Pengertian Strategi Pengembangan Pasar

mgt-logistik.com – Pengertian Strategi Pengembangan Pasar – Pengembangan pasar (market development) merupakan langkah strategis yang dilakukan perusahaan untuk mengembangkan pasar yang sudah ada daripada mencari pasar baru. Perusahaan mencari pembeli baru untuk memasarkan produk ke segmen konsumen yang berbeda dalam upaya meningkatkan penjualan.

Pengembangan Pasar ini dimulai dengan riset pasar di mana perusahaan melakukan analisis segmentasi dan segmen pasar yang layak dijangkau. Ini adalah upaya untuk menggunakan produk atau layanan yang ada untuk menarik konsumen baru. Tujuannya adalah untuk memperluas jangkauan atau memasuki segmen yang berbeda atau pasar yang belum dijelajahi. Segmen didefinisikan sebagai sub-kelompok kecil dari populasi yang lebih besar. Misalnya, tim pemasaran perusahaan dapat membagi pasar berdasarkan geografi, demografi serta tingkat pendapatan, dan lain-lain. Setelah perusahaan memutuskan segmen mana yang akan dipilih, langkah pengembangan pasar selanjutnya adalah membuat strategi promosi untuk masuk ke pasar. Untuk itu, perusahaan mungkin harus mengambil dukungan media audio dan visual untuk mendorong produk lebih dalam ke pasar.

Aspek lain adalah harga produk. Jika ada pesaing di pasar, Anda mungkin harus menetapkan harga produk yang sesuai atau mengeluarkan produk yang termasuk dalam segmen yang sama tetapi berbeda dalam fitur, kualitas, dan lain-lain untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi. Untuk mengatasi persaingan, tim pemasaran dapat melihat harga penetrasi di mana Anda dapat secara agresif memberi harga produk di bawah produk pesaing untuk mendapatkan pangsa pasar. Tantangan utama yang dihadapi oleh perusahaan, yang ingin menikmati pengembangan pasar, adalah bahwa itu adalah urusan yang mahal. Dibutuhkan investasi modal yang besar untuk menjaga proyek tetap berjalan.

Salah satu contoh yang menggunakan strategi pengembangan pasar adalah Facebook. Facebook dimulai sebagai platform kecil untuk mahasiswa di mana mereka dapat berbagi foto. Saat ini, Facebook sebagai platform media sosial terbesar di dunia, dan platform tersebut masih terus berkembang dan memasuki pasar yang lebih baru. Facebook menawarkan banyak fitur profesional secara gratis untuk menjaga kepentingan pengguna. Selama orang tetap berada di platform, perusahaan menghasilkan uang dengan menjalankan iklan. Platform terus berkembang dengan produk yang ada.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Istilah Pasar Sasaran

Fri Oct 1 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Istilah Pasar Sasaran – Pasar sasaran (target market) adalah konsumen akhir dimana perusahaan ingin menjual produknya. Pemasaran sasaran (target marketing) membagi pasar menjadi berbagai segmen dan merencanakan strategi pemasaran yang sesuai di setiap segmennya untuk meningkatkan pangsa pasar. Secara sederhana, tidak semua produk dapat dikonsumsi oleh semua […]