Apa Perbedaan Sales dan Marketing?

Mengetahui Perbedaan Marketing dan Sales

mgt-logistik.com – Apa Perbedaan Sales dan Marketing – “Apa perbedaan antara sales (penjualan) dan marketing (pemasaran) ?”. Mungkin ini pernah terbersit dalam benak Anda yang awam atau yang tidak berkecimpung dalam bidang ini.

Kebingungan yang ada sering muncul karena kegiatan pemasaran dan penjualan sering kali terlihat mirip. Sehingga tidak salah juga kalau sebagian orang mencampurkan keduanya dan menganggapnya sama. Keduanya dapat digambarkan seperti internet dan email – dua teknologi berbeda tetapi berdampingan bersama.

Sales dan Marketing adalah dua hal yang berbeda pengertiannya.

Sales (Penjualan)

Jika dilakukan dengan benar, menjual adalah cara bagaimana mengajak konsumen untuk membeli produk Anda. Untuk melakukan itu, dapat digunakan beberapa langkah yang sederhana.

Langkah #1: Mengajak konsumen untuk mau berkomitmen menggunakan produk atau layanan Anda dengan cara tertentu. Misalnya diawali dengan mendaftar untuk coba gratis. .

Langkah #2: Membangun keyakinan dengan konsumen sehingga mereka mau melakukan pembelian. Membangun kepercayaan dengan berkomunikasi dengan konsumen dan membuktikan bahwa konsumen membutuhkan produknya.

Langkah #3: Tindak lanjuti terus menerus. Namun, jangan mengambil risiko merusak kepercayaan yang telah dibangun dengan susah payah. Jangan biarkan konsumen yang memenuhi syarat merasa seolah-olah Anda mengejar mereka untuk penjualan. Fokuslah pada pengembangan hubungan yang baik dan positif. Tunjukkan kepada konsumen bahwa produk atau layanan yang dimiliki perusahaan dapat menjawab permasalahan yang ada atau membuat hidup mereka lebih baik dan mudah.

Marketing (Pemasaran)

Pemasaran adalah bagaimana membuat konsumen tertarik dengan produk atau layanan yang dimiliki. Sedangkan penjualan adalah tentang bagaimana menjual produk dan layanan tersebut. Jadi kegiatan pemasaran tidak selalu tentang penjualan.

Misalnya, tim pemasaran sering mendedikasikan sejumlah besar sumber daya untuk menghasilkan perhatian dari konsumen. Selain itu, tim pemasaran sering menghabiskan banyak waktu dan perhatian pada kegiatan yang tidak terlihat secara langsung seperti pengembangan identitas merek, meningkatkan citra merek, atau meluncurkan kegiatan kampanye hubungan masyarakat.

Meskipun tenaga penjualan Anda mungkin diukur dan dipantau berdasarkan berapa banyak penjualan langsung yang mereka peroleh, tim pemasaran kemungkinan besar akan dievaluasi berdasarkan berbagai atribut yang berbeda. Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis fokus pemasaran. Biasanya, sebagian besar kampanye pemasaran dapat diklasifikasikan kedalam kegiatan outbound marketing atau inbound marketing

Outbound Marketing

Cara pemasaran ini dengan memberikan orang dengan iklan dan teknik lain yang lebih menarik perhatian. Beberapa kegiatan pemasaran ini yang paling umum dilakukan seperti iklan pada televisi, Billboard, direct mail, dan iklan pada majalah.

Inbound Marketing

Kegiatan pemasaran ini dengan melibatkan penyediaan konten pemasaran yang menarik untuk konsumen Anda. Tujuannya adalah untuk membawa konsumen kepada Anda di mesin pencari dan situs jejaring sosial. Contohnya seperti: content marketing, pemasaran sosial media, email pemasaran dan SEO (search engine optimization)

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Manajemen dan Kepemimpinan

Mon Jul 19 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Manajemen dan Kepemimpinan – Manajemen dan kepemimpinan adalah istilah yang sering dianggap sama. Perlu diketahui bahwa kepemimpinan adalah bagian penting dari manajemen yang efektif. Sebagai bagian penting dari manajemen, perilaku kepemimpinan yang baik menekankan pada pembangunan lingkungan dimana setiap yang terlibat didalamnya dapat berkembang dengan baik dan […]