6
Apr

Rumus ROE dan Manfaatnya Yang Wajib Anda Ketahui Sebagai Investor

Rumus ROE atau Return on Equity Ratio merupakan sebuah rasio profitabilitas yang memiliki fungsi untuk mengukur kemampuan sebuah perusahaan dalam menghasilkan laba dari investasi pemegang saham dalam lingkup perusahaan tersebut.

Hitungan labanya berdasarkan pada modal saham, aset dan juga pada tingkat penjualan dari perusahaan yang berkaitan.

Setiap investor ekuitas, laba adalah salah satu faktor penentu perubahan nilai efek atau sekuritas. Sebelum melakukan investasi di suatu perusahaan, para investor juga selalu yakin pada hasil perhitungan dari ROE.

Semakin tinggi nilai ROE , semakin tinggi pula nilai perusahaan. hal ini juga yang menarik perhatian para investor untuk menanamkan modalnya di perusahaan tersebut.

Artinya seberapa banyak keuntungan yang dihasilkan (dalam persentase persen) oleh perusahaan dari setiap satu rupiah yang diinvestasikan oleh para pemegang saham akan terlihat dari ROE.

rumus roe

Rasio Profitabilitas

Rumus ROE

Bagi para calon investor, ROE merupakan pengukuran yang sangat penting. Oleh sebab itu, setiap calon investor wajib memahami arti dan rumus ROE.

Cara menghitung ROE adalah dengan membagi laba bersih dengan ekuitas pemegang saham. Apabila dituliskan, maka rumus ROE adalah sebagai berikut;

ROE = Laba bersih setelah Pajak / Ekuitas Pemegang Saham

Manfaat Rumus ROE

ROE merupakan sebuah ilmu yang patut dimengerti dan dikuasai oleh para calon pemegang saham atau investor. Selain berfungsi untuk mendapatkan hasil dari membagi laba bersih dengan ekuitas pemegang saham, ROE memiliki manfaat lain, seperti;

  1. Mengetahui seberapa efisien sebuah perusahaan dalam menggunakan uang yang didapat dari hasil investasi sang investor. Hal ini penting karena, salah satu pokok penting dari hasil akhir ROE adalah untuk mengetahui hasil laba bersih.
  2. ROE dapat dijadikan sebagai indicator dalam menilai efektifitas sebuah manajemen yang diterapkan untuk  melakukan pembiayaan ekuitas atau menumbuhkan kemajuan perusahaannya.
  3. ROE juga bisa digunakan untuk membandingkan perubahan pada pengembalian ekuitas antara periode satu dengan periode lainnya. Hasil ROE ini bisa dijadikan acuan untuk tahap atau langkah yang harus dilakukan seorang investor dalam hubungan kerja sama menginvestasikan barang berharga mereka pada suatu perusahaan.

Return on Equity (REO) sangat penting untuk diketahui oleh investor, karena dengan mengetahui hasil akhir dari REO ini dapat menjadikan tolak ukur apakah Anda layak mempertahankan perusahaan tersebut atau tidak.

Artinya dari hasil perhitungan rumus ROE dapat dilihat bagaimana perkembangan dan kemampuan suatu perusahaan dalam mempertahankan pendapatan yang positif.

 

Baca Juga: FMCG adalah Bisnis yang bertumbuh di Indonesia