Strategi Push dan Pull dalam Pemasaran

Strategi Push dan Pull dalam Pemasaran

mgt-logistik.com – Strategi Push dan Pull dalam Pemasaran – Dalam pemasaran dibutuhkan kreatifitas dan pengetahuan yang tepat untuk memilih strategi apa yang dilakukan agar bisnis berjalan dengan berhasil. Terdapat dua pendekatan yang dapat dilakukan yang dikenal dengan strategi push dan pull dalam pemasaran. Apa saja yang dimaksud dengan kedua strategi tersebut, berikut penjelasannya.

Strategi Pemasaran Push

Strategi pemasaran push adalah strategi promosi yang dilakukan perusahaan dengan membawa produk kepada konsumen. Strateginya secara umum misalnya dengan menjual produk secara langsung kepada konsumen melalui showroom perusahaan. Bernegosisasi dengan pengecer untuk menjual produk atau mengatur titik penjualannya. Untuk tujuan tersebut, dalam meningkatkan visibilitas produk, pengecer juga dapat menerima penjualan khusus dalan bentuk pertukaran produk atau uang.

Saat menggunakan strategi pemasaran push, waktu yang diperlukan untuk menghasilkan penjualan seringkali lebih cepat. Hal ini karena produsen dapat menyampaikan produk kepada konsumen akhir yang lebih tepat. Namun demikian dibutuhkan tenaga penjualan yang aktif untuk bekerjasama dengan pengecer / distributor.

Strategi Pemasaran Pull

Strategi pemasaran pull adalah strategi pemasaran dengan membuat produk terlihat oleh calon konsumen. Sehingga mereka akan mendapatkan produk tersebut ketika mereka menyadari bahwa mereka berminat atau membutuhkan produk tersebut. Terdapat beberapa metode yang dapat diterapkan pada strategi pemasaran pull seperti membuat konten yang menarik sehingga membuat konsumen berminat pada produk Anda. Kegiatan pemasaran tersebut dapat berupa pembuatan situs web, optimisasi mesin telusur (SEO), pemasaran mesin telusur, pay per click (PPC), email pemasaran, social media marketing, program diskon dan lain sebagainya.

Strategi pemasaran pull ini efektif jika perusahaan memiliki reputasi merek produk yang baik dan  konsumen yang setia. Sebaliknya, jika konsumen tidak tahu akan produk Anda, maka calon konsumen tidak akan mau mendengarkan konten promosi yang Anda buat.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Potensi Sales Area

Thu Jul 15 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Potensi Sales Area – Perusahaan perlu mengenal potensi sales area agar dapat meningkatkan penjualannnya.  Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan cara mapping (pemetaan). Dengan pemetaan yang tepat akan didapatkan kondisi yang terkini di suatu wilayah yang ditentukan menjadi target penjualan, agar produk yang dipasarkan tepat […]