Pengertian Diskon

mgt-logistik – Diskon berarti suatu konsesi atau pengurangan yang diperbolehkan pada suatu tarif tertentu dari harga barang yang diberikan oleh penjual kepada pembeli atau oleh kreditur kepada debitur. Ini diberikan untuk memikat pelanggan dan mempromosikan penjualan. Besarnya potongan harga yang harus diterima atau dibayarkan dengan memperhatikan syarat-syarat perjanjian penjualan. Di sini, perlu dicatat bahwa diskon selalu dihitung pada harga barang yang ditandai.

Pada penerapan diskon, penerima jumlah mendapat jumlah yang dikurangi dari jumlah yang sebenarnya harus dibayar. Sebaliknya, pembayar jumlah harus membayar jumlah yang lebih kecil daripada yang sebenarnya harus dibayar. Artinya, diskon menghasilkan kerugian bagi penerima, tetapi untung bagi orang yang harus membayar.

Jenis Diskon

Ada tiga jenis utama diskon, yang dibahas di bawah ini:

Diskon Dagang

Pengurangan dari daftar harga yang diberikan dianggap sebagai diskon perdagangan. Ini disediakan oleh produsen atau grosir ke pengecer, dengan harga eceran produk. Ini menunjukkan margin keuntungan pengecer, karena pengecer menjual produk ke konsumen akhir dengan harga eceran. Selanjutnya, mereka dikurangkan sebagai bagian dari penjualan awal, itu bukan diskon penjualan.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan volume penjualan. Selanjutnya, itu diberikan sebagai persentase dari harga yang tercantum. Setelah diskon ini diberikan, harga jual bersih atau jumlah bersih yang harus dibayar pelanggan akan dihitung. Selanjutnya, tidak ada pencatatan diskon tersebut dalam pembukuan. Artinya, transaksi dicatat sebesar nilai penjualan bersihnya.

Potongan harga

Dalam hal ini, pengurangan dari harga dilakukan ketika pembayaran tunai dilakukan. Ini diberikan kepada pelanggan untuk meningkatkan pembayaran dan arus kas yang cepat. Ini diberikan kepada pelanggan ketika dia melakukan pembayaran tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo. Perhitungan jenis diskon ini diberikan sebagai persentase berdasarkan jumlah total yang harus dibayar.

Diskon kuantitas

Nama lain untuk diskon kuantitas adalah diskon berdasarkan volume. Potongan harga yang diberikan kepada pelanggan dari daftar atau harga katalog, untuk pembelian dalam jumlah banyak disebut potongan kuantitas. Hal ini diberikan untuk mendorong pembelian barang dalam jumlah besar. Jadi, pencatatan pembelian dilakukan pada harga beli bersih. Plus, tidak ada akun terpisah yang dibuat untuk mencatat diskon berdasarkan kuantitas atau volume.

Perhitungan diskon

Untuk menghitung harga barang setelah diskon, ketika diskon diberikan sebagai tarif pada harga yang tercantum, Anda perlu menulis persen sebagai pecahan dan mengalikannya dengan harganya. Hasil yang diperoleh akan dikurangi dari harga asli barang tersebut.

Apa itu Diskon Berturut-turut

Serangkaian diskon yang ditawarkan kepada pelanggan disebut diskon berturut-turut. Jika diskon berturut-turut diberikan, diskon pertama dikurangkan dari harga yang ditandai, untuk sampai pada harga bersih setelah memberikan diskon pertama.

Harga yang dihitung dianggap sebagai harga yang ditandai baru, dan kemudian diskon kedua dihitung pada harga yang ditandai baru, kemudian jumlah yang dihasilkan dikurangi dari harga yang ditandai baru untuk mendapatkan harga bersih setelah diskon kedua. Proses ini terus dilakukan hingga mencapai harga jual bersih.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Pengertian Penetapan Anggaran

Thu Feb 17 , 2022
Pengertian Penetapan Anggaran