Pengertian Dropship dan Peluangnya

Pengertian Dropship dan Potensinya

mgt-logistik.com – Pengertian Dropship dan Peluangnya – Dropship adalah suatu metode penjualan produk yang sedang banyak dilakukan para penjual online saat ini. Dengan metode dropship ini para penjual dapat melakukan penjualan produk tanpa melakukan stok produk sendiri. Keseluruhan proses mulai dari persiapan, pengemasan, dan pengiriman dikerjakan oleh toko online dimana penjual bermitra. Orang yang berjualan dengan skema dropship ini disebut dropshipper.

Dropship seringkali disamakan dengan reseller, padahal terdapat perbedaan antara keduanya. Salah satu yang paling terlihat perbedaannya adalah adanya modal yang harus disiapkan reseller untuk membeli produk terlebih dahulu dan melakukan stok dari pemasok sebelum melakukan pengiriman kepada pembeli.

Dengan menggunakan social media dan e-commerce yang ada saat ini, menjadi penjual secara online semakin mudah untuk dilakukan. Yang diperlukan adalah gambaran produk yang dijual yaitu berupa foto, deskripsi produk dan harga. Seluruh informasi ini di upload ke akun sosial media atau e-commerce yang dimiliki dan tinggal menunggu pesanan masuk. Untuk social media seperti Instagram dan facebook, jaringan pertemanan (follower) dapat mempengaruhi besaran target pasar. Dengan semakin banyak jaringan yang dimiliki, maka akan semakin besar target pasar untuk produk yang akan dijual. Agar semakin memahami pengertian dropship dan peluangnya, berikut akan dibahas tentang cara kerja dan keuntungannya.

Cara kerja dalam dropship

  • Tugas utama diawal seorang dropshipper adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Mencari pemasok yang bisa diajak bekerjasama dan memenuhi beberapa kriteria seperti harga yang murah dan kompetitif di pasaran, pemasok memiliki layanan dropship, mampu memberikan informasi produk dengan detail, ketersediaan produk yang selalu update dan skema pembayaran yang saling menguntungkan.
  • Dropshipper mulai memasarkan produk di social media, marketplace atau website yang dimiliki. Dropshipper akan menaruh (upload) gambar produk dan melengkapi deskripsinya. Informasi ini disediakan oleh pemasok produk dimana seorang dropshipper bermitra.
  • Pembeli membeli produk yang sudah dipromosikan dan melakukan pembayaran kepada dropshipper.
  • Setelah itu, dropshipper akan memproses pesanan tersebut kepada pemasok produk. Pemasok akan menyiapkan produk, mengemas dan mengirimkan ke alamat pembeli. Biasanya, dalam proses ini alamat pengiriman akan menggunakan alamat dropshipper.

Keuntungan dropship

Keuntungan menjadi dropshipper adalah modal yang dipersiapkan tidak besar, bisa dilakukan dari mana saja (fleksibel), produk yang dijual bisa bervariasi. Selain itu juga tidak memerlukan penyimpanan produk dan tidak direpotkan dengan pengemasan dan pengiriman produk.

Tantangannya dalam bisnis dropship ini adalah margin keuntungan yang tidak besar karena harus berbagi dengan pemasok. Selain itu juga kebergantungan yang cukup besar kepada pemasok, misalnya kualitas produk, kecepatan pengiriman dan stok produk. Untuk itu, perlu pemilihan pemasok yang tepat agar usaha berjalan dengan baik.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Procurement dan Purchasing dalam Manajemen

Mon Jul 26 , 2021
mgt-logistik.com – Procurement dan Purchasing dalam Manajemen. – Mendengar istilah Procurement dan Purchasing terkadang sulit untuk membedakannya, khususnya jika Anda tidak terlibat langsung dalam bidang manajemen produksi. Keduanya masih saling berkaitan erat, dengan peran yang berbeda. Procurement (pengadaan) adalah keseluruhan proses mengidentifikasi kebutuhan dalam suatu perusahaan, mendapatkan persyaratan yang diperlukan […]