Pengertian Strategi Bisnis

mgt-logistik – Pengertian Strategi Bisnis – Strategi bisnis dapat dipahami sebagai tindakan atau serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan bisnis tertentu. Merupakan rencana induk yang diterapkan manajemen perusahaan untuk mengamankan posisi kompetitifnya di pasar, menjalankan operasinya, memberikan kepuasan kepada pelanggan serta dapat mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Dalam bisnis, hal ini merupakan sketsa jangka panjang dari citra, arah, dan tujuan organisasi yang diinginkan. Ini adalah skema niat dan tindakan perusahaan, yang direncanakan dengan hati-hati dan dirancang secara fleksibel dengan tujuan:

  • Mencapai efektivitas,
  • Melihat dan memanfaatkan peluang,
  • Memobilisasi sumber daya,
  • Mengamankan posisi yang menguntungkan,
  • Memenuhi tantangan dan ancaman,
  • Mengarahkan usaha dan perilaku dan
  • Mendapatkan komando atas situasi.

Strategi bisnis adalah serangkaian kegiatan atau tindakan yang kompetitif, yang digunakan dalam bisnis untuk mendapatkan pelanggan, bersaing dengan sukses, memperkuat kinerja perusahaan, serta mencapai tujuan organisasi. Ini menggambarkan bagaimana sebuah bisnis harus dijalankan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Strategi bisnis melengkapi manajemen puncak dengan kerangka kerja terpadu, untuk menemukan, menganalisis dan memanfaatkan peluang yang menguntungkan, untuk merasakan dan memenuhi potensi ancaman, untuk memanfaatkan sumber daya dan kekuatan secara optimal, untuk mengimbangi kelemahan.

Tingkat Strategi Bisnis

  • Strategi tingkat korporat: Strategi tingkat korporat adalah rencana jangka panjang, berorientasi pada tindakan, terpadu, dan komprehensif yang dirumuskan oleh manajemen puncak. Ini digunakan untuk memastikan lini bisnis, ekspansi dan pertumbuhan, pengambilalihan dan merger, diversifikasi, integrasi, area baru untuk investasi dan divestasi dan sebagainya.
  • Strategi tingkat bisnis: Strategi yang berhubungan dengan bisnis tertentu dikenal sebagai strategi tingkat bisnis. Ini dikembangkan oleh manajer umum, yang mengubah misi dan visi menjadi strategi konkret. Ini seperti cetak biru dari seluruh bisnis.
  • Strategi tingkat fungsional: Dikembangkan oleh manajer atau penyelia lini pertama, strategi tingkat fungsional melibatkan pengambilan keputusan di tingkat operasional mengenai area fungsional tertentu seperti pemasaran, produksi, sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan, keuangan, dan sebagainya.

Dalam bisnis, selalu ada kebutuhan untuk beberapa strategi di berbagai tingkatan karena strategi tunggal saja kurang tepat. Oleh karena itu, struktur bisnis yang khas selalu memiliki tiga tingkatan.

Sifat Strategi Bisnis

Strategi bisnis adalah kombinasi tindakan proaktif dari pihak manajemen, dengan tujuan untuk meningkatkan posisi pasar perusahaan dan kinerja keseluruhan serta reaksi terhadap perkembangan tak terduga dan kondisi pasar baru.

Bagian maksimal dari strategi perusahaan saat ini adalah hasil dari tindakan dan pendekatan bisnis yang telah dimulai sebelumnya, tetapi ketika kondisi pasar mengambil giliran yang tidak terduga, perusahaan memerlukan reaksi strategis untuk mengatasi kontinjensi. Oleh karena itu, untuk perkembangan yang tidak terduga, bagian dari strategi bisnis dirumuskan sebagai respons yang beralasan.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Pengertian Audit Pemasaran

Mon Apr 4 , 2022
mgt-logistik – Pengertian Audit Pemasaran – Pengertian audit pemasaran mengacu pada analisis, evaluasi, dan interpretasi yang komprehensif, sistematis, dan interpretasi lingkungan pemasaran bisnis, baik internal maupun eksternal, tujuan, sasaran, strategi, prinsipnya untuk memastikan area masalah dan peluang dan untuk merekomendasikan rencana tindakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan. Audit pemasaran umumnya […]