SMART Goals – Metode Tepat Menetapkan Terget

SMART Goals – Metode Tepat Menetapkan Terget

mgt-logistik.com – SMART Goals – Metode Tepat Menetapkan Terget – Goals atau tujuan adalah bagian penting dari setiap aspek kehidupan maupun bisnsi yang memberikan arah, motivasi, fokus yang jelas, dan memperjelas kepentingan. Dengan menetapkan tujuan, akan  memberi diri target untuk dituju. Tujuan SMART digunakan untuk membantu memandu penetapan tujuan tersebut. SMART adalah singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Timely. Oleh karena itu, tujuan SMART menggabungkan semua kriteria ini untuk membantu memfokuskan upaya dan meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan yang telah dibuat.

Metode SMART Goals adalah:

SPESIFIC(Spesifik): Didefinisikan dengan baik, jelas, dan tidak ambigu

Tujuan yang spesifik memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk dicapai. Untuk membuat tujuan spesifik, lima pertanyaan “W” harus dipertimbangkan:

  1. Who : Siapa yang terlibat dalam tujuan ini?
  2. What : Apa yang ingin di capai?
  3. Where : Kemana tujuan yang ingin dicapai?
  4. When : Kapan ingin mencapai tujuan tersebut?
  5. Why : Mengapa ingin mencapai tujuan tersebut?

Misalnya, tujuan umum adalah “Saya ingin terlihat lebih bugar.” Tujuan yang lebih spesifik adalah “Saya ingin mendapatkan keanggotaan gym yang dekat dari rumah dan berolahraga empat hari seminggu agar lebih sehat.”

MEASURABLE(Terukur) : Dengan kriteria khusus yang mengukur kemajuan yang telah dicapai dalam menuju pencapaian tujuan.

Metode SMART Goals harus memiliki kriteria untuk mengukur kemajuan. Jika tidak ada kriteria, tidak akan dapat menentukan kemajuan dan apakah arah yang dituju sudah tepat atau belum Untuk membuat tujuan terukur, dapat ditanyakan beberapa hal berikut:

  1. Berapa banyak?
  2. Bagaimana dapat diketahui jika telah mencapai tujuan yang ditetapkan?
  3. Apa indikator kemajuan yang dicapai?

Misalnya, membangun tujuan spesifik di atas: Saya ingin mendapatkan keanggotaan yang dekat dari rumah dan berolahraga empat hari seminggu agar lebih sehat. Setiap minggu, bertujuan untuk mengurangi  500 gr berat tubuh.

ACHIEVABLE (Dapat dicapai) : Dapat dijangkau atau sesuatu yang bukan tidak mungkin untuk dicapai

Metode SMART Goals harus dapat dicapai dan diwujudkan. Ini akan membantu dalam menemukan cara untuk mewujudkan tujuan dan bekerja ke arah tersebut. Pencapaian tujuan harus diperluas untuk membuat Anda merasa tertantang, tetapi didefinisikan dengan cukup baik sehingga Anda benar-benar dapat mencapainya. Bertanya pada diri sendiri seperti :

  1. Apakah saya memiliki sumber daya dan kemampuan untuk mencapai tujuan? Jika tidak, apa yang saya lewatkan?
  2. Apakah orang lain telah berhasil melakukannya sebelumnya?

REALISTIC (Realistis) : Dalam jangkauan, realistis, dan relevan dengan tujuan Anda

Metode SMART Goals harus realistis karena tujuan dapat dicapai secara realistis dengan sumber daya dan waktu yang tersedia. Sasaran SMART kemungkinan besar realistis jika Anda yakin itu dapat dicapai. Bertanya pada diri sendiri:

  1. Apakah tujuannya realistis dan dalam jangkauan?
  2. Apakah tujuan dapat dicapai, mengingat waktu dan sumber daya?
  3. Apakah Anda mampu berkomitmen untuk mencapai tujuan?

TIMELY (Tepat waktu): Dengan garis waktu yang jelas, termasuk tanggal mulai dan tanggal target. Tujuannya adalah untuk menciptakan urgensi.

Metode SMART Goals harus terikat waktu karena memiliki tanggal mulai dan selesai. Jika tujuannya tidak dibatasi waktu, tidak akan ada rasa urgensi dan, oleh karena itu, kurang motivasi untuk mencapai tujuan. Bertanya pada diri sendiri:

  1. Apakah tujuan saya memiliki tenggat waktu?
  2. Kapan ingin mencapai tujuan Anda?

Misalnya, membangun tujuan di atas: Pada tanggal 1 Agustus, saya akan memperoleh keanggotaan gym yang dekat dari rumah. Agar lebih sehat, saya akan berolahraga empat hari seminggu. Setiap minggu, saya akan bertujuan untuk mengurangi 500 gr tubuh. Pada akhir Agustus, saya akan menyadari tujuan saya tercapai jika saya mampu mengurangi 2kg berat tubuh selama sebulan.

Pentingnya Penetapan Metode SMART Goals

Seringkali, individu atau bisnis akan menyiapkan diri untuk kegagalan dengan menetapkan tujuan umum dan tidak realistis seperti “Saya ingin menjadi yang terbaik di X.” Tujuan ini tidak jelas, tanpa arah.

Metode SMART Goals menyiapkan Anda untuk berhasil dengan membuat sasaran spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu. Metode SMART membantu mendorong Anda lebih jauh, memberi Anda arah, dan membantu Anda mengatur dan mencapai tujuan Anda.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pengertian Pengadaan

Sun Nov 28 , 2021
Pengertian Pengadaan