Pentingnya Kemasan Produk terhadap Merek

Pentingnya Kemasan Produk terhadap Merek

mgt-logistik.com – Pentingnya Kemasan Produk terhadap Merek – Pernahkah Anda membeli produk karena kemasannya menarik? Anda tidak sendirian, karena memang cukup banyak konsumen membeli suatu produk pertama kali karena tampilan kemasan yang menarik. Dari kemasan yang menarik, dapat membuat persepsi positif konsumen terhadap produk tersebut.

Secara umum, yang dimaksud dengan kemasan adalah bagian terluar yang membungkus suatu produk. Penggunaaan kemasan bertujuan untuk melindungi produk dari benturan, guncangan ataupun kondisi cuaca yang dapat merusak produk tersebut. Jadi, setiap bentuk barang yang membungkus suatu benda di dalamnya dapat disebut sebagai kemasan sejauh hal tersebut bertujuan melindungi isinya.

Untuk memberikan kesan dan pandangan terhadap isi produk tersebut, kemasan yang digunakan biasanya dibentuk sedemikian rupa, sehingga pesan yang disampaikan pembuat produk dapat diterima oleh konsumen dengan baik.

Fungsi Kemasan

1. Meningkatkan identitas merek dan minat pelanggan

Memiliki desain merek yang menarik memberikan produk tampak unggul saat dibandingkan dengan produk kompetitor. Dengan deminikian konsumen lebih mau memilih produk Anda. Kemasan yang dibuat juga memberikan informasi yang diperlukan tentang perusahaan, seperti nama produk/ merek, kandungan produk, masa berlaku, hinghga informasi kontak. Dengan memberikan informasi yang lengkap, membantu konsumen menerima pesan dari perusahan dengan baik dan jelas.

2. Membantu menentukan identitas merek

Kemasan yang baik harus dapat menjelaskan merek yang dimiliki kepada konsumen. Misalnya, jika produknya adalah produk organik dan alami, maka sebaiknya kemasan juga menggunakan bahan-bahan yang alami dan ramah lingkungan agar tetap sejalan dengan identitas produk yang ditampilkan. Dengan menunjukkan produk dan kemasan yang identik atau memiliki ciri khas tersebut, diharapkan konsumen dapat mudah mengingatnya dan loyal.

3. Melindungi produk

Menariknya kemasan tidak melupakan salah satu fungsi utamanya yaitu untuk melindungi produk. Melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, benturan atau mikroba yang dapat menurunkan mutu dan kualitas produk. Perlu mengenali dengan baik sifat produk yang dimilki agar dapat memilih bahan dan kualitas kemasan yang tepat.

4. Meningkatkan efisiensi

Kemasan produk juga harus dapat meningkatkan efisiensi dalam memudahkan pengiriman dan penyimpanannya. Selain itu juga memudahkan dalam penghitungan produk, misalnya satu kemasan berisi 10 buah, 1 lusin, 1 pak dan sebagainya.

Jenis Kemasan

1. Kemasan Berdasarkan Struktur Isi

Kemasan Primer. Bahan kemasan yang langsung mewadahi produk seperti botol minuman, kaleng minuman, kotak makanan dan lain-lain.

Kemasan Sekunder. Bahan kemasan yang memiliki fungsi melindungi kemasan lainnya seperti kotak kayu untuk tempat buah-buahan yang dibungkus, kotak karton untuk wadah minuman botol dan sebagainya.

Kemasan Tersier. Bahan kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman dan identifikasi produk. Biasanya digunakan untuk melindungi selama pengiriman.

2. Kemasan Berdasarkan Tingkat Kesiapan Pakai

Kemasan Siap Pakai. Bahan kemasan yang siap untuk diisi dengan bentuk yang telah sempurna sejak keluar dari pabrik, misalnya wadah kaleng, wadah botol dan sebagainya.

Kemasan Siap Rakit. Bahan kemasan yang masih memerlukan tahap perakitan sebelum pengisian, misalnya kaleng dalam bentuk lempengan, wadah yang terbuat dari plastik, kertas atau foil.

3. Kemasan Berdasarkan Frekuensi Pemakaian

Kemasan Sekali Pakai (Disposable), Kemasan ini adalah kemasan yang langsung dibuang setelah sekali pakai. Misalnya bungkus permen, karton dus, makanan kaleng dan sebagainya.

Kemasan Dipakai Berulang Kali (Multi Trip). Kemasan yang umumnya tidak dibuang oleh konsumen, tetapi dikembalikan lagi kepdaa agen penjual untuk dipakai ulang oleh pabrik. Misalnya gallon minuman air mineral, botol saus/kecap dan sebagainya.

Kemasan yang Tidak Dibuang (Semi Disposable). Kemasan ini biasanya digunakan oleh konsumen untuk keperluan lain. Misalnya botol minuman, kaleng kue dan sebagainya.

Dengan memperhatikan poin-poin diatas, maka pentingnya kemasan produk terhadap merek perlu diperhatikan dengan baik karena keduanya saling mendukung.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips Memasarkan Produk Makanan

Mon Jun 28 , 2021
mgt-logistik.com – Tips Memasarkan Produk Makanan – Bisnis kuliner adalah salah satu bisni yang tidak pernah sepi peminatnya. Bisnis ini dapat dilakukan dari skala yang sederhana seperti dari rumah ataupun menyewa tempat khusus dan membuat rumah makan. Walau terlihat mudah dalam pembuatannya, namun perlu langkah-langkah yang tepat dalam memasarkannya agar […]