Syarat-Syarat Klaim Asuransi Mobil Agar Cepat Disetujui

Ingin klaim asuransi mobil cepat disetujui? Banyak orang yang tidak mengetahui dengan jelas syarat klaim asuransi mobil agar cepat disetujui. Bahkan tak jarang yang kurang memahami isi polis asuransi yang dimiliki. Hal ini mengakibatkan pemegang polis tidak mengetahui cakupan perlindungan dari polis yang dimiliki. Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui sebelum melakukan klaim.

Dua Jenis Asuransi Kendaraan

Pada umumnya asuransi kendaraan dibagi menjadi dua jenis yaitu, Allrisk dan TLO (Total Loss Only). Pembagian jenis dalam asuransi ini didasarkan pada cakupan perlindungan terhadap tertanggung. Sangatlah penting untuk mengetahui dengan jelas jenis asuransi yang digunakan. Pelajari dengan baik isi polis asuransi. Sebab, polis ini nantinya menjadi salah satu dokumen syarat klaim asuransi mobil.

Pada asuransi TLO, pihak asuransi hanya melindungi tertanggung dari resiko kerugian akibat kehilangan total. Artinya, klaim hanya bisa dilakukan jika terjadi kehilangan akibat pencurian, atau jika kendaraan mengalami kerusakan minimal 75%. Biasanya premi pada asuransi jenis ini lebih murah  jika dibandingkan dengan asuransi jenis all risk.

Adapun pada asuransi allrisk, selain melindungi tertanggung dari kehilangan total, juga melindungi dari risiko atas kerusakan mulai ringan hingga berat. Namun, perlu diketahui bahwa umumnya asuransi ini tidak menanggung kerusakan akibat kerusuhan. Sehingga jika ingin mendapatkan perlindungan ini, biasanya harus memberi manfaat tambahan/rider.

Batas Waktu Klaim

Sebelum mengupas tentang syarat klaim asuransi mobilagar cepat disetujui, perlu diketahui bahwa pengajuan klaim harus segera dilakukan jika terjadi risiko. Sebab, batas waktu pengajuan klaim pada tiap-tiap asuransi berbeda. Ada yang menetapkan batas maksimal pengajuan klaim adalah 72 jam setelah kejadian. Ada juga yang memberikan batas hingga 5 hari setelah kejadian.

Melaporkan, atau mengajukan klaim setelah melewati batas waktu pengajuan akan membuat klaim tidak disetujui. Jadi, selain melengkapi syarat klaim asuransi mobil, perlu diperhatikan juga batas waktu pengajuannya.

Syarat Klaim Asuransi Mobil yang Harus Dipenuhi

persyaratan klaim asuransi mobil

Pada dasarnya, syarat untuk mengajukan klaim asuransi mobil telah tercantum dalam polis. Pelajari polis asuransi sehingga dapat mempersiapkan syarat klaim asuransi mobilagar cepat disetujui. Ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan, tergantung pada klaim yang akan diajukan.

Berikut adalah dokumen yang harus disertakan sebagai syarat klaim asuransi mobil:

  1. Polis asuransi asli dan fotokopinya.
  2. Fotokopi SIM ( Surat Tanda Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).
  3. Kronologi kejadian secara tertulis.
  4. Foto bukti (jika kendaraan rusak, penyok, atau lecet).
  5. Bukti laporan kepolisian (BAP kehilangan atau rusak akibat kecelakaan).

Untuk bukti laporan kepolisian, perlu juga dilampirkan surat tanda pemblokiran dari Polda dan juga menyertakan surat keterangan resmi dari kepala direktorat reserse. Pada asuransi jenis all risk tertentu, perlindungan tidak hanya meng-cover risiko yang dialami tertanggung saja, melainkan juga terhadap risiko yang dialami pihak ketiga.

Contohnya jika pada suatu kecelakaan mengakibatkan mobil orang lain rusak, maka asuransi ini bisa digunakan untuk membiayai kerusakan yang dialami oleh orang lain tersebut. Namun, dalam pengajuan klaimnya, ada tambahan syarat klaim asuransi mobil. Dokumen tambahan yang perlu disertakan saat pengajuan klaim adalah:

  1. Fotokopi SIM, KTP, dan STNK pihak ketiga.
  2. Surat keterangan dari kepolisian tentang terjadinya kecelakaan.
  3. Surat tuntutan dari pihak ketiga yang sudah diberi materai dan ditandatangani.
  4. Surat pernyataan bahwa pihak ketiga tidak memiliki asuransi.

Memilih asuransi yang memiliki jaringan rekanan dengan bengkel-bengkel terkemuka. Contohnya adalah Adira, yang telah menjalin rekanan dengan bengkel-bengkel Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Tentunya akan menjadi lebih mudah jika terjadi klaim.

Poin Penting yang Perlu diperhatikan dalam Pengajuan Klaim Asuransi Mobil

Banyak pemegang polis asuransi yang mengabaikan isi perjanjian yang tercantum pada polis. Padahal Dengan memahami isi polis, maka akan mudah mempersiapkan syarat klaim asuransi mobilagar cepat disetujui.

Besaran pertanggungannya pun perlu dipahami. Umumnya asuransi dihitung berdasarkan nilai kendaraan setelah dikurangi biaya penyusutan. Jadi, nilai yang dapat diklaim bukanlah sebesar harga mobil saat dibeli, melainkan nilai mobil saat hilang atau rusak berat, setelah dikurangi biaya penyusutan. Besarnya biaya penyusutan biasanya adalah 10%-25% per tahun.

Namun, akan berbeda jika yang dibeli adalah asuransi yang menyertakan perlindungan harga. Pada asuransi ini, ganti rugi akan diberikan senilai dengan harga saat mobil dibeli.

Tak perlu bingung memilih asuransi mana yang akan dibeli untuk perlindungan kendaraan, sebab dengan mengecek informasi dan perbandingan yang ada di cekaja.com, akan dapat diketahui asuransi yang paling tepat dan sesuai untuk masing-masing orang.

Layanan pelaporan klaim secara online pun sudah disediakan beberapa perusahaan asuransi. Seperti yang disediakan oleh Asuransi Sinarmas. Pelaporan klaim dapat dilakukan dengan menggunakan menu layanan lapor klaim melalui Sinarmas Online. Tentunya tetap dengan melengkapi syarat pengajuan klaim.

Biasanya proses klaim untuk kehilangan dilakukan dalam waktu 3 bulan. Sebab pihak asuransi menunggu hasil pengusutan pihak kepolisian. Jika setelah dilakukan pengusutan mobil tidak ditemukan, maka akan dilanjutkan proses pencairan ganti rugi. Biasanya proses pengusutan oleh pihak kepolisian adalah 60 hari.

Demikian hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan klaim asuransi kendaraan. Pastikan untuk segera melakukan klaim dengan menyertakan syarat klaim asuransi mobilagar cepat disetujui. Dokumen yang lengkap dan sesuai, disertai dengan keterangan yang benar akan memudahkan pengajuan klaim agar segera dilakukan prosedur selanjutnya.

Untuk mengetahui informasi seputar asuransi mobil atau produk keuangan dan investasi lainnya, Anda bisa mengunjungi website informasi https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/ dan berkonsultasi perihal masalah keuangan terbaik. 

Cris Putradi

<a href="https://tourtoba.com/">tourtoba.com</a> Ι <a href="https://kargoku.id/">kargoku.id</a> Ι <a href="http://www.kargoku.com/">kargoku.com</a> Ι <a href="https://matajurnal.com/">matajurnal.com</a> Ι <a href="https://beritagosip.com/">beritagosip.com</a> Ι

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pinjaman Online Untuk Kebutuhan Selama Pandemi Covid-19

Wed Aug 12 , 2020
Pinjaman online merupakan layanan kredit terkini karena pelayanannya mudah dan cepat. Selain itu, pinjaman berbasiskan daring ini bisa kamu akses dimanapun dan kapanpun dengan mudah. Pinjaman  online ini bisa menjadi alternatif terbaik pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Karena selama masa pandemi, banyak orang yang mengalami kesulitan finansial baik […]
pinjaman online