasar yang terpisah. Pertama adalah daya tarik segmen, yang berarti persaingannya lebih sedikit, margin bisnis tinggi, dan lain-lain. Kedua, sesuai dengan tujuan, visi perusahaan, dan lain-lain.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Strategi Blue Ocean

Fri Oct 1 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Strategi Blue Ocean – Strategi Blue Ocean mengacu pada pasar untuk produk di mana tidak ada persaingan atau persaingan sangat sedikit. Strategi ini berkisar pada pencarian bisnis di mana sangat sedikit perusahaan yang beroperasi dan di mana tidak ada tekanan harga. Strategi Blue Ocean dapat diterapkan lintas […]