Perbandingan Modern Trade dengan General Trade

Perbandingan Modern Trade dengan General Trade

mgt-logistik.com РPerbandingan Modern Trade dengan General Trade РSaluran distribusi adalah jalur yang digunakan produsen untuk menyalurkan dan memindahkan  kepemilikan produknya kepada konsumen yang dituju. Saluran distribusi yang dikelola dengan baik sangat memberikan keuntungan perusahaan dalam menyalurkan produk yang dimiliki. Dengan saluran distribusi yang dimiliki, produsen dapat melakukan riset pemasaran untuk mengetahui berbagai informasi mengenai konsumen, pesaing dan kekuatan lainnya.

Modern Trade

Saluran distribusi yang termasuk dalam modern trade adalah minimarket, supermarket dan hypermarket. Contoh yang termasuk dalam modern trade adalah Indomaret, Alfamart, Superindo, dan lain sebagainya.

Dari segi pengelolaannya yang dilakukan secara modern, modern trade mengutamakan kenyamanan konsumen yang berbelanja. Memiliki modal yang besar, manajemen dalam satu pengelolaan dan dilengkapi dengan label harga yang pasti. Keunggulan lainnya adalah lingkungan yang bersih dan nyaman serta jam buka operasional yang terjadwal dan lebih panjang. Untuk pembayaran juga memiliki sitem yang cukup variatif seperti bisa dilakukan dengan tunai, debit, kartu kredit, voucher dan lain sebagainya. Tidak adanya tawar menawar adalah salah satu kekurangan dalam modern trade. Proses dalam berbelanja dilakukan secara sendiri dan tidak terdapat interaksi sosial.

General Trade

General trade lebih dikenal dengan pasar umum atau tradisional. Tempat bertemunya pembeli dan penjual yang tidak hanya menjadi tempat jual beli saja, namun juga menjadi tempat interaksi sosial dan pengembangan ekonomi dalam masyarakat. Biasanya general trade dimiliki dan dikelola oleh pedagang kecil dan menengah. Selain itu yang menjadi salah satu ciri khasnya adalah dapat dilihat dari proses jual belinya yang dapat melalui tahapan tawar menawar harga produk.

Pasar tradisional memiliki umumnya memiliki keunggulan dari tempat yang strategis karena berada dekat dengan pemukiman penduduk. Keberagaman priduk yang dijual juga menjadi ciri khas dari pasar tradisonal ini. Sedangkan kekurangan yang terdapat pada general trade adalah identik dengan kurang bersih, kumuh dan kurang teratur. Namun hal ini sudah mulai berangsur-angsur diperbaiki, dimana sekarang terdapat pasar tradisional yang bersih, yang makin dikelola dengan baik.

Memilih Jalur Distribusi yang Tepat

Bagi perusahaan produsen produk, sangat penting menentukan saluran distribusi yang tapat antara modern trade dengan general trade. Terdapat beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam memilih salauran distribsui tersebut diantaranya dari sisi anggaran yang dimiliki, kondisi produk, target pasar yang dituju dan sumber daya yang dimiliki.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Sales Force Automation

Fri Sep 3 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Sales Force Automation – Sales Force Automation (SFA) adalah sistem yang dapat melakukan secara otomatis kegiatan bisnis seperti proses penjualan (sales), melacak interaksi dengan konsumen serta menganalisis prakiraan dan kinerja penjualan. Tujuan Penggunaan SFA Tujuan penggunaan SFA adalah membantu sales force dalam melaksanakan tugas yang rutin menjadi […]