Menggunakan Media Promosi Online dalam Bisnis UMKM

Menggunakan media Promosi Online dalam Bisnis UMKM

mgt-logistik.com – Menggunakan media promosi online adalah salah satu cara dalam mengenalkan dan memasarkan produk yang dimiliki kepada konsumen dengan menggunakan kemajuan teknologi dan internet. Tujuannya agar informasi yang disampaikan dapat menjangkau konsumen lebih luas, efisien dan efektif dari segi waktu, biaya dan tenaga. Hal ini penting bagi UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) dalam mengenalkan produk yang dimilikinya, karena biasanya masih ada beberapa keterbatasan pemilik usaha jika harus menggunakan aplikasi berbayar.

Kehadiran beragam media sosial sebagai salah satu contoh promosi sangat mendukung keberhasilan promosi dalan suatu usaha dengan mudah dan terjangkau. Terdapat beragam contoh media promosi online yang dapat digunakan untuk iklan digital sehingga produk yang dijual dapat lebih dikenal di masyarakat. Berikut adalah 5 media promosi online yang popular dan dapat digunakan oleh Anda sebagai pemilik bisnis UMKM.

1. Youtube

Youtube dapat manjadi salah satu pilihan yang digunakan dalam memasarkan produk dengan cara mengunggah video. Judul video dan konten harus menarik agar calon konsumen mau menonton video yang diberikan tersebut. Bahkan tidak hanya menonton, jika sangat menarik dan informatif, calon pelanggan tidak hanya sekedar like video, tapi juga bisa subsribe untuk tahu video-video selanjutnya. Contoh penggunaan video dalam promosi online misalnya membuet resep masakan.

2. Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto atau video dan menggunakan filter digital dan membagikannnya ke jejaring sosial. Fitur yang emnarik dari Instagram salah satunya adanya hashtag, yang memudahkan calon konsumen melakukan pencarian sesuai dengan kategori yang diinginkan. Dalam Instagram juga komunikasi dengan calon konsumen dapat berlangsung dengan interaktif. Tidak dapat dipungkiri, Intagram menjadi salah satu pilihan utama dalam promosi online yang wajib dimiliki akunnya oleh pebisnis.

3. Tik Tok

Tik Tok adalah sebuah aplikasi dimana penggunanya dapat berbagi video musik dengan durasi pendek.  Dengan waktu yang terbatas, kini konten  tik tok tidak hanya diisi musik saja, tetapi dapat berupa tuturoal penggunaan produk, tips dan triks, atau juga konten edukasi. Seperti halnya sosial media lainnya, perlu kreatifitas yang baik dalam membuat materi promosi melalui Tik Tok

4.Facebook

Media sosial ini masih menjadi pilihan dalam menjalin komunikasi dengan teman dan relasi keluarga. Keberadaan tersebut menjadikan media sosial ini banyak digunakan menjadi media promosi online selain situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi relatif mudah untuik digunakan dan sangat umum digunakan sebagai media promosi online. Bagaimana agar promosi online melalui facebook dapat berhasil? Diantaranya adalah halaman utama tampil dengan menarik agar calon konsumen memberikan Like sebanyak mungkin, mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang tertarik dengan halaman Facebook Anda.

5. WhatsApp

Sebagai platform yang banyak digunakan dalam komunikasi saat ini, penggunaan WhatsApp juga digunakan untuk menawarkan produk yang dimilki melalui chat personal maupun share melalui grup. Untuk bisnis sebaiknya menggunakan WhatsApp Business, bukan yang personal, agar lebih efektif dan efisien dalam penggunaannya.

Selain 5 pilihan platform diatas, masih cukup banyak pilihan yang bisa digunakan seperti Twitter, Marketplace, Website dan lain-lain. Tinggal tentukan mana yang paling efisien dan efektif yang bisa Anda lakukan dalam mempromosikan produk yang Anda miliki.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kirim Paket Pakai Anteraja

Thu Jul 1 , 2021
mgt-logistik.com – Kirim Paket Pakai Anteraja – Anda tahu jasa pengiriman ekspedisi Anteraja? ┬áDengan warna yang khas, warna magenta, sangat mudah mengenali layanan ini diantara para pesaingnya. Tentang Anteraja Anteraja (PT.Tri Adi Bersama) adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengiriman barang berbasis teknologi. Perusahaan ini dirintis pada Maret 2019 merupakan anak […]