Minumnya Tehbotol Sosro

Minumnya Tehbotol Sosro

mgt-logistik.com – Minumnya Tehbotol Sosro – Tehbotol Sosro diproduksi oleh perusahaan PT. Sinar Sosro yang merupakan perusahaan teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Usaha ini dimulai oleh keluarga Sosrodjojo di kota Slawi, Jawa Tengah pada tahun 1940. Pada mulanya hanya dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh dengan merk Teh Cap Botol. Lalu kemudian pada tahun 1960 pindah ke Jakarta dan mulai mengenalkan produknya kepada masyarakat di Jakarta.

Pada tahun 1965, dilakukan strategi Cicip Rasa yaitu dengan memperkenalkan Teh Cap Botol dengan cara mendatangi pusat-pusat keramaian seperti pasar. Minuman diproduksi langsung dengan memasak dan menyeduh teh ditempat kegiatan promosi. Namun cara ini kurang berhasil. Demikian juga dengan cara berikutnya berupa membawa teh yang sudah diseduh dalam panci – panci besar, tidak juga berhasil. Karena banyak yang tumpah dalam kendaraan mobil bak terbuka yang digunakan dalam perjalanan dari tempat produksi ke pasar.

Dalam perkembangannya, secara tidak sengaja diperoleh ide untuk membawa teh yang telah diseduh tersebut dalam kemasan botol bekas kecap atau limun yang telah dibersihkan. Strategi ini berhasil dan pada tahun 1969, didapatkan ide untuk menjual teh siap minum (ready to drink) dalam kemasan botol dengan nama Tehbotol Sosro. Nama ini diambil dari nama teh seduh Teh Cap Botol dan nama keluarga pendiri yaitu Sosrodjojo. Desain yang saat ini dikenal masyarakat adalah desain ketiga, dimana sebelumnya desain pertama dibuat tahun 1969 dan kedua pada tahun 1972.

PT Sinar Sosro yang telah resmi didaftarkan pada 17 Juli 1974 tersebut oleh Soegiharto Sosrodjojo saat ini memiliki 12 pabrik yang tersebar di seluruh Indonesia yaitu di Medan, Palembang, Jakarta, Tambun, Cibitung, Ungaran, Gresik, Mojokerto dan Gianyar. Serta pabrik yang khusus memproduksi air mineral Prim-A yang berlokasi di Sentul, Purbalingga dan Pandaan. Tidak hanya menjangkau wilayah pemasaran di Indonesia saja, saat ini PT Sinar Sosro juga menjangkau pasar internasional dengan mengekspor produk-produk non botol beling ke beberapa negara yang ada di kawasan Asia, Amerika, Eropa, Afrika, Australia, dan Kepulauan Pasifik.

Dari pengembangan produk sendiri, selain Tehbotol Sosro dan Air Mineral Prim-A, perusahaan juga memproduksi beberapa merk lain yang telah dikenal luas oleh masyarakat diantaranya Fruit Tea Sosro, S-Tee, TEBS, dan Country Choice.

Saat ini, PT Sinar Sosro bernaung dalam perusahaan induk (holding company) dengan nama PT Anggada Putra Rekso Mulia atau Rekso Group sejak 1997. Bisnis Rekso Group sendiri tidak hanya dalam industri minuman saja, namun juga telah mengembangkan ke makanan (MacDonald’s Indonesia/ McD), property, hingga kecantikan.

PT Sinar Sosro terus berusaha untuk mewujudkan visinya menjadi perusahaan minuman kelas dunia, yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen, kapan saja, dimana saja, serta memberikan nilai tambah untuk semua pihak terkait, menjadi The Indonesian World Class Beverage Company.

Apapun makanannya, minumnya Tehbotol Sosro!

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Sun Dec 12 , 2021
mgt-logistik – Perilaku Konsumen adalah studi tentang bagaimana seorang individu memutuskan untuk membeli produk tertentu di atas yang lain dan apa faktor-faktor yang mendasari yang membentuk perilaku tersebut. Pemasar mencoba memahami tindakan konsumen di pasar dan motif yang mendasari tindakan tersebut. Motif-motif tersebut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu: […]