Pengertian Ekonomi Digital

Pengertian Ekonomi Digital

Pengertian Ekonomi Digital

mgt-logistik.com – Pengertian Ekonomi Digital – Sederhananya, ekonomi digital adalah ekonomi yang beroperasi terutama dengan bantuan teknologi digital. Ini menyiratkan jaringan global kegiatan ekonomi, proses, transaksi dan interaksi antara, orang, bisnis, perangkat, dan lain-lain, yang didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dalam hal ini, jumlah maksimum transaksi bisnis diselesaikan dengan bantuan media digital, internet atau world-wide-web (www).

Elemen Penting Ekonomi Digital

Ekonomi Digital memfasilitasi dan melaksanakan pembelian dan penjualan produk dan layanan melalui transaksi elektronik yang dilakukan melalui internet. Elemen esensialnya adalah:

  1. Digitalisasi dan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), secara ketat.
  2. Kodifikasi pengetahuan
  3. Konversi informasi menjadi komoditas
  4. Mengatur pekerjaan dan produksi dengan cara modern.

Hyperconnectivity, yaitu munculnya interkonektivitas orang, perusahaan, sistem, dan lain-lain. sebagai hasil dari internet, teknologi seluler, dan Internet of Things (IoT).

Manfaat Ekonomi Digital

Manfaat ekonomi digital diberikan dalam poin-poin di bawah ini:

  • Berkontribusi pada Pertumbuhan Ekonomi: Meluasnya ekonomi digital telah mencatat pertumbuhan dan inovasi yang luar biasa serta dapat diterapkan secara luas ke sektor ekonomi lainnya
  • Memperluas peluang bisnis: Ini juga melaporkan tren peningkatan peluang bisnis bagi perusahaan dan bisnis yang diabaikan di pasar global. Digitalisasi memungkinkan perusahaan kecil dan bisnis untuk secara aktif berpartisipasi dalam pembelian dan penjualan barang dan jasa internasional.
  • Menciptakan lapangan kerja baru: Ini adalah fakta yang terkenal bahwa ekonomi digital telah memberikan dorongan untuk pekerjaan juga. Dalam beberapa tahun terakhir, pengembangan aplikasi seluler hanya menciptakan jutaan pekerjaan di seluruh dunia.
  • Meningkatkan layanan publik: Serangkaian akses global ke broadband dan ekosistem layanan teknologi informasi dan komunikasi yang kuat menyediakan platform untuk meningkatkan pemberian layanan di sektor inti.
  • Peningkatan e-commerce: Pertumbuhan baru-baru ini dalam transaksi e-commerce telah dilaporkan dalam beberapa tahun terakhir. Dan semua kredit digunakan untuk digitalisasi kegiatan komersial, yang dengannya pengembangan, pembelian, pendistribusian, penjualan, dan pelacakan produk dan layanan menjadi lebih sederhana, kompetitif, dan menguntungkan.
  • Pengiriman barang dan jasa secara digital: Dengan digitalisasi, cara pengiriman barang dan jasa telah berubah secara drastis. Dari penerbangan hingga perbankan, hiburan hingga pendidikan dan asuransi hingga pemesanan hotel, seseorang dapat dengan mudah mendapatkan barang dan jasa kebutuhan mereka secara online.
  • Transparansi: Dalam ekonomi digital, transaksi komersial besar terjadi secara online, yang menghilangkan transaksi tunai, dan pada akhirnya meningkatkan transparansi.

Ekonomi Digital mencakup spektrum kegiatan yang luas, yang menggunakan informasi dan pengetahuan dalam bentuk digital. Saat ini, untuk mengumpulkan, menyimpan, menganalisis, dan berbagi data dalam bentuk digital, digunakan teknologi seperti internet, komputasi awan, dan big data.

Keterbatasan Ekonomi Digital

Keterbatasan ekonomi digital dibahas sebagai berikut:

  • Keamanan dunia maya: Peningkatan eksponensial dalam ancaman dunia maya telah dilaporkan dalam beberapa tahun terakhir karena meningkatnya digitalisasi dalam perekonomian. Kecuali jika keamanan siber berhasil dilawan, tidak akan mudah untuk mengembangkan lingkungan yang aman dan tepercaya yang kondusif bagi pertumbuhan bisnis.
  • Gangguan di pasar tenaga kerja: Meskipun diasumsikan menciptakan peluang kerja baru, ada juga risiko yang terkait dengan kecepatan perubahan pasar tenaga kerja dan penghancuran pekerjaan dasar. Karena semuanya akan didigitalkan dan diotomatisasi, proses yang melibatkan tenaga kerja dan pekerjaan manual akan dihindari dan digantikan oleh pekerjaan yang berorientasi pada teknologi, yang akan mengakibatkan hilangnya pekerjaan dan juga dapat memperlebar ketimpangan pendapatan.
  • Persyaratan infrastruktur yang kuat: Membutuhkan infrastruktur yang kuat terkait industri internet, telekomunikasi, dan seluler. Untuk pengembangan industri seperti itu, diperlukan investasi besar, untuk menghubungkan semua kota, kota kecil dan desa.

Dengan munculnya ekonomi digital, konsumen bisa mendapatkan akses informasi yang mudah dan cepat, berkat digitalisasi konten. Selain itu, berbagi informasi dengan teman dan kenalan mereka sekarang hanya dengan sekali klik.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Analisis Rantai Nilai

Mon Dec 6 , 2021
Analisis Rantai Nilai