Pengertian Potensi Pasar

Pengertian Potensi Pasar

mgt-logistik.com – Pengertian Potensi Pasar – Potensi pasar adalah penilaian pendapatan penjualan dari semua saluran pemasok di pasar. Potensi pasar adalah populasi yang tertarik pada produk/layanan yang sedang dibuat atau ditawarkan oleh suatu perusahaan. Dengan kata lain, potensi pasar adalah potensi kemampuan menghasilkan uang dari suatu perusahaan jika mengkapitalisasi semua keuntungan dan semuanya berjalan sesuai keinginan. Biasanya diukur dalam unit penjualan/volume penjualan atau pendapatan potensial.

Pentingnya Potensi Pasar

Sangat penting bagi sebuah bisnis baru untuk mengetahui dan menentukan potensi pasar dari produk atau layanan yang ditawarkan. Jika potensi pasar sangat rendah maka tidak ada gunanya menghabiskan banyak uang untuk produk tersebut. Salah satu aspek terpenting dari potensi pasar adalah jumlah bisnis yang dapat dihasilkan suatu produk di masa depan dibandingkan dengan saat ini. Perusahaan juga dapat mengevaluasi pangsa pasar perusahaan di pasar.

Pertanyaan yang paling relevan adalah target pasar yang tumbuh untuk penawaran tersebut. Potensi pasar membantu perencanaan bisnis yang lebih baik dan meluncurkan produk dan layanan mereka dengan persiapan yang lebih baik. Bergantung pada potensi pasar secara keseluruhan, perusahaan dapat mengidentifikasi potensi penjualan, atau jumlah penjualan yang akan mereka lakukan di pasar yang teridentifikasi itu.

Penentuan Potensi Pasar

Ini adalah bagian dari total populasi, di mana potensi pasar adalah populasi, yang semuanya dapat menjadi konsumen potensial dari produk atau layanan. Potensi pasar adalah populasi maksimum yang akan tertarik pada produk / layanan, dan memberikan wawasan yang baik tentang kemungkinan pertumbuhan juga.

Potensi pasar total dapat dihitung dalam satuan atau uang.

Faktor untuk menghitung Potensi Pasar

Ada berbagai faktor yang penting untuk mengetahui potensi pasar yang sebenarnya:

1. Total Size of the Market (Ukuran Total Pasar)

Ini berarti nilai total pelanggan atau klien untuk penawaran tertentu. Semakin tinggi angkanya semakin baik.

2. Return of Investment (Pengembalian Investasi)

Ini berarti apakah pasar menguntungkan untuk diinvestasikan? Pasar yang akan memberikan pengembalian yang baik atas biaya yang dikeluarkan hanya akan menghasilkan bisnis yang baik hari ini maupun di masa depan.

3. Growth Rate of the Market (Tingkat Pertumbuhan Pasar)

Target pasar mungkin bagus hari ini dalam hal ukuran dan ROI tetapi apakah akan meningkat juga di masa depan? Oleh karena itu tingkat pertumbuhan dan tren sangat penting untuk menentukan potensi pasar

4. Category Competition (Kompetisi Kategori)

Berapa banyak dan seberapa besar pesaing untuk produk/layanan kita? Persaingan akan menentukan potensi pasar. Semakin banyak jumlah pesaing, semakin sedikit bagian yang dapat diambil oleh perusahaan baru.

5. Entry Barriers (Hambatan Masuk)

Apakah ada hambatan nyata untuk masuk ke pasar yang ada? Misalnya biaya lisensi yang sangat tinggi dapat menjadi masalah. Biaya operasional atau penyiapan yang besar juga dapat menjadi hambatan masuk.

6. Political Environment (Lingkungan Politik)

Di pasar internasional, lingkungan politik merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan potensi pasar.

7. Internal Environment (Lingkungan Internal)

Secara keseluruhan potensi pasar mungkin sangat bagus tetapi muncul pertanyaan apakah kita cukup kuat untuk bersaing di pasar dengan penawaran, biaya, persaingan yang sesuai.

Contoh Potensi Pasar

Misalnya kita ingin mengetahui potensi pasar dari tablet PC yang harus diluncurkan pada satu wilayah geografis. Itu akan tergantung pada berapa banyak individu yang paham teknologi yang ada di wilayah tersebut.Akan bergantung juga dengan jumlah populasi keseluruhan wilayah itu. Faktor lainnya adalah tablet PC sudah tersedia di pasar melalui pesaing yang ada.

Fitur-fitur dari tablet PC akan sangat penting dalam menentukan potensi pasar. Akhirnya berdasarkan beberapa faktor, dapat ditentukan misalnya bahwa 1.000 tablet PC yang akan dijual dalam setahun, akan mendapatkan  Rp. 10.000.000.000 dengan harga setiap tablet adalah Rp 10.000.000

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jenis Strategi Penetapan Harga

Thu Sep 16 , 2021
mgt-logistik.com – Jenis Strategi Penetapan Harga – Terdapat dua pendekatan dalam penetapan harga suatu produk yaitu penetapan harga berbasis pasar dan berbasis biaya. Dalam penetapan berbasis pasar, perusahaan akan lebih mempertimbangkan faktor pasar (konsumen dan pesaing) dalam penetapan harga. Sedangkan penetapan harga berbasis biaya, menempatkan biaya produksi menjadi pertimbangan utama […]