Mengenal Istilah Metaverse

Mengenal Istilah Metaverse

mgt-logistik – Mengenal Istilah Metaverse – Metaverse sebenarnya telah ada dalam beberapa bentuk selama beberapa dekade. berasal dari kata “meta” yang artinya melampaui dan “verse” yang berarti semesta. Facebook dan lainnya mencoba menghadirkan teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari di dunia.

Apa itu yang dimaksud dengan metaverse? CEO Meta Mark Zuckerberg menulis: “Platform berikutnya akan lebih imersif – internet yang diwujudkan di mana Anda berada dalam pengalaman, tidak hanya melihatnya. Kami menyebutnya metaverse, dan ini akan menyentuh setiap produk yang kami buat.”

Pada level tertingginya, metaverse adalah dunia online virtual. Sebuah ruang digital yang mencerminkan “kehidupan nyata”, tetapi tidak dibatasi oleh aturan dunia nyata.

Pengguna akan berinteraksi dengan metaverse menggunakan perangkat keras seperti PC atau ponsel cerdas, bersama dengan aksesori seperti headset dan pengontrol virtual reality (VR). Sebagai orang yang hadir di metaverse, akan memiliki avatar (semacam karakter animasi) yang secara visual mewakili pengguna. Ada ekspektasi untuk dapat membayar dalam “meningkatkan” avatar itu dengan pakaian virtual dan opsi lainnya. Dunia nyata tidak berlaku di sini. Akan ada lingkungan virtual dengan rumah virtual dan mobil virtual.

Pengguna tidak hanya akan mengobrol dengan teman media sosialnya di metaverse. Akan dapat berbelanja, mengunjungi atraksi global, dan menghadiri konser. Mungkin juga pengguna dapat  menghadiri kelas dan bahkan berinteraksi dengan rekan kerja. Pada titik tertentu, pengguna mungkin benar-benar mencari nafkah di metaverse, menjual layanan atau produk digital. Dunia nyata masih ada, tetapi banyak orang akan lebih suka menghabiskan waktu sebanyak mungkin di metaverse.

Kapan Metaverse akan tiba? Sudah ada di sini; Meta hanya mencoba membawa metaverse ke level selanjutnya. Bila masih ingat sebuah permainan Second Life, diluncurkan pada tahun 2003 dimana dalam dunia online ini, pengguna dapat berinteraksi satu sama lain dan dunia di sekitar mereka. sampai saat ini masih memiliki ratusan ribu pengguna.

Metaverse sebagai platform yang dibayangkan oleh Mark Zuckerberg dan yang lainnya tidak akan tiba begitu saja suatu hari nanti. Fondasinya sudah ada di sini dan dibangun terus-menerus. Alih-alih peluncuran, harapkan metaverse berevolusi dari layanan yang ada dan yang akan datang. Ketika menjadi lebih mampu dan kemudian mulai saling terhubung, metaverse sebenarnya akan menjadi kenyataan.

Bagaimana dapat Berinvestasi pada Metaverse?

Berikut beberapa pilihan bisnis teratas di ruang metaverse, yang dapat dipertimbangkan kemungkinannya saat ini

  • Ritel. Perusahaan yang menjual barang virtual, atau menawarkan pengalaman belanja virtual yang mematikan untuk produk kehidupan nyata.
  • Merek pakaian dan gaya. Nike (NKE) telah mengajukan serangkaian paten yang bertujuan menjadikannya raja sepatu dan pakaian virtual di metaverse.
  • Perusahaan teknologi akan bekerja keras pada aksesori yang membawa pengalaman metaverse ke tingkat berikutnya. Dapat dibayangkan bagaimana headset VR generasi berikutnya, pengontrol, dan peralatan lainnya. Di antara pemain saat ini dengan perangkat terjangkau yang berfokus pada konsumen adalah Meta dan Oculus Quest-nya, Sony (SNE) dan PlayStation VR-nya, serta HP (HPQ) dan Reverb-nya.
  • Kekuatan yang sebagian besar adalah cloud. Itu berarti peluang potensial untuk Amazon.com (AMZN) AWS dan Microsoft Azure, antara lain.
  • Dalam logistik, juga dapat memanfaatkan VR dalam mengelola penyimpanan barang yang dimiliki

Peluang lain mungkin berkembang seiring waktu, seperti halnya metaverse itu sendiri. Kunci untuk berinvestasi di ruang ini adalah tetap gesit, tetapi juga realistis. Karena metaverse telah menjadi kata kunci instan, banyak perusahaan akan mencoba untuk bergabung dan menghubungkan nama mereka dengan teknologi yang sedang berkembang ini.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Mencari Pelanggan Potensial

Tue Jan 25 , 2022
Mencari Pelanggan Potensial