Perencanaan Media

Perencanaan Media

mgt-logistik – Perencanaan Media – Perencanaan Media dapat didefinisikan sebagai proses sistematis untuk memutuskan suatu tindakan berkaitan dengan waktu, media, dan ruang periklanan yang dipilih untuk mencapai tujuan pemasaran. Dalam hal ini, pemasar memastikan kapan, di mana, bagaimana, dan seberapa sering iklan akan ditayangkan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan laba atas investasi.

Perencanaan Media melibatkan penyusunan strategi, pembelian dan penempatan iklan, dengan memutuskan set media yang tepat, untuk mencapai tujuan pemasaran. Ini menjawab pertanyaan seperti:

  • Berapa banyak orang yang akan dijangkau melalui berbagai media?
  • Manakah media terbaik untuk memasang iklan?
  • Berapa frekuensi untuk menampilkan iklan?
  • Media apa yang akan ditayangkan melalui berbagai saluran?
  • Di mana iklan akan muncul?
  • Kapan waktu yang tepat untuk memasang iklan?
  • Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk berbagai media?

Rencana media yang ideal adalah yang menggunakan rencana terpadu untuk menjangkau berbagai kelompok pelanggan, melalui saluran yang berbeda dan juga dalam batas anggaran pemasar. Jadi, seorang perencana media harus mempertimbangkan semua faktor ini untuk mengembangkan rencana media yang efektif.

Apa itu Rencana Media?
Rencana media adalah kombinasi dari berbagai aktivitas yang dilakukan untuk mengidentifikasi dan memilih kriteria yang tepat untuk menyampaikan pesan iklan kepada kelompok pelanggan yang ditargetkan, yang secara tepat sesuai dengan anggaran klien dan persyaratan lainnya.

Siapa Perencana Media?
Perencana media adalah orang yang dipekerjakan oleh perusahaan periklanan untuk menilai jalan media yang berbeda dan mengembangkan kampanye iklan untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek klien.

Perencana media memastikan sifat penawaran perusahaan, jenis konsumen yang akan ditargetkan dan anggaran keseluruhan kampanye promosi. Atas dasar informasi ini berbagai media dipilih dalam upaya untuk mendapatkan respons pelanggan yang maksimal.

Apa itu Kendaraan Media?
Kendaraan media adalah pembawa pesan utama dalam berbagai bentuk media seperti radio, televisi, koran dan lainnya.

Apa itu Media Campuran?
Media Campuran mengacu pada kombinasi berbagai media yang digunakan dalam iklan.

Apa itu Jangkauan?
Jangkauan menentukan jumlah pasti individu yang terpapar iklan, yaitu yang telah melihat iklan setidaknya sekali dalam periode tertentu.

Apa itu Frekuensi?
Frekuensi menentukan berapa kali iklan dijalankan pada kendaraan media.

Proses Perencanaan Media

Langkah-langkah yang terlibat dalam proses perencanaan media dibahas sebagai berikut:

  1. Analisis Pasar: Analisis Pasar terutama dilakukan untuk mengetahui audiens sasaran, berkenaan dengan usia, jenis kelamin, pendidikan pendapatan, pekerjaan, dan lain-lain. Analisis ini akan membantu dalam mengantisipasi biaya dan menyelesaikan media yang sesuai untuk iklan.
  2. Menyiapkan Tujuan Media: Sebelum menetapkan tujuan media, pemasar harus menentukan tujuan seperti frekuensi, sirkulasi pesan, jangkauan pelanggan, anggaran, dan penetrasi.
  3. Pengembangan Strategi Media: Ini adalah tahap perencanaan, perencana media harus membuat keputusan sehubungan dengan kombinasi media terbaik yang dapat digunakan untuk menjangkau khalayak yang diinginkan, baik itu internet, televisi, radio, surat kabar, majalah, billboard dan sebagainya. Keputusan harus dibuat dengan mengingat jangkauan, frekuensi, keterlibatan pelanggan, dan biaya.
  4. Implementasi Media Plan: Ketika perencanaan media sudah siap, maka terjadi proses pembelian media, di mana slot tertentu dibeli di wahana media yang dipilih.
  5. Evaluasi dan Tindak Lanjut: Setelah rencana dijalankan, langkah selanjutnya adalah mengamati respons keseluruhan dari audiens sasaran. Hal ini membutuhkan tindak lanjut dan evaluasi hasil. Perencana media harus melihat apakah rencana media berjalan sesuai dan menunjukkan hasil yang diinginkan, atau tidak.

Memilih kombinasi media yang terbaik tidak hanya penting untuk menjangkau kelompok pelanggan sasaran yang dituju, tetapi juga membantu dalam memastikan pemanfaatan yang optimal dari pengeluaran promosi.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Niche Market

Wed Jan 12 , 2022
Mengenal Niche Market