Mengenal Multilevel Marketing

Mengenal Multilevel Marketing

Businessman drawing multi level marketing scheme. Isolated on white.

mgt-logistik – Multilevel Marketing adalah strategi pemasaran dimana perusahaan penjualan langsung mendorong distributor yang ada untuk merekrut distributor baru untuk memfasilitasi penjualan barang dan jasa. Distributor mendapat kompensasi tidak hanya untuk penjualan yang dihasilkannya tetapi juga mendapatkan persentase dari pendapatan penjualan dari distributor lain yang dia rekrut.

Dengan demikian, pemasaran bertingkat adalah jenis penjualan langsung di mana distributor menjual produk melalui referensi hubungan dan pemasaran dari mulut ke mulut. Di sini, para penjual atau distributor tidak hanya menjual produk tetapi juga mendorong orang lain untuk bergabung dengan perusahaan. Rekrutmen disebut sebagai “Downline” peserta atau “Downline” distributor. Contoh, Tupperware, Herbalife dan Amway adalah perusahaan penjualan langsung yang menggunakan multilevel marketing.

Pemasaran bertingkat juga disebut sebagai pemasaran jaringan, pemasaran rujukan atau penjualan piramida. Meskipun ini adalah strategi bisnis yang sah, hal itu dapat dikritik dan dituntut karena kesamaannya dengan skema piramida ilegal. Salah satu masalah adalah skema piramida yang menggunakan uang dari rekrutan baru untuk membayar orang-orang di atas daripada mereka yang melakukan pekerjaan. Skema ini (dan orang-orang di belakangnya) mengambil keuntungan dari orang lain dengan berpura-pura terlibat dalam pemasaran jaringan atau multilevel yang sah. Anda dapat melihat skema piramida dengan fokus mereka yang lebih besar pada perekrutan daripada penjualan produk.

Masalah dalam menentukan legitimasi perusahaan multilevel marketing adalah apakah perusahaan tersebut menjual produknya terutama kepada konsumen atau kepada anggotanya yang harus merekrut anggota baru untuk membeli produknya. Jika yang pertama, kemungkinan besar perusahaan tersebut adalah pemasar bertingkat yang sah. Jika yang terakhir, itu bisa menjadi skema piramida ilegal

Relatif sedikit yang memperoleh penghasilan yang berarti dari usaha mereka. Untuk beberapa pengamat, ini mencerminkan karakteristik skema piramida.

Ada banyak contoh pemasaran bertingkat di dunia usaha. Berikut ini hanyalah dua dari perusahaan paling populer dan terkenal yang beroperasi di bidang ini.

Amway
Amway adalah perusahaan penjualan langsung terkenal yang menggunakan MLM untuk menghasilkan pendapatan. Perusahaan, yang menjual produk kesehatan, kecantikan, dan perawatan rumah di lebih dari 100 negara, melaporkan penjualan senilai $8,8 miliar yang dilakukan oleh pemilik bisnis independennya pada tahun 2018.

Nutrisi Herbalife
Herbalife Nutrition adalah perusahaan MLM terkemuka yang memproduksi dan mendistribusikan produk penurun berat badan dan nutrisi. Perusahaan berpendapat bahwa sebagian besar pendapatannya berasal dari penjualan produk—bukan perekrutan. Ia juga mengatakan bahwa ia menawarkan banyak perlindungan kepada anggota, seperti jaminan uang kembali, sehingga mereka tidak akan terjebak dengan produk yang tidak dapat mereka jual.

Bagaimana Anda Mendefinisikan Multilevel Marketing?

Secara garis besar, multilevel marketing adalah struktur penjualan dimana anggota suatu perusahaan didorong untuk merekrut anggota baru. Setelah direkrut, tenaga penjual ini menerima bagian dari penjualan perekrut mereka. Pada saat yang sama, setiap penjual mendapat untung dari penjualan produk tertentu.

Apakah Pemasaran Bertingkat adalah Skema Piramida?

Ketika sebuah organisasi berfokus terutama pada perekrutan, daripada menjual produk, ini mungkin juga menandakan bahwa ia beroperasi di bawah skema piramida. Terkadang, anggota skema ini berjumlah ratusan atau bahkan ribuan.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Faktor yang Mempengaruhi Bauran Promosi

Fri Dec 17 , 2021
Faktor yang Mempengaruhi Bauran Promosi