Mengenal Niche Market

Mengenal Niche Market

Mengenal Niche Market

mgt-logistik – Niche Market (pasar terbatas) dapat didefinisikan sebagai segmen atau bagian tertentu dari pasar yang lebih besar, yang melayani sekelompok orang tertentu yang memiliki kesukaan dan permintaan yang sama. Pasar memiliki rangkaian kebutuhan, preferensi, atau identitas tersendiri, sehingga tidak terkait dengan pasar tradisional.

Pada dasarnya, pasar terbatas terdiri dari segmen konsumen dalam pasar yang lebih besar, yang memiliki demografi, perilaku pembelian, dan gaya hidup yang sama. Dalam hal ini perusahaan memilih segmen pasar tertentu yang seringkali merupakan peluang terbaik untuk mengirimkan barang dan jasa kepada target pembeli dan membangun posisi kompetitif di pasar untuk bertahan melawan pendatang baru.

Pemasaran pasar terbatas melibatkan membagi pasar tradisional menjadi kelompok-kelompok kecil yang memiliki kebutuhan homogen akan suatu produk, dan memilih satu kelompok yang berbeda dari bisnis arus utama.

Pengembangan pasar terbatas bertindak sebagai peluang untuk menjual produk dan layanan yang disesuaikan untuk kelompok tertentu, yang diabaikan oleh perusahaan lain dan kemudian merancang strategi untuk melayani pelanggan yang termasuk dalam kelompok atau ceruk itu.

Ini dimulai dengan mengakui kebutuhan dan preferensi beberapa pelanggan dan kemudian membuat upaya untuk mengubahnya menjadi pasar yang lebih besar.

Contoh Pasar Terbatas

  1. Ada banyak ceruk pasar dalam pasar laptop yang lebih besar. Laptop Gaming akan dianggap sebagai ceruk pasar, karena akan menawarkan laptop untuk gamer profesional, animator dan seniman multimedia, pemrogram, profesional audio, dan banyak lagi.
  2. Dalam pasar sabun yang lebih besar, terdapat ceruk pasar untuk sabun buatan tangan, yang hanya akan menargetkan pelanggan yang menginginkan sabun bebas bahan kimia yang tidak terlalu keras pada kulit.
  3. Di pasar minyak goreng yang lebih besar, ada ceruk pasar untuk cold-pressed oil yang berfokus pada pembeli yang lebih mengutamakan kualitas atau kesehatan.

Karakteristik Pasar Terbatas

Sebuah pasar terbatas ditandai dengan:

  • Kumpulan kebutuhan unik: Pasar terbatas diwakili oleh kebutuhan spesialis di antara konsumen, dilayani hanya oleh beberapa produsen yang terbatas
  • Ukuran yang cukup: Ukuran pasar terbatas harus cukup besar untuk mendapatkan keuntungan.
  • Kemampuan pembelian yang memadai: Saat memilih pasar terbatas tertentu, perusahaan harus memberikan penekanan pada kemampuan pembelian pelanggan yang menjadi sasaran.
  • Tidak ada pesaing nyata: Pasar yang tidak diakui oleh perusahaan lain atau pesaing memiliki kepentingan yang dapat diabaikan di dalamnya.
  • Sumber daya, kompetensi dan keterampilan: Perusahaan memiliki sumber daya, kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan, untuk mengeksploitasi pasar terbatas.
  • Kebutuhan akan perlakuan khusus: dicirikan oleh kelompok pelanggan yang kebutuhannya sering diabaikan oleh para pemain yang ada di pasar.
  • Prospek pertumbuhan: Perusahaan yang ingin memasuki pasar terbatas harus fokus pada prospek pertumbuhan, yaitu peluang untuk tumbuh dan berkembang.
  • Niat Baik Pelanggan: Untuk unggul dalam pasar terbatas, pertama-tama perusahaan harus memahami dengan jelas dan menyeluruh, ‘apa yang dibutuhkan pelanggan mereka’. Selanjutnya, pelanggan khusus sangat setia, sehingga mereka dapat membayar harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan produk.
  • Perusahaan mencapai ekonomi melalui spesialisasi: Keuntungan utama mengejar strategi pasar terbatas adalah bahwa perusahaan mencari dominasi di pasar dan mencapai ekonomi melalui spesialisasi.
  • Memberikan hambatan masuk bagi pesaing: Pasar terbatas harus sedemikian rupa sehingga menghadirkan hambatan masuk bagi pesaing karena tidak mungkin menarik pesaing dengan mudah.
  • Margin keuntungan yang lebih besar: Seorang pemasar dalam pasar terbatas mengetahui kelompok pelanggan dan kebutuhan mereka dengan sangat baik sehingga melayani mereka dengan cara terbaik. Hal ini menyebabkan margin yang lebih besar karena harga premium untuk nilai tambah, dan loyalitas merek yang kuat. Selanjutnya, pelanggan siap membayar harga premium untuk produk yang benar-benar memenuhi kebutuhan mereka.

Pasar terbatas adalah pasar yang sangat terkonsentrasi dengan kelompok pelanggan tertentu dan berfokus pada produk tertentu. Oleh karena itu, strategi pemasaran menargetkan spesifikasi dan fitur produk yang mampu memenuhi kebutuhan pasar yang khas. Dengan melakukan ini perusahaan bertujuan untuk bertahan dalam persaingan dan menjadi pemimpin pasar.

Ini membedakan produk yang ditawarkan oleh perusahaan dengan produk lain di pasar dan melayani pelanggan yang menuntut produk unik atau premium.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengertian Pergudangan

Thu Jan 13 , 2022
Pengertian Pergudangan