Mengenal Manajemen dan Kepemimpinan

Mengenal Manajemen dan Kepemimpinan

mgt-logistik.com – Mengenal Manajemen dan Kepemimpinan – Manajemen dan kepemimpinan adalah istilah yang sering dianggap sama. Perlu diketahui bahwa kepemimpinan adalah bagian penting dari manajemen yang efektif. Sebagai bagian penting dari manajemen, perilaku kepemimpinan yang baik menekankan pada pembangunan lingkungan dimana setiap yang terlibat didalamnya dapat berkembang dengan baik dan unggul. Kepemimpinan diartikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi orang dalam tim menuju suatu tujuan. Pengaruh ini dapat berasal dari sumber formal, seperti diberikannya posisi manajerial kepada Anda dalam suatu organisasi.

Seorang manajer harus memiliki kualitas kepemimpinan yang baik dalam menjalankan perannya. Pemimpin yang mampu mengembangkan, membangun dan mempertahankan keunggulan kompetitifnya. Organisasi membutuhkan kepemimpinan dan manajemen yang kuat agar organisasi dapat berjalan dengan efisien dan optimal.

Perbedaaan antara manajemen dan kepemimpinan

Berikut beberapa pengertian praktis, perbedaaan antara manajemen dan kepemimpinan:

  1. Seorang manajer meletakkan struktur dan mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab, sedangkan seorang pemimpin mengarahkan dengan mengembangkan visi organisasi dan mengomunikasikannya kepada karyawan dan menginspirasi mereka untuk mencapainya.
  2. Manajemen sebagian besar terfokus pada perencanaan, pengorganisasian, penempatan karyawan, pengarahan dan pengendalian; sedangkan kepemimpinan merupakan bagian dari fungsi mengarahkan manajemen. Pemimpin fokus pada mendengarkan, membangun relasi, kinerja tim, memberi inspirasi, motivasi dari pengikutnya.
  3. Seorang pemimpin mendapatkan otoritasnya dari para pengikutnya, seorang manajer mendapatkan otoritasnya berdasarkan posisi yang diperolehnya dari organisasi.
  4. Sementara manajer mengikuti kebijakan dan prosedur organisasi, para pemimpin mengikuti naluri mereka sendiri.
  5. Manajemen lebih bersifat ‘sains’ karena para manajer di organisasi tersebut bekerja dengan terencana, tepat, standar, logis, dan lebih banyak pikiran. Kepemimpinan disisi lain adalah sebuah ‘seni’. Di dalam organisasi, jika seorang manajer adalah sesuatu yang diperlukan, maka seorang pemimpin adalah suatu keharusan.
  6. Manajemen banyak berkaitan dengan hal-hal teknis dalam suatu organisasi, sedangkan kepemimpinan berkaitan dengan aspek orang dalam suatu organisasi.
  7. Manajemen memberikan penilaian orang berdasarkan nama mereka, catatan masa lalu, dan kinerja saat ini. Sedangkan kepemimpinan mampu melihat dan mengevaluasi individu yang memiliki potensi untuk hal-hal yang tidak dapat diukur. Berkaitan dengan masa depan dan kinerja orang-orang jika potensi mereka sepenuhnya digali.
  8. Jika manajemen reaktif, kepemimpinan biasanya bersifat proaktif.
  9. Manajemen lebih didasarkan pada komunikasi tertulis, sedangkan kepemimpinan lebih didasarkan pada komunikasi verbal.

Kepemimpinan yang disertai dengan manajemen akan mampu menetapkan arah yang baru baru dan penggunaan sumber daya secara efisien untuk mencapainya. Baik kepemimpinan dan manajemen sangat penting bagi keberhasilan individu maupun organisasi.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Analisis Lima Kekuatan Porter

Wed Jul 21 , 2021
mgt-logistik.com – Analisis Lima Kekuatan Porter atau Porter’s Five Forces Analysis adalah metode yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui kekuatannya dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis saat ini dan kekuatan persaingan pada rencana bisnis yang akan dibuat. Analisis Lima Kekuatan Porter ini dibuat oleh Michael E. Porter yang dipublikasikan […]