Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar

mgt-logistik.com – Pengertian Segmentasi Pasar – Segmentasi Pasar adalah salah satu strategi dalam bisnis dengan melakukan identifikasi dan pengelompokan pasar sejenis yang besar menjadi segmen berdasarkan kesamaan, kemiripan, minat serta kebutuhan konsumen. Tujuan dilakukannya segmentasi pasar adalah untuk merancang suatu bauran pemasaran yang tepat sesuai dengan konsumen yang menjadi sasaran pada segmen yang ditentukan perusahaan.

Segmentasi pasar saat ini merupakan salah satu metode yang efisien dilakukan oleh tenaga pemasar dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang manjadi target dari produk yang ditawarkan perusahaan. Para tenaga pemasaran ini juga dapat lebih mudah memfokuskan kampanye produk kepada konsumen yang dituju dengan efektif.

Menentukan Segmentasi Pasar

Terdapat beberapa tahapan yang dapat dilakukan dalam menentukan segmentasi pasar, antara lain:

  1. Melakukan riset awal – Mengenali konsumen yang menjadi target produk Anda. Misalnya dengan memberikan beberapa pertanyaan terbuka.
  2. Tetapkan cara pengelompokan segmen yang dipilih – menentukan kriteria mana yang ingin dilakukan untuk mengelompokkan segmen pasar Anda. Kriteria yang dapat dipilih adalah berdasarkan :
    • Demografis. Segmentasi demografis adalah salah satu jenis segmentasi pasar yang paling sering digunakan. Kriteria ini mengacu pada data statistik tentang sekelompok orang seperti faktor usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, etnis dan lain sebagainya. Misalnya produk yang dijual adalah produk yang dijual hanya cocok untuk perempuan, sedangkan untuk laki-laki sudah berbeda. Atau misalnya produk yang hanya dikhususkan kepada usia remaja saja, sehingga perusahan harus melakukan segmentasi demografi ini agar tidak salah sasaran.
    • Psikografis. Segmentasi psikografis mengkategorikan konsumen berdasarkan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepribadian dan karakteristik mereka seperti nilai-nilai (values), minat, status, prioritas, motivasi dan lain sebagainya. Misalnya untuk pemilik produsen mobil mewah, akan memilih untuk fokus pada konsumen yang menghargai nilai-nilai kualitas dan status.
    • Perilaku. Segmentasi perilaku berfokus pada bagaimana konsumen bertindak seperti bagaimana kebiasan membeli atau belanjanya, interaksi terhdap merek, status penggunaan dan sebagainya. (segmentasi demografis dan psikografis fokus kepada siapa konsumennya).
    • Geografis. Segmentasi geografis adalah melakukan kategori konsumen berdasarkan batas geografis seperti provinsi, kepulauan, desa, kota dan sebagainya.
  3. Rancang studi Anda – Mengajukan pertanyaaan berdasarkan demografis, psikografis, perilaku, atau geografis. Pastikan untuk membuat pertanyaan yang dapat terukur tingkat keberhasilannya.
  4. Tetapkan segmen pasar Anda – Melakukan analisa terhadap jawaban dari konsumen, baik dengan cara manual maupun dengan menggunakan statistik untuk menetapkan segmen pasar Anda.
  5. Uji dan Ulangi – Evaluasi segmen yang telah dipilih, sesuai dengan yang diterapkan atau tidak.  Jika belum pas, dapat dilakukan kegiatan segmentasi dengan kriteria yang lain.

Jika sudah dapat menentukan segmentasi yang tepat, maka perusahan dapat melakukan strategi pemasaran yang jauh lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Empat Fungsi Manajemen

Fri Jul 30 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Empat Fungsi Manajemen – Bagaimana sebuah organisasi menggerakkan seluruh karyawannya untuk mencapai tujuannya? Siapa yang bertanggung jawab untuk mengarahkan karyawan ke arah yang benar saat mereka mengejar tujuan tersebut? Jawabannya adalah : Manajemen Pemimpin atau leader di organisasi adalah mereka yang tidak hanya menentukan garis akhir tetapi […]