Merintis Bisnis Startup Digital

Merintis Bisnis Startup Digital

mgt-logistik.com – Merintis Bisnis Startup Digital – Bagaimana caranya merintis bisnis startup digital dari awal saat ini? Ditengah banyaknya bermunculan startup digital saat ini yang menggarap berbagai bidang, tentu menjadi pertanyaan bagaimana persaingan untuk masuk ke industri ini. Sebut saja seperti bidang pendidikan, jasa keuangan, transportasi, perdagangan, logistik dan lain-lain.

Peluang untuk masuk ke dalam industri ini memerlukan persiapan yang matang agar bisnis dapat berjalan dengan baik dan berkembang seperti yang diharapkan. Salah satu yang harus menjadi dasar yang kuat dalam membangun bisnis ini adalah menggunakan tehnologi digital sebagai solusi dari permasalahan yang ada di dalam masyarakat.

Agar dapat mengembangkan dengan baik, berikut beberapa hal yang dapat dijadikan panduan saat memulai bisnis startup digital.

1. Temukan ide bisnis

Ide bisnis bisa didapatkan dari mana saja dan kapan saja, namun yang menjadi poin utama adalah eksekusi dari ide bisnis yang dimiliki. Salah satu pencarian ide dapat melalui pencarian solusi dari masalah yang ada di tengah-tegah masyarakat. Jika sudah di dapatkan ide solusi tersebut, dapat mendiskusikannnnya kepada orang-orang yang mengalami masalah tersebut untuk mengetahui peluang keberhasilan dari ide bisnis tersebut.

2. Buat rencana bisnis

Setelah menemukan ide bisnis yang memiliki peluang dan potensi untuk dijalankan, langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan bisnis. Dalam perencanaan bisnis ini, tertuang hal-hal detail yang dibutuhkan untuk menjalaninya. Seperti riset tentang pasar yang dituju, analisa kebutuhan, riset kompetitor yang mungkin sudah ada sebelumnya, timeline pelaksanaan perencanaan dan lain sebagainya. Bagian ini sangat krusial, karena akan menjadi panduan dalam membentuk dan mengembangkan bisnis yang diciptakan.

3. Bentuk tim kerja

Dibutuhkan tim yang mumpuni , yang paham betul tentang teknologi digital, sistem informasi dan bidang industri yang akan dikembangkan. Kerjasama yang baik antara orang-orang yang paham teknologi dan paham proses bisnis dari industri yang digeluti menjadi sangat penting. Pemahaman ini yang perlu dibangun dengan baik agar dapat sejalan dalam mengembangkannya.

4. Kembangkan secara bertahap.

Untuk merintis bisnis startup digital dibutuhkan modal dana yang tidak sedikit. Karena itu perlu dipertimbangkan juga dalam pengembangannya dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan atau modal awal yang dimiliki. Bila sudah dirasa cukup berhasil dalam skala yang kecil, langkah selanjutnya adalah mencari investor. Investor yang tertarik untuk ikut mengembangkan bisnis startup digital yang Anda bangun dari dana maupun pengetahuan.

Dalam mengembangkannya perlu diperhatikan waktu yang tepat. Karena bukan tidak mungkin disaat Anda mengembangkannya, sudah ada kompetitor lain juga melakukan rintisan yang sama dengan bidang yang Anda pilih. Waktu menjadi salah satu yang perlu diperhatikan, jangan sampai terlambat dalam menerapkan dan mengembangkannya. Harus mencari momentum yang tepat.

5. Legalitas bisnis

Penting untuk menyiapkan legalitas bisnis sejak awal terbentuk agar menghindari kerugian dikemudian hari. Legalitas bisnis tersebut seperti mendaftarkan nama bisnis dan merek usaha, permohonan izin usaha, dan sebagainya. termasuk kontrak kerja yang jelas dengan karyawan ataupun mitra bisnis dan hal-hal detail lainnya.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Presentasi Pitch Deck

Fri Jul 9 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Presentasi Pitch Deck – Pitch Deck adalah presentasi singkat yang dapat memberikan secara umum, gambaran rencana bisnis yang Anda punya. Dengan presentasi yang singkat, padat dan jelas tersebut dihadapan calon investor untuk mengajak mereka memberikan pendanaan guna pengembangan bisnis yang ada. Tidak hanya kepada calon investor bisnis […]