Mengenal Presentasi Pitch Deck

Mengenal Struktur Pitch Deck

mgt-logistik.com – Mengenal Presentasi Pitch DeckPitch Deck adalah presentasi singkat yang dapat memberikan secara umum, gambaran rencana bisnis yang Anda punya. Dengan presentasi yang singkat, padat dan jelas tersebut dihadapan calon investor untuk mengajak mereka memberikan pendanaan guna pengembangan bisnis yang ada.

Tidak hanya kepada calon investor bisnis Anda, pitch deck juga sangat berguna saat mengenalkan bisnis Anda kepada konsumen, perusahaan lain yang akan bekerjasama dengan Anda atau orang-orang lain yang ingin bergabung dengan bisnis yang Anda buat

Struktur Presentasi Pitch Deck

Rata-rata presentasi  pitch deck disarankan terdiri dari 10 sampai dengan 15 slide presentasi dengan susunan struktur sebagai berikut berdasarkan www.slidebean.com yaitu:

1. Problem

Slide yang menyebutkan masalah atau tujuan presentasi Anda untuk menjelaskan bisnis Anda kepada investor. Pada bagian ini sebaiknya fokus pada penyelesaian satu masalah. Sehingga investor dapat melihat seberapa detailnya rencana bisnis yang dibuat

2. Solution

Solusi yang ditampilkan sebaiknya singkat dan sangat jelas. Memberikan jawaban dari permasalahan yang dihadapi, bahkan dapat menjelaskan mengapa solusi yang ditawarkan tersebut lebih baik dari kondisi yang ada saat ini pasaran (market).

3. Product

Slide produk ini mengenalkan dengan jelas dan mampu menggambarkan dengan baik produk yang dibuat. Bisa dilengkapi dengan deskripsi produk, testimoni atau ulasan dari pengguna produk Anda yang sudah ada saat ini.

4. Market Size

Perlu diyakinkan kepada calon investor bagaimana kondisi pasar yang dimasuki oleh bisnis Anda. Peluang pasar yang terbuka dan menarik harus dapat diinformasikan dengan baik kepada calon investor agar lebih tertarik untuk berinvestasi.

5. Underlying Magic

Yang dimaksud dengan underlying magic adalah suatu keunggulan yang dimiliki dari produk yang Anda buat. Dapat dijelaskan mengapa keunggulan tersebut hanya ada di produk yang Anda miliki. Ini semacam “business model” dari bisnis yang Anda punya. Sesuatu yang tidak mudah untuk ditiru.

6. Competition

Sampaikan bagaimana persaingan yang ada saat ini di industri yang Anda geluti. Mampu membandingkan dengan baik dan benar posisi keunggulan Anda diantara para pesaing yang sudah ada.

7. Better/ Different

Mampu menunjukkan perbedaan dengan produk lain yang mungkin sudah ada di pasaran. Bila sudah ada, mampu menunjukkan kelebihannya dibandingkan yang dimiliki oleh competitor sejenis dalam industri tersebut.

8. Marketing Plan

Rencana pemasaran adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Jelaskan strategi pemasaran yang dilakukan dalam mengenalkan dan mendapatkan konsumen dari produk yang Anda miliki.

9. Financial Projection

Memberikan gambaran keuangan perusahaan adalah hal yang penting kepada calon investor. Misalnya dapat disampaikan kondisi keuangan saat ini, biaya investasi apa saja yang sudah dilakukan, Dapat juga diberikan gambaran proyeksi ke depan kondisi keuangannya dan bagaimana cara serta lama waktu untuk mencapai break event point dari produk yang Anda miliki.

10. Team

Keberhasilan suatu bisnis tidak terlepas dari tim yang solid yang ada di dalamnya. Perkenalkan anggota tim yang memang terlibat di dalam bisnis yang Anda punya. Tampilkan bahwa orang-orang yang Anda miliki adalah orang tepat dan memiliki kemampuan mengembangkan bisnis tersebut ke depannya.

11. Traction/ Milestone

Berikan gambaran tentang perkembangan bisnis yang telah berjalan kepada calon investor. Dari sini juga dapat dibayangkan oleh calon investor bagaimana rencana pengembangannya ke depan.

Contoh ; Pitch Deck airbnb (Sumber; slidebean.com)

Demikian struktur yang dapat Anda gunakan dalam pitch desk yang baik kepada calon investor maupun mitra bisnis Anda. Jangan lupa menampilkannya dengan visual yang menarik agar tidak membosankan bagi calon investor yang mendengarkan.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Strategi Distribusi dalam Bisnis

Tue Jul 13 , 2021
mgt-logistik.com – Strategi Distribusi dalam Bisnis – Dalam menjalankan bisnis, semua fungsi kegiatan yang ada didalamnya harus berjalan dengan baik agar bisnis tersebut berhasil. Strategi distribusi adalah satu strategi yang perlu dijalankan dengan tepat. Strategi distribusi dalam bisnis adalah bagian dari strategi pemasaran yang berhubungan dengan kegiatan produsen dalam menyampaikan […]